SEO adalah kependekan dari Search Engine Optimization. Sebuah ilmu optimasi website agar dapat tampil di urutan teratas halaman pertama Google. Ilmu optimasi website ini sering diterapkan sebagai bagian dari strategi digital marketing. Hal ini wajar mengingat SEO mampu memberikan pebisnis banyak manfaat. Satu manfaat besar daripada SEO ini adalah mampu memberikan return on investment maksimal dengan modal yang minimal.
Terlebih jika dibandingkan dengan metode SEMÂ (Search Engine Marketing) menggunakan Google Ads. Sayangnya, untuk bisa mendapatkan berbagai manfaat SEOÂ ini bukanlah perkara yang mudah. Ada banyak hal penting yang harus dapat Anda pahami dan juga terapkan.
Salah satunya adalah dengan memahami metode Off Page SEO. Sebuah metode SEO yang seluruh langkah-langkahnya difokuskan pada website alternatif atau platform informasi yang berbeda. Metode ini, mengharuskan Anda untuk dapat menanamkan link utama website di website alternatif atau platform informasi yang berbeda tersebut. Adapun link ini, dapat kita sebut sebagai backlink.
Tentu saja, ada banyak website alternatif atau platform informasi berbeda yang bisa Anda optimalkan untuk kegiatan penanaman backlink ini. Adapun istilah yang digunakan untuk menggambarkan penanaman banyak backlink di website yang berbeda ini, dapat kita sebagai kegiatan link building.
Untuk bisa melaksanakan kegiatan ini sendiri, bukanlah perkara yang sulit. Anda cukup menghubungi pemilik website lain, untuk mau menanamkan link utama website Anda di dalam konten mereka. Anda bahkan bisa melakukannya dengan mudah melalui berbagai platform pengelola backlink, sebut saja salah satunya adalah Raja Backlink.
Baca Juga:Â Mengapa Segmented Marketing Penting untuk Website Berita?
Ya, untuk bisa mendapatkan backlink, Anda hanya cukup memerlukan modal, dan untuk kontennya, biarkan web blogger terpilih yang membuatnya. Memang, proses jual beli backlink sendiri sempat dilarang oleh Google. Tapi, perlu diketahui bahwa belakangan Google mulai melunak akan peraturan ini. Mereka bahkan menciptakan value baru untuk properti Rel dari elemen anchor, yakni sponsored dan UGC.
Meskipun begitu, tidak ada jaminan bahwa backlink yang ditanamkan oleh pebisnis ini, akan memberikan dampak yang positif untuk website utama. Baik itu berupa peningkatan metrik domain authority, maupun traffic berjenis referral. Anda tetap harus memperhatikan banyak hal penting sebelum menanamkan link utama website di website yang berbeda.
Nah, di dalam artikel ini, mimin akan berbagi tips dan trik menjalankan strategi link building secara efektif. Tips ini sendiri, berasal dari Agency Marketing, Creativism. Penasaran apa saja?. Simak baik-baik artikel ini ya!.
1. Memilih Website yang Niche Kontennya Relevan
Tips dan trik menjalankan strategi link building yang pertama, adalah dengan memilih website yang niche kontennya relevan. Semisal Anda memiliki website klinik gigi. Maka Anda bisa menarik topik umum dari klinik gigi yakni kesehatan. Nah, dari website website kesehatan inilah, Anda bisa menanamkan link utama web di dalamnya.
Lebih baik lagi jika Anda bisa mendapatkan backlink dari website yang memang khusus membahas tentang kesehatan gigi. Memilih website yang niche kontennya relevan ini, akan membantu website untuk tingkatkan domain authority, page authority dan juga pastinya topical authority.
2. Memastikan Website Terpilih Memiliki Traffic yang Lumayan
Tips dan trik kedua adalah dengan memastikan bahwa website terpilih memiliki traffic yang lumayan. Terutama metrik traffic yang berjenis organic. Hal ini penting untuk dipastikan, karena website backlink terpilih yang memiliki performa metrik traffic organic cukup bagus, akan membantu konten website Anda lebih cepat terindeks.
Selain itu, website seperti ini juga akan membantu website utama mendapatkan lebih banyak metrik traffic berjenis referral.
3. Buat Konten Artikel Sendiri
Tips dan trik yang ketiga adalah dengan membuat konten artikel tersendiri untuk kegiatan link building. Ya, meskipun web blogger atau admin dari website terpilih biasanya siap sedia untuk membuatkan Anda artikel promosi backlink, tapi mimin lebih menyarankan kepada Anda untuk membuat artikel promosi yang siap atau tinggal diposting oleh web blogger.
Mengapa?. Web blogger memerlukan waktu untuk dapat memahami materi promosi web bisnis Anda. Pemahaman mereka, tentu saja tidak akan sama 100% dengan pemahaman bisnis yang Anda miliki. Hal ini bisa saja menjadikan artikel yang dituliskannya, kurang relate dengan kondisi bisnis yang sebenarnya.
Meskipun mimin lebih menyarankan Anda untuk membuat artikel promosi backlink tersendiri, bukan berarti Anda dapat mengabaikan gaya penulisan dari konten-konten calon website backlink tersebut. Buatlah konten artikel promosi backlink ini menyesuaikan gaya bahasa dari web blogger terpilih.
4. Berikan Catatan Penting untuk Web Blogger Terpilih
Berikutnya adalah dengan memberikan catatan penting untuk web blogger terpilih. Catatan penting yang mimin maksud disini adalah seperti di bawah ini;
Memastikan web blogger untuk menggunakan URL konten yang singkat dan memuat keyword utama.
Memastikan mereka untuk dapat menggunakan gambar yang relevan untuk konten.
Alt text dari setiap gambar yang ada di dalam konten, harus terisi dan memuat keyword utama
Meta description ditulis dengan gaya bahasa yang menarik dan relevan dengan isi konten.
5. Lakukan Secara Berkala dan Jangan Berlebihan
Terakhir dalam tips dan trik menjalankan strategi link building ini, adalah dengan melakukannya secara berkala. Semisal dalam 1 bulan, Anda ingin mendapatkan 4 backlink (1x seminggu). Di bulan depan, lakukan hal yang sama. Pastikan juga pelaksanaannya tidak berlebihan, sehingga memberikan kesan spam yang begitu kuat.
Inilah penjelasan lengkap tentang tips dan trik strategi link building yang efektif. Semoga bermanfaat ya!.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H