Mohon tunggu...
andry tan
andry tan Mohon Tunggu... Freelancer - Praktisi dan Developer eCommerce Jewelry, Tour Travel dan Retail

Praktisi dan Web Developer online Jewelry, Tour Travel dan Retail http://andrytan.com

Selanjutnya

Tutup

Money

Internet sebagai Sarana Marketing Usaha Anda

4 Mei 2016   09:14 Diperbarui: 4 Mei 2016   12:14 54
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Semakin lama, pengguna internet di Indonesia semakin meningkat, terlebih dengan adanya pengumuman dari DirJen Pajak bahwa pembayaran pajak tahun masa sudak tidak bisa lagi manual, harus dengan menerbitkan eBilling Pajak.

Dengan adanya eBilling Pajak, maka Pemerintah Indonesia mendorong Masyarakat Indonesia untuk melek internet dan menjadi pengguna internet. Dengan arti kata, semua masyarakat Indonesia adalah pengguna Internet.

Dari semula Market Internet yang adalah kalangan tertentu, maka kini Market Internet sudah global, semua punya alamat email. Hampir semua Masyarakat Indonesia memiliki Smart Phone karena harga Smart Phone yang semakin murah dan terjangkau.

Bagaimana dengan strategi marketing sendiri? Sejak semula internet ada, Internet Marketing sudah merambah lewat media sosial. Sekarang sejak dengan meluapnya pengguna internet, tentu Strategi Marketing menjadi semakin luas lagi. Tidak hanya sebatas Wilayah Indoonesia saja, namun sudah merambah ke Dunia Internasional.

AFTA 2015 juga membawa dampak tersendiri bagi Perekonomian di Indonesia. Dengan masuknya investor asing akan berakibat naiknya harga Property. Secara tidak langsung akan berdampak seperti itu. Hal tersebut telah dirasakan oleh negara tetangga Australia. Dimana para Investor Cina yang tinggal di Australia mengakibatkan harga property di Australia menjadi melambung.

Dengan naiknya harga property, strategi pengembangan marketing sudah tidak masuk akal lagi dengan menambah jumlah toko offline. Internet Marketing adalah salah satu solusi yang bisa diharapkan. KIta masih ingat bagaimana Traveloka.com membuat para pebisnis tiket domestic mengalami penurunan omset yang kabarnya sampai 40%.  Bisnis online merupakan solusi yang efisien, dari segi tempat usaha, jumlah tenaga kerja dan jangkauan wilayah. Tentu kita tau bahwa bisnis tiket domestic seperti KAHA tour akan mengalami dampak yang drastis dmana mereka memiliki banyak outlet.  Sejak ini KAHA tour mulai membangun bisnis online mereka dengan  goindonesia.com.

eCommerce sudah bukan opsi lagi, tapi sudah merupakan keharusan. eCommerce Website   sudah merupakan keharusan bagi suatu usaha untuk memasuki Internet Marketing ini. Kenapa? Dengan adanya Website, tentu pemilik bisnis akan bebas melakukan promosi dan mengekspresikan usahanya.

Beberapa tips untuk meningkatkan pemasaran di Internet :

1. Buatlah website usaha anda. Anda dapat menghubungi  Jasa Retail ECommerce Developer Specialist, atau Jasa Pembuatan Website atau Toko Online.

2. Buatlah website anda sedetil mungkin. Anggaplah dihadapan anda adalah pelanggan anda. Ceritakan semua tentang produk anda. Buatlah calon pelanggan anda mengerti produk anda. Sehingga mereka dapat membuat keputusan dengan tepat. Dan calon pelanggan anda mengenali bahwa Anda adalah ahlinya bukan hanya satu penjual dari seribu.

3. Alamat Jelas. Tentu dalam website anda tertera alamat jelas, alamat usaha anda. Kenapa? Ini berhubungan dengan kepercayaan pelanggan. Bila anda tidak mencantumkan identitas anda, tentu para pelanggan akan bertanya-tanya tentang kredibilitas usaha anda. Bila mereka komplain, mereka tau tempat usaha anda.

4. Setiap usaha tentu tidak ada yang namanya iseng-iseng. Kalau anda melihat sebelah mata dengan Website anda sendiri, tidak pernah dimaintain, tidak perna menambah artikel atau produk, tentu hasilnya hanya akan iseng-iseng saja. Ingat bila anda tidak serius maka Competitor anda yang akan mengambil kesempatan ini. Selalu ingat akan hal ini.

5. Promosi. Tentu setiap usaha butuh promosi, baik itu online maupun offline. Promosi adalah hal penting. Membuat Usaha online atau website tanpa promosi, sama saja dengan membuat toko di tengah hutan. Anda jangan berpikir bahwa dengan membuat Website maka pelanggan akan datang dan serta merta akan membeli produk dagangan anda. Tolong jangan naif.

6. Sosial Media, Sosial Media adalah media yang kuat saat ini dalam mempromosikan usaha anda. Kenapa? Jaman dulu kita masih ngumpul-ngumpul membicarakan sesuatu. Tapi jaman sekarang, jaman era Internet sekarang, kita lebih banyak membicarakan sesuatu itu di media sosial. Bagaimana menarik minat para pengguna Internet pada Media Sosial yang kita buat?  Tentu lewat orang yang kenal dengan kita dahulu, teman, keluarga. 

Namun memang teman dan keluarga bukanlah sasaran marketing kita yang baik. janganlah mengharapkan orang dekat anda menjadi sasaran marketing anda. Orang ketiga bahkan orang terjauh dari orang terdekat andalah yang akhirnya akan menjadi pelanggan baik anda. Selalu ingat akan hal ini.

7. Pelayanan selalu hal yang pasti. Pelayanan anda buruk tentu akan cepat tersebar. Memang sejak kasus pelanggaran undang-undang ITE dan pencemaran nama baik yang dulu terjadi, membungkam review negatif.  Namun sekarang Masyarakat Indonesia sudah belajar tentang bagaimana membicarakan review negatif tersebut dengan cara yang menurut mereka aman.

8. Branding. Kata branding adalah hal yang powerful. Orang dapat membeli produk anda tanpa ada bandingan harga dan percaya pada produk anda seperti IMAN. Begitulah powerfulnya Branding tersebut. Produk anda bisa menjadi agama bagi mereka. Namun kadang hal ini membuat sesat bagi orang lain. Google adalah tempat sesat bagi produk yang Brandnya dipercaya, namun kualitas pelayanannya buruk. 

Kenapa? Mungkin kita bisa melihat kasus penipuan atau scam di Sim Lim Square Singapur. Banyak sekali kasus penipuan disana. Kok bisa? Pasti kita berpikir kenapa masih ada saja? Memang mereka gak tau? Kalau terjadi kasus seperti itu tentu semua toko sepi, tidak ada yang beli.  Tapi coba anda lihat, semua toko masih berdiri. Kenapa? Branding Singapura dan Tour Guidelah yang membawa orang yang tidak tau ke sana. Setiap hari selalu saja ada orang baru yang tidak tau yang datang dan yang percaya pada Tour Guide dan Branding Singapura tersebut.

Coba anda bayangkan Tour Guide sebagai Google. Sebegitu powerfulnya Iklan Promosi dan Branding. Namun jangan sekali-kali anda mengecewakan pelanggan. Bila anda kecewakan pelanggan, lebih baik pelanggan beritahukan kepada anda dari pada mereka memberitahukan pada teman-teman dan dunia.  Jangan juga membohongi pelanggan dengan misalnya layanan cepat atau janji muluk.

"Bullshit might get you to the top, but it won't keep you there."

9. Targetlah pasar yang spesifik, setelah Branding anda menancap pada pelanggan, maka luaskanlah produk anda.

Demikianlah tips yang dapat saya utarakan. Semoga membantu anda.

http://andrytan.com

ECommerce Specialist  Developer in Jewelry, Tour Travel and Retail.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun