Mohon tunggu...
Andri Marza Akhda
Andri Marza Akhda Mohon Tunggu... Wiraswasta - Content Planner

Yap, saya adalah perencana konten dari Agency Digital Marketing Jogja, bernama Creativism. Di dalam blog Kompasiana ini, saya akan berbagi banyak hal menarik. Terutama seputar digital marketing, teknologi, fashion, virtual reality dan juga bahas hal-hal receh lainnya.

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Lebih Baik Bangun Tim SEO Sendiri atau Outsourcing Tim SEO?

23 November 2024   11:13 Diperbarui: 23 November 2024   11:24 33
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bangun Tim atau Outsourcing Tim SEO (Sumber: Creativism)

SEO adalah salah satu dari sekian banyak jenis channel marketing yang dipilih oleh para pebisnis. Hal ini wajar mengingat SEO mampu memberikan banyak manfaat untuk pebisnis. Salah satunya adalah mampu memberikan Return on Investment maksimal dengan modal yang minimal.

Untuk bisa mendapatkan manfaat SEO seperti ini, ada banyak hal yang perlu dikuasai terlebih dahulu. Terlebih yang menyangkut soal 4 metode SEO utama, yakni On Page SEO, Off Page SEO, Local SEO, dan Technical SEO. Selain itu, pebisnis yang memilih SEO sebagai channel marketing utamanya, diharuskan untuk dapat memahami perkembangan algoritma Google. Hal ini penting untuk dipelajari karena dapat menghindarkan website bisnis dari praktik Black Hat SEO, baik itu sengaja dilakukan atau tidak sengaja dilakukan.

Baca Juga: 4 Alasan Kuat Mengapa Bekerja Sama dengan Agency Marketing Itu Menguntungkan!

Masalahnya, menerapkan kedua hal di atas ini, bukanlah perkara yang mudah. Terlebih untuk para pebisnis yang sibuk mengurusi masalah bisnis langsung di lapangan, dan tidak punya banyak waktu untuk berada di depan dashboard.

Lalu, bagaimana solusinya?. Sebagian dari kamu mungkin akan berkata "bangun tim SEO sendiri saja.".

Solusi seperti ini terdengar praktis dan juga menggiurkan. Adanya tim SEO tersendiri tentu akan sangat memudahkan leader melakukan monitoring hasil kerja langsung. Tapi, seperti halnya dua sisi mata uang, membangun tim SEO tersendiri juga punya tantangan besar yang harus siap dihadapi.

Sebagai pembanding, di sini mimin akan menjelaskan tentang solusi mendapatkan manfaat SEO dari kegiatan outsourcing. Lantas, manakah yang lebih menguntungkan?, membangun tim SEO sendiri atau melakukan outsourcing tim SEO?. Silahkan simak baik-baik artikel ini, untuk mengetahui jawaban lengkapnya!.

Kelebihan dan Kekurangan Membangun Tim SEO Sendiri

Kita akan membahas pertanyaan ini dari sisi membangun tim SEO sendiri terlebih dahulu. Kita akan membahasnya dari 2 sisi utama, yakni kelebihan dan juga kekurangan.

Kelebihan

Secara garis besar, terdapat 2 kelebihan yang akan kamu dapatkan jika membangun tim SEO sendiri. 2 kelebihan tersebut adalah;

  1. Mudah untuk Dikoordinasi. Ya, kelebihan pertama dari membangun tim SEO sendiri adalah proses koordinasi kerja yang lebih mudah. Kamu dapat memantau langsung kerja daripada tim, meminta laporan pertanggungjawaban langsung, dan lain sebagainya.

  2. Monitoring Cepat. Efek domino dari manfaat sebelumnya, adalah kamu yang lebih mudah untuk melakukan proses monitoring. Kamu tidak perlu menunggu periode tertentu untuk bisa mendapatkan laporan perkembangan SEO yang ada. Semua itu, tergantung dari sistem kerja yang kamu buat sendiri.

Kekurangan

Terdapat 3 kekurangan dari membangun tim SEO sendiri. 3 kekurangan tersebut adalah;

  1. Butuh Biaya yang Tidak Sedikit. Ya, untuk bisa membangun tim SEO yang profesional, ahli dan memiliki komitmen yang tinggi, bukanlah hal yang mudah. Diperlukan biaya yang tidak sedikit untuk dapat menunjang performa mereka. Dimulai dari gaji, biaya fasilitas kantor, sebut saja salah satunya adalah Wi-Fi, biaya penunjang kerja dari tim SEO, semisal biaya berlangganan tools keyword research premium.

  2. Butuh Waktu Agar Tim dapat Bekerjasama dengan Baik. Kekurangan kedua adalah butuh waktu yang tidak sebentar agar tim SEO yang ada, dapat bekerjasama dengan baik. Kamu, sebagai leader harus dapat menyusun sistem kerja yang efektif dan efisien. Jika tidak, meskipun anggota tim SEO yang direkrut adalah mereka yang berkualitas, namun dengan sistem kerja yang amburadul, maka target kampanye SEO yang ingin dicapai tidak akan tercapai.

  3. Kurangnya Fleksibilitas Kerja. Kekurangan terakhir adalah kurangnya fleksibilitas kerja. Terutama untuk anggota tim SEO itu sendiri. Di mana mereka harus berada tepat di bawah pengawasan kamu langsung sebagai leader. Ini, bisa saja memberikan tekanan tersendiri untuk mereka.

Kelebihan dan Kekurangan Outsourcing Tim SEO

Mari kita lanjut dengan membahas kelebihan dan kekurangan dari outsourcing tim SEO. Secara garis besar, outsourcing tim SEO akan memberikanmu 3 kelebihan utama. Yakni;

Kelebihan

  1. Biaya yang Bersahabat. Kelebihan pertama dari memilih outsourcing tim SEO, semisal dari Agency adalah biaya yang dibutuhkan tidak akan sebesar biaya untuk membangun tim SEO sendiri. Ketika kamu memesan Jasa SEO dari Agency, maka kamu hanya akan membayar biaya jasa mereka saja. Kamu tidak perlu lagi pusing memikirkan biaya-biaya lain yang berhubungan dengan tim SEO, semisal gaji, fasilitas kantor, fasilitas penunjang kerja langsung dan lain-lain. Agency pastinya sudah melakukan kalkulasi agar harga yang mereka tawarkan, jauh dari seluruh total biaya untuk kegiatan-kegiatan sebelumnya.

  2. Kapabilitas dan Kekompakan Tim Sudah Bukan Urusanmu Lagi!. Ya, tim SEO yang kamu dapatkan dari kegiatan outsourcing, terlebih dari agency, tentunya sudah memiliki kapabilitas, integritas, dan nilai profesionalitas yang tinggi. Kamu tidak perlu lagi ribet melakukan proses hiring dan memahami setiap role penting dalam kampanye SEO.

  3. Fleksibilitas Kerja Tinggi. Sistem kerja dari tim SEO yang agency kebanyakan adalah online, ini artinya kamu tidak perlu capai mendatangi mereka untuk mendapatkan laporan perkembangan terbaru SEO website. Atau, jikapun kamu ingin bertemu, maka tim SEO terpilih bisa saja menjadwalkan pertemuan fisik.

Kekurangan

  1. Proses monitoring Sangat Mengandalkan Laporan Berkala. Kekurangan dari outsourcing tim SEO adalah proses monitoring yang ada, sangat-sangat mengandalkan laporan berkala yang agency berikan. Untuk itu, kamu harus memastikan agency SEO terpilih aktif melakukan follow up perkembangan SEO website. Pilih agency SEO yang benar-benar komunikatif.

  2. Butuh Waktu untuk Koordinasi Strategi Tertentu. Ya, butuh waktu untuk kamu jika ingin menerapkan strategi SEO tertentu. Akan ada banyak kepala yang berpikir. Kamu harus dapat menurunkan ego yang ada, dan mengerti aturan main daripada Agency terpilih. Tentu saja, agency terpilih jauh lebih mengerti soal proses atau metode SEO yang tepat untuk website bisnismu. Hal ini wajar mengingat pengalaman yang mereka miliki.

Inilah penjelasan lengkap tentang manakah yang lebih baik antara membangun tim SEO sendiri atau outsourcing tim SEO. Keduanya, memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun