Ada banyak media informasi yang digunakan oleh pebisnis untuk bisa sharing informasi produk atau layanan bisnisnya. Satu di antara banyak media informasi yang digunakan tersebut adalah website. Hal ini wajar saja mengingat website mampu menampung seluruh jenis konten dari berbagai elemen multimedia yang ada. Dimulai dari teks, audio, gambar, video, dan juga animasi.
Melalui website pula seorang pebisnis bisa menerapkan berbagai cabang strategi marketing. 2 di antaranya adalah strategi pay per click marketing dengan website sebagai media konversinya dan juga SEO, dengan website sebagai media utamanya. Untuk yang menjalankan strategi pay per click marketing, baik itu yang menggunakan Meta Ads atau Google Ads, pastinya tidak terlalu aware dengan tampilan keseluruhan halaman website.
Mereka yang memilih cara ini, cenderung untuk fokus mengoptimalkan halaman website yang memang ditujukan langsung untuk promosi. Beda halnya dengan SEO, yang mengharuskan pemilihnya untuk memperhatikan seluruh bagian website. Lalu, manakah yang unggul?.
Jika ditanya lebih spesifik mengenai strategi marketing terbaik untuk pemula dari kedua jenis strategi ini, mimin akan dengan lantang menjawab SEO. Ya, SEO punya keunggulan lebih dibanding pay per click marketing, terutama terkait dengan biaya yang diperlukan. Hasil yang didapatkan dari kampanye SEO yang berhasil pun, cenderung lebih awet.
Lalu, apa formula penting dari kesuksesan kampanye SEOÂ ini?. Beberapa dari kalian yang mungkin baru mempelajarinya akan menjawab "Konten Berkualitas". Jawaban ini tidak salah, dan memang iya bahwa menjalankan SEOÂ berarti kamu harus siap dengan produksi konten berkualitas setiap hari.
Karena mengharuskan pebisnis untuk bisa memproduksi konten berkualitas secara konsisten, tidak jarang banyak pebisnis yang beranggapan bahwa SEOÂ hanya sekedar membuat konten berkualitas saja. Terutama yang berkaitan dengan proses pembuatan artikel SEO friendly.
Apakah anggapan ini benar?.
SEO Sekedar Buat Konten, Apakah Benar?
Seperti yang sudah dapat kamu tebak, anggapan ini jelas saja besar. Didapatkan dari keterangan ahli SEO dari Creativism Agency, SEO bukan sekedar membuat konten berkualitas. Ada banyak metrik-metrik penting terkait perkembangan website yang tidak dapat terpenuhi hanya dengan produksi konten artikel berkualitas saja.
Salah satu contohnya terdapat pada metrik page experience. Metrik ini sangat bergantung pada kecepatan server website dalam load konten, navigasi website yang mudah untuk dipahami, keamanan website, interaksi yang menarik dan lain-lain. Metrik ini sangat bergantung kepada cara kamu menjalankan Technical SEO. Sebuah metode SEO yang seluruh langkah-langkahnya difokuskan pada hal-hal teknis website.
Konten berkualitas tidak dapat terlalu membantu website bisnis untuk dapatkan konversi berlimpah, terutama dari pencarian lokal. Lalu bagaimana solusinya?. Solusinya adalah dengan menjalankan Local SEO. Sebuah metode SEO yang seluruh langkah-langkahnya difokuskan pada pencarian lokal. Metode ini perlu dijalankan agar lokasi bisnis kamu mudah ditemukan di Google Maps.