Mohon tunggu...
Andri Marza Akhda
Andri Marza Akhda Mohon Tunggu... Wiraswasta - Content Planner

Bahas semua hal yang menarik. Dari olahraga, virtual reality, digital marketing, teknologi, fashion, dunia kuliah, dan juga hal-hal receh lainnya

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

4 Tips Sederhana untuk Pengguna Excel

28 September 2023   14:44 Diperbarui: 28 September 2023   15:09 420
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Excel adalah salah satu program atau aplikasi dari Microsoft Office. Aplikasi ini ditujukan agar penggunanya dapat mengelola data berbentuk angka dengan mudah.

Bisa dikatakan bahwa aplikasi ini menjadi aplikasi favorit untuk pekerjaan kantoran. Bahkan, aplikasi yang telah dikembangkan dari tahun 1985 ini, sekarang menjadi bagian penting dari proses data analytics.

Melalui Microsoft Excel, kita bisa melakukan apa saja terkait dengan pengelolaan data yang baik. Dimulai dari;

  • Membuat, mengedit, mengurutkan, menganalisis, dan juga meringkas data.

  • Memudahkan kita untuk melakukan perhitungan aritmatika dan statistika.

  • Dapat membantu kita dalam hal logika matematika.

  • Membantu kita untuk proses visualisasi data, baik itu berbentuk grafik, diagram dan lain-lain.

  • Memudahkan perhitungan kurs mata uang, dan lain-lain.

Ya, Excel adalah aplikasi dari Microsoft Office yang sangat powerful. Penggunaan Excel bahkan juga telah merambat ke ranah content marketing. Ada banyak Content Planner yang mimin jumpai menggunakan aplikasi ini untuk perencanaan kontennya.

Namun, penggunaan Excel sendiri tergolong tidak mudah. Berbeda dengan Word dari Microsoft Office, Excel mewajibkan penggunanya untuk dapat menghafal function. Dimulai function SUM, IF, Average, Max & Min, Count dan lain-lain. Karena Excel juga adalah aplikasi pengelola data berbentuk angka, diperlukan metode khusus agar teks yang dimasukan ke dalamnya tampil dengan rapi.

2 masalah di atas ini menjadi 2 jenis masalah klasik yang sering dialami oleh pemula di bidang Excel. Plus biasanya mereka yang pemula akan mengalami masalah tata cara convert Excel ke PDF agar hasilnya rapi dan sering alami sheet Excel yang tiba-tiba hilang.

Jadi, total ada 4 masalah klasik yang sering pemula alami. Lalu bagaimana cara mengatasinya?.

Nah berikut ini adalah penjelasan lengkap 4 tips sederhana untuk atasi 4 masalah klasik di atas. Kita akan mulai dari yang pertama, yakni mempelajari function. Agar lebih mudah kita mulai belajar dari function SUM terlebih dahulu. Untuk jenis function lainnya bisa kamu sesuaikan.

1. Tips Menggunakan Function SUM

Terdapat 4 cara untuk bisa menggunakan function SUM, dimulai cara yang sederhana, yakni dengan;

  • Menuliskan tanda = dan penjumlahan antar sel yang diinginkan lalu tekan tombol enter. Contoh =B3+C3.
  • Menggunakan function SUM dengan notasi penulisan =SUM(penjumlahan antar sel). Contoh =SUM(B3:B9)
  • Menggunakan fitur autofill. Fitur ini bisa kamu manfaatkan dengan drag sel teratas yang sudah terisi hasil penjumlahan antar sel sebelumnya menuju sel yang ada di bawahnya.
  • Menggunakan Pivot Table. Fitur ini bisa kamu akses dengan mudah melalui menu Insert lalu pilih PivotTable.

2. Tips Menulis Teks dengan Rapi di Excel

Edspert.id
Edspert.id

Berikutnya kita akan belajar cara menuliskan teks yang rapi di Excel. Teks yang dimasukan ke dalam Excel biasanya akan berbentuk memanjang dan menimpa kolom yang ada di sampingnya. Padahal, kita ingin teks tersebut dapat ditampilkan dalam satu sel saja, seperti pada gambar di atas ini. Lalu bagaimana caranya?, berikut ini 2 langkahnya;

  • Menggunakan fitur Wrap Text. Blok sel tertentu yang teksnya ingin kamu perbaiki. Lalu pilih Wrap Text pada menu Home.
  • Menggunakan fitur Orientation. Blok sel tertentu yang teksnya ingin kamu perbaiki. Pilih Orientation pada menu Home dan setelah itu pilih Vertical Text.

3. Tips Mengatasi Sheet yang Tiba-Tiba Hilang

Edspert.id
Edspert.id

Mengapa Sheet pada Excel bisa tiba-tiba hilang?. Salah satu penyebab pastinya adalah kamu yang tidak sengaja menekan atau mengakses fitur Hide sheet. Nah untuk bisa memunculkannya kembali, yang perlu dilakukan hanyalah mengakses menu itu kembali.

  • Klik kanan pada Sheet, lalu tekan menu Unhide. Tampilkan sheet yang tersembunyi sebelumnya.

Selain dengan cara sederhana di atas, kamu juga bisa mengatasinya dengan mengakses menu Excel Options. Dimulai dari;

  • Klik menu File, lalu pilih Options. Jika tidak menemukannya, pilih menu More.., lalu klik menu Options
  • Beralih ke menu Advanced di Excel Options. Scroll down sampai kamu menemukan bagian Display options for This Workbook.
  • Centang checkbox Show sheet tabs yang ada.
  • Tekan OK untuk menyimpan perubahan.

Ada cara lain lagi. Yakni dengan akses menu Format. Dimulai dari;

  • Klik Home, lalu pilih submenu Format.
  • Di dalamnya, segera beralih ke bagian Visibility, Hide & Unhide.
  • Pilih Unhide Sheet, dan cari Sheet yang ingin kamu tampilkan.

Apakah ada cara lain lagi min?.

Owh jelas ada. Tapi cara yang terakhir ini biasanya baru benar-benar digunakan apabila Sheet yang hilang bernilai Super Hidden. Cara ini dilakukan dengan Editor VBA (Visual Basic for Application). Bagaimana cara menggunakannya?. Dimulai dari;

  • Buka file Excel kamu, lalu tekan tombol Alt + F11 secara bersamaan.
  • Jendela baru bernama Microsoft Visual Basic for Application akan muncul.
  • Perhatikan dengan baik sidebar menu yang tersedia. Di dalamya terdapat menu Project Explorer dan juga Properties Windows
  • Apabila nilai Visible daripada sheet adalah 0, maka sheet tersebut dalam keadaan hidden atau tersembunyi.
  • Untuk memunculkannya lagi, ubah nilainya menjadi 1.

4. Cara Convert Excel ke PDF Agar Rapi

Edspert.id
Edspert.id

Penyebab seringnya hasil Convert Excel ke PDF tidak rapi adalah data yang ada melebihi ukuran kertas yang ditetapkan. Kita bisa mengakalinya melalui 3 cara, yakni dengan akses fitur Create PDF/XPS Document, Tools Convert Online, dan juga Google Drive.

Kita mulai cara pertama yakni dengan fitur Create PDF/XPS Document.

  • Pilih menu File, pilih submenu Export, lalu pilih Create PDF/XPS Document.
  • Akses menu Options untuk melakukan penataan dokumen jadi lebih baik.
  • Agar lebih mudah pilih menu Active sheets. Setelahnya tentukan lokasi penyimpanan file tersebut.

Cara kedua dengan Tools Convert Online. Di sini kita akan menggunakan tools iLove PDF.

  • Buka website tersebut, lalu pilih menu Excel to PDF.
  • Upload file Excel kamu, dengan tekan Select Excel Files.
  • Klik open lalu Convert to PDF. Tunggu hingga selesai.

Yang terakhir adalah dengan menggunakan perantara Google Drive.

  • Buka Google yang kamu miliki. Klik New, lalu pilih File Upload.
  • Pilih file Excel yang ingin kamu ubah jadi PDF. Setelah proses upload berhasil, klik dua kali pada file tersebut.
  • Pilih File dan Download. Pilih PDF Document (.pdf). Google Drive akan menampilkan preview dokumen Excel ke PDF.
  • Manfaatkan panel yang ada di bagian kanan untuk mengatur tata letak dokumen.
  • Simpan perubahan yang ada dengan Conform Breaks, dan klik menu Export.

Inilah 4 tips sederhana untuk masalah 4 masalah klasik Excel bagi pemula. Dari Edspert mengucapkan Semoga Bermanfaat, .

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun