Mohon tunggu...
Andri Marza Akhda
Andri Marza Akhda Mohon Tunggu... Wiraswasta - Content Planner

Yap, saya adalah perencana konten dari Agency Digital Marketing Jogja, bernama Creativism. Di dalam blog Kompasiana ini, saya akan berbagi banyak hal menarik. Terutama seputar digital marketing, teknologi, fashion, virtual reality dan juga bahas hal-hal receh lainnya.

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Benarkah SEO Marketing itu Hanya tentang Konten Berkualitas Saja

25 April 2024   16:05 Diperbarui: 25 April 2024   16:09 97
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: Searchengineland.com

Ada banyak media informasi yang digunakan oleh pebisnis untuk bisa sharing informasi produk atau layanan bisnisnya. Satu di antara banyak media informasi yang digunakan tersebut adalah website. Hal ini wajar saja mengingat website mampu menampung seluruh jenis konten dari berbagai elemen multimedia yang ada. Dimulai dari teks, audio, gambar, video, dan juga animasi.

Melalui website pula seorang pebisnis bisa menerapkan berbagai cabang strategi marketing. 2 di antaranya adalah strategi pay per click marketing dengan website sebagai media konversinya dan juga SEO, dengan website sebagai media utamanya. Untuk yang menjalankan strategi pay per click marketing, baik itu yang menggunakan Meta Ads atau Google Ads, pastinya tidak terlalu aware dengan tampilan keseluruhan halaman website.

Mereka yang memilih cara ini, cenderung untuk fokus mengoptimalkan halaman website yang memang ditujukan langsung untuk promosi. Beda halnya dengan SEO, yang mengharuskan pemilihnya untuk memperhatikan seluruh bagian website. Lalu, manakah yang unggul?.

Jika ditanya lebih spesifik mengenai strategi marketing terbaik untuk pemula dari kedua jenis strategi ini, mimin akan dengan lantang menjawab SEO. Ya, SEO punya keunggulan lebih dibanding pay per click marketing, terutama terkait dengan biaya yang diperlukan. Hasil yang didapatkan dari kampanye SEO yang berhasil pun, cenderung lebih awet.

Lalu, apa formula penting dari kesuksesan kampanye SEO ini?. Beberapa dari kalian yang mungkin baru mempelajarinya akan menjawab "Konten Berkualitas". Jawaban ini tidak salah, dan memang iya bahwa menjalankan SEO berarti kamu harus siap dengan produksi konten berkualitas setiap hari.

Karena mengharuskan pebisnis untuk bisa memproduksi konten berkualitas secara konsisten, tidak jarang banyak pebisnis yang beranggapan bahwa SEO hanya sekedar membuat konten berkualitas saja. Terutama yang berkaitan dengan proses pembuatan artikel SEO friendly.

Apakah anggapan ini benar?.

SEO Sekedar Buat Konten, Apakah Benar?

Seperti yang sudah dapat kamu tebak, anggapan ini jelas saja besar. Didapatkan dari keterangan ahli SEO dari Creativism Agency, SEO bukan sekedar membuat konten berkualitas. Ada banyak metrik-metrik penting terkait perkembangan website yang tidak dapat terpenuhi hanya dengan produksi konten artikel berkualitas saja.

Salah satu contohnya terdapat pada metrik page experience. Metrik ini sangat bergantung pada kecepatan server website dalam load konten, navigasi website yang mudah untuk dipahami, keamanan website, interaksi yang menarik dan lain-lain. Metrik ini sangat bergantung kepada cara kamu menjalankan Technical SEO. Sebuah metode SEO yang seluruh langkah-langkahnya difokuskan pada hal-hal teknis website.

Konten berkualitas tidak dapat terlalu membantu website bisnis untuk dapatkan konversi berlimpah, terutama dari pencarian lokal. Lalu bagaimana solusinya?. Solusinya adalah dengan menjalankan Local SEO. Sebuah metode SEO yang seluruh langkah-langkahnya difokuskan pada pencarian lokal. Metode ini perlu dijalankan agar lokasi bisnis kamu mudah ditemukan di Google Maps.

Perlu dijalankan agar website bisnismu selalu berada di urutan teratas halaman hasil pencarian Google sesuai dengan lokasi terdekat pengakses. Metode ini sangat akrab dengan penggunaan keyword local dan juga optimasi Google My Business.

Terakhir, adalah konten berkualitas tidak dapat terlalu membantu website bisnis kamu mendapatkan peningkatan metrik authority yang signifikan. Kamu perlu backlink berkualitas untuk itu. Backlink sendiri adalah link yang berasal dari website lain yang nichenya relevan, dan mengarah kepada website utama kamu. Teknik ini sering digunakan untuk mendongkrak metrik traffic jenis redirect.

Memang, biasanya backlink diterapkan pada produksi konten untuk website yang berbeda. Tetapi, bentuk kontennya tidak terbatas pada artikel saja. Bisa saja kontennya berbentuk gambar, video atau bahkan animasi. Backlink adalah bagian dari Off Page SEO. Metode SEO yang seluruh langkah-langkahnya difokuskan pada website yang berbeda. 

Produksi konten artikel berkualitas sendiri, adalah salah satu teknik penerapan dari metode On Page SEO. Lawan daripada Off Page SEO.

Dari sini, kamu pastinya sudah paham bahwa SEO bukan sekedar membuat konten artikel berkualitas saja. Melainkan juga soal seluruh teknik penerapan dari 4 metode SEO utama, yakni On Page SEO, Off Page SEO, Local SEO, dan Technical SEO.

Tim dari Creativism juga menambahkan bahwa SEO juga berbicara tentang tren konten dan perubahan terbaru pada algoritma search engine. Menjalankan SEO hanya fokus pada satu metode saja, yakni produksi konten berkualitas, tidak akan memberikan hasil yang maksimal.

Inilah penjelasan lengkap tentang SEO bukan sekedar produksi konten berkualitas saja. Semoga bermanfaat. 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun