Mohon tunggu...
andry natawijaya
andry natawijaya Mohon Tunggu... Konsultan - apa yang kutulis tetap tertulis..

good.morningandry@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Money Artikel Utama

Di Balik Terciptanya Produk Fenomenal dan Kejutan di Pasar

19 Mei 2018   17:36 Diperbarui: 23 Mei 2018   11:53 2989
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Terkadang dalam kehidupan terjadi hal yang mengejutkan. Tidak terpikirkan, tidak diprediksi namun terjadi begitu saja muncul  sebagai kejutan secara tiba-tiba dan menarik perhatian.

Hal ini dapat dikatakan sebagai sebuah fenomena. Sebuah peristiwa langka, namun terjadi dan berdampak besar, oleh Nassim Nicholas Taleb dideskripsikan sebagai teori dengan sebutan The Black Swan.

Menurut Nassim Nicholas Taleb, kejadian yang dapat digolongkan dalam batasan teori The Black Swan adalah muncul secara mengejutkan, berpengaruh besar, namun setelah hal tersebut terjadi baru dapat dijelaskan secara berurutan penyebabnya.

 Sebetulnya banyak hal terjadi dapat dipandang dari perspektif The Black Swan, termasuk dalam dunia bisnis. Persaingan yang menuntut adanya upaya untuk menghasilkan keuntungan memang sering kali dikejutkan dengan produk-produk yang dapat dikategorikan sebagai produk fenomenal. Suatu produk yang belum pernah terpikirkan oleh konsumen, tiba-tiba hadir di pasar dan berhasil menarik perhatian dan minat konsumen untuk membelinya.

Produk Fenomenal

Masyarakat sedang menggandrungi es kepal rasa Milo. Es diserut dan disiram dengan saus cokelat dengan taburan topping gula tiba-tiba menjadi minuman yang diminati banyak orang.

Es serut sejatinya adalah produk lama dan tidak aneh, namun karena sebelumnya tidak pernah ada penjual es serut menggunakan campuran rasa cokelat Milo, maka ketika produk ini muncul menjadi sesuatu yang menarik. Dampaknya luar biasa, orang bahkan rela antri panjang demi merasakan es serut rasa baru ini.

Sumber: merdeka.com
Sumber: merdeka.com
Big Mango adalah contoh produk fenomenal lainnya. Minuman dengan bahan dasar jus mangga, whipped cream dan ditaburi buah mangga, mendadak menjadi primadona masyarakat.

Minuman ini secara tiba-tiba hadir dan mencuri perhatian konsumen. Saking antusiasnya, para konsumen bahkan rela antri selama dua jam untuk mendapatkan segelas Big Mango. Padahal jika diukur dari harga, sebetulnya tergolong cukup mahal, yaitu sekitar lima puluh ribu rupiah seporsi.

Dari industri ponsel, contoh terbaik untuk produk fenomenal adalah iphone yang merupakan produk andalan Apple. Sejak perilisan perdananya iphone selalu menjadi produk ponsel yang dinanti konsumen. Strategi pemasaran Apple dengan mengedepankan gaya hidup berhasil menarik minat konsumen untuk berbondong-bondong menggunakan iphone.

Produk lainnya yang sempat menjadi pusat perhatian adalah Crocs. Alas kaki berbahan karet dengan bobot ringan dan nyaman dipakai ini pernah menjadi pilihan banyak orang untuk bergaya. Model dan pilihan Crocs dengan kesan casual sangat cocok untuk kaum menengah untuk tampil trendi. Pada puncak popularitas Crocs di Indonesia, konsumen rela mengantri untuk membeli produk ini.

Baik es kepal Milo, Big Mango, iphone sampai dengan Crocs merupakan produk dengan keunggulannya masing-masing. Produk tersebut menjadi fenomenal karena sebelumnya konsumen belum pernah menemui produk dengan keunikan yang ditawarkan sebagaimana produk-produk tersebut. Sehingga ketika produk tersebut muncul di pasar, menawarkan keunggulan dan keunikannya, konsumen menjadi tertarik.

Konsumen dihadapkan pada adanya kejutan melalui nilai unik dari suatu produk. Kejutan tersebut suatu hal baru yang belum pernah terlintas dalam benak konsumen.

Sumber: thejournal.ie
Sumber: thejournal.ie
Produk fenomenal biasanya tampil di pasar kemudian melejit karena diburu konsumen dan menjadi tren. Apakah keberadaan produk fenomenal merupakan keberuntungan belaka?

Di sisi lain secara siklus bisnis, sebuah tren biasanya akan mengalami masa surut, sehingga ada masa produk fenomenal yang sempat merajai di suatu bidang akan mulai ditinggalkan konsumennya. Bisa karena konsumen jenuh atau juga produsen tidak melakukan upaya untuk menjaga minat konsumen.

Analisis Keberhasilan Produk Fenomenal

Sebuah keberhasilan bisa saja terjadi karena faktor kebetulan dan keberuntungan. Namun dalam dunia bisnis keberhasilan produk tidak mungkin hanya mengandalkan dari kedua faktor tersebut. Sebuah perusahaan dengan orientasi mencari keuntungan tidak akan pernah bertahan jika hanya bertumpu pada keberuntungan semata. Diperlukan adanya proses dan juga kejelian untuk menciptakan suatu produk yang dapat diterima oleh konsumen.

Keberanian Berinovasi dan Memanfaatkan Momentum

Sesuatu hal yang terjadi saat ini terkadang luput dari pengamatan kita. Ada kalanya rencana dan strategis bisnis tidak menjadikan kekuatan dan potensi dari sebuah momen sebagai komponen perhitungan berhasil atau tidaknya rencana bisnis. Atau memang bisa jadi kejadian tersebut terjadi begitu saja tanpa ada seorang pun mengetahui atau memprediksi.

Dalam hal ini diperlukan kejelian dari produsen untuk memanfaatkan sebuah momentum sebagai saat yang tepat untuk merilis produk ke pasar.

Produk dapat dipasarkan berbarengan dengan suatu momen yang sedang terjadi dan menjadi perhatian banyak orang. Misalnya perilisan busana olahraga pada saat Olimpiade. Momen tersebut dimanfaatkan ketika sebagian besar masyarakat sedang menaruh minat besar terhadap olahraga. Dengan adanya momen tersebut perilisan produk olahraga yang disertai dengan promosi dapat menjadi sesuatu yang menarik masyarakat.

 Jangan dilupakan bahwa untuk menghasilkan sebuah produk yang mengejutkan diperlukan keberanian untuk bereksperimen dalam mengembangkan produk. Artinya pengembangan produk tidak hanya terfokus pada metode ilmiah baku, tetapi perlu dikolaborasikan juga dengan seni atau intuisi.

Hal ini yang terjadi pada Starbucks ketika pertama kali diluncurkan di Seattle, awalnya ada pandangan dari masyarakat bahwa masyarakat enggan untuk mengkonsumsi kopi dengan harga mahal, namun Starbucks berani tampil dengan mengemas kopinya melalui perspektif gaya hidup, sebuah cara marketing yang maju di jaman itu. Akhirnya Starbucks masuk ke pasar dan menjadi pemain utama.

Sumber: mexicouponers.com
Sumber: mexicouponers.com
Dalam melakukan pengembangan produk dengan cara tersebut terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan, antara lain produsen harus dapat merumuskan sebuah topik atau konsep utama dari produk, kemudian konsep tersebut diperluas sebanyak mungkin cakupannya guna mendapatkan fitur atau keunggulan yang belum dapat dianalisis melalui konsep yang lebih sempit.

Konsep tersebut selanjutnya dibagi menjadi beberapa bagian sebagai sub sehingga dapat dirinci lagi. Dari setiap sub tersebut lantas dihubungkan manfaatnya sehingga kembali menjadi sebuah konsep utuh namun dengan fitur dan nilai yang lebih rinci.

 Dengan demikian analisis pengembangan produk dilakukan berdasarkan atas konsep demi konsep secara rinci, produsen dapat melihat konsep produk tersebut memiliki banyak nilai dan fitur dari berbagai aspek.

Setelah subkonsep tersebut dihubungkan satu sama lain, nilai dan fitur tersebut dapat diperhitungkan manfaat utamanya sebagai bagian dari produk. Proses ini mungkin akan menjadi lebih panjang, namun manfaat yang diperoleh akan menjadi lebih optimal.

Strategi Bersaing Produk Fenomenal

Produk fenomenal dirilis dengan tanggapan positif dari konsumennya, maka tingkat penjualannya di awal sangat tinggi. Biasanya keberhasilan produk ini akan diikuti pula oleh pesaing dengan merilis produk serupa, tentunya dengan berbagai versi dari setiap produsen pesaing. Artinya kita tidak lagi menjadi pemain tunggal, karena pesaing sudah muncul dan mencoba merebut hegemoni produk fenomenal yang kita miliki di pasar.

Contoh sederhana adalah keberhasilan Big Mango di pasar minuman, kemudian diikuti kemunculan produk serupa dengan harga lebih murah, variasi kemasan lebih menarik. Jika hal ini tidak ditanggapi tentunya akan merusak tingkat penjualan. Masalah lainnya adalah mengenai tren, ada kecenderungan juga produk fenomenal menjadi sesuatu hits sebagai trendi di pasar, namun menurun seiring waktu.

 Strategi untuk mengupayakan agar produk fenomenal tetap eksis adalah tetap mempertahankan kualitas. Memang kualitas adalah hal utama sebagai kunci agar konsumen tidak kecewa. Produsen juga perlu mempertimbangkan untuk menambahkan fitur baru atau model baru. Dalam kasus Big Mango pasar yang mulai ramai oleh pesaing, produk Big Mango dapat dikemas secara lebih segar misalnya dengan model gelas yang lebih menarik. 

Cara lain dalam kondisi ini untuk mempertahankan konsumen adalah dengan membentuk klub keanggotaan, cara ini akan menjadi pemikat agar konsumen dapat tetap loyal. Namun keberadaan klub keanggotaan perlu diikuti dengan adanya acara secara rutin agar anggotanya tidak menjadi jenuh.

Sumber: katalogpromosi.com
Sumber: katalogpromosi.com
Pertimbangan selanjutnya adalah dengan menambah model atau variasi serta produk penyerta. Produk yang sudah berhasil ditambahkan pilihan rasa, contohnya adalah Starbucks yang menyediakan beraneka minuman variasi dari kopi. Tidak hanya sebatas menjual kopi hitam, namun Starbucks menjual latte sampai varian teh. Sebagai pendamping minuman, tentunya Starbucks juga menjual makanan berupa roti.

Produk juga dapat diarahkan kepada segmen pasar baru. Konteksnya adalah sebagai perluasan pasar. Suatu segmen yang sudah ramai oleh persaingan perlu disiasati oleh produsen agar produk dapat dijual juga untuk segmen lainnya.

Maka produsen harus cermat dalam mencari celah. Misalnya produk semula ditujukan pada segmen menengah ke atas, dikarenakan persaingan sudah ketat, maka produsen mulai masuk ke segmen menengah rata-rata di kalangan masyarakat.

Pertimbangan strategi harga juga menjadi hal yang dapat mempengaruhi keberhasilan suatu produk. Produsen dapat merilis produk serupa dengan kemasan lebih ekonomis agar dapat menjangkau konsumen yang sensitif terhadap harga.

Di sisi lain konsumen dapat memiliki pilihan lebih banyak untuk menentukan ukuran kemasan dan harga. Program diskon juga merupakan sebuah cara ampuh untuk menggaet konsumen tetap membeli produk.

***

Strategi pada fase produk sedang meningkat terkadang membutuhkan biaya cukup besar, namun biaya tersebut ada baiknya dikalkulasi secara cermat dan dipandang sebagai sebuah investasi agar keuntungan dapat diraih secara berkesinambungan dan  tetap stabil.

Cara berpikir out of the box dalam mengembangkan produk terkadang membawa keberhasilan, tentunya disertai dengan konsep dan perencanaan matang dan terarah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun