Mohon tunggu...
a_selaludihati
a_selaludihati Mohon Tunggu... Guru - Andy Hermawan

Terlahir dengan nama Andy Hermawan, saat ini berprofesi sebagai edupreneur dan pendongeng.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Pemberian Label pada Siswa: Motivasi atau Provokasi

3 Oktober 2023   22:07 Diperbarui: 27 Januari 2024   13:37 339
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Image created by Andy using DALL-E3

Seorang sosiolog yang berasal dari Amerika Serikat, Edwin M. Lemert mengemukakan. Dalam konteks sosial, labeling merupakan pemberian label  atau cap kepada seseorang. 

Pemberian label kepada seseorang adalah suatu tindakan yang dapat memiliki konsekuensi positif atau negatif, tergantung pada konteks, tujuan, dan dampaknya. 

Menurut seorang Mac Aditiawarman dalam buku Hoax dan Hate Speech di Dunia Maya (2019), konsep dalam teori labeling menekankan pada dua hal, yakni alasan dan bagaimana seseorang diberikan label oleh masyarakatnya, serta apa pengaruhnya bagi orang tersebut.

Pada buku Deviance in Classrooms yang ditulis oleh Hargreaves, Hester, dan Mellor, dijelaskan tentang bagaimana labeling pada siswa terjadi. 

Pertama, guru berspekulasi berdasarkan kesan pertama yang diperolehnya melalui penampilan, kemampuan, dan antusiasme siswa serta relasinya dengan teman-teman sekelasnya. 

Tahap selanjutnya adalah hipotesis, yang berjalan seiring waktu akan terbukti atau terbantahkan. Hingga pada akhirnya, muncullah label terhadap siswa. 

Yang menjadi persoalan adalah ketika teori labeling dalam pembelajaran menjadi kontraproduktif. Apalagi, disadari atau tidak, sebagai orang dewasa, kita cenderung memperlakukan siswa berdasarkan label yang diberikan pada siswa tersebut.

Pemberian Label Negatif

Pemberian label negatif terhadap seorang siswa dapat mendatangkan dampak yang serius dan merugikan pada perkembangan, motivasi, dan tumbuh kembang mental mereka. Berikut adalah beberapa dampak yang mungkin timbul akibat pemberian label negatif:

  1. Rendahnya Percaya Diri: Siswa yang diberi label negatif cenderung mengalami penurunan rasa percaya diri. Mereka mungkin mulai meragukan kemampuannya sendiri dan merasa bahwa mereka tidak mampu mencapai prestasi yang lebih tinggi. Ini dapat menghambat perkembangan akademik dan sosial mereka.

  2. HALAMAN :
    1. 1
    2. 2
    3. 3
    4. 4
    Mohon tunggu...

    Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
    Lihat Pendidikan Selengkapnya
    Beri Komentar
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

    Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun