SEO adalah kependekan dari Search Engine Optimization. Sebuah teknik optimasi website agar dapat tampil di halaman pertama Google melalui keyword tertentu yang ditargetkan. Teknik ini memang berfokus pada cara kamu mengembangkan sebuah website. Di dalam SEO sendiri, sebenarnya terdapat banyak teknik yang bisa dijalankan.
Namun, secara umum teknik-teknik tersebut dapat diklasifikasikan ke dalam 4 metode SEO, yakni Local SEO, Technical SEO, On Page SEO dan Off Page SEO. Mempelajari keempat metode SEO ini sekaligus, jelas bukanlah perkara yang mudah.
Belum lagi pebisnis yang memilih menjalankan SEO sebagai marketing channel utamanya, harus benar-benar peka terhadap perubahan terbaru dari algoritma Google. Jika tidak, maka strategi SEO yang dilakukan akan berjalan sia-sia.
Sebagai salah satu jenis dari banyak marketing channel, SEO memang tidak "sepowerful" strategi Pay Per Click Marketing atau SEM, contohnya Google Ads. SEO dianggap oleh banyak pebisnis sebagai cara kuno dan tidak mendatangkan lead secara cepat.
Jika poin penilaian perbandingan antara keduanya hanya melibatkan kecepatan mendatangkan lead, jelas SEO kalah telak.
SEO bukanlah yang terbaik. Terlebih lagi bagi pebisnis yang lebih berorientasi pada hasil, bukan pada penguatan brand awareness dari bawah. SEO bukanlah pilihan terbaik untuk kamu yang tergolong tidak sabar menunggu hasil kampanye SEO.
Ya, SEO bukanlah pilihan terbaik untuk itu semua. Tapi, SEO jauh lebih unggul dari Google Ads dari banyak sisi marketing lainnya. Dimulai dari sisi;Â
1. Penghematan Biaya Promosi Bisnis
Ya, SEO mampu membantu kamu untuk lebih banyak menghemat biaya promosi bisnis. Ketika konten SEO yang kamu kreasikan berhasil masuk halaman 1 Google, maka konten tersebut akan awet di sana untuk waktu yang cukup lama.
Bahkan banyak hasil dari pencarian keyword tertentu yang masih menampilkan konten yang telah diproduksi 1 tahun yang lalu di halaman 1 Google. Bayangkan hasil daripada konten keyword tersebut menggunakan Google Ads, sudah berapa milyar rupiah mesti dikeluarkan dari kantong pribadimu?.
2. Peningkatan Brand Awareness ke Level Top of Mind di Google
Ketika pebisnis menggunakan Google Ads, hampir jarang ada yang menggunakannya untuk meningkatkan brand awareness website. Yang mereka lakukan hanyalah menargetkan iklan agar menghasilkan banyak lead.
Apakah ini salah?, jelas tidak. Ini bukanlah hal yang salah, tetapi tidak efektif untuk pelanggan lebih mudah mempelajari funnel marketing yang ada.
Mereka jadi kurang memiliki keterikatan yang kuat terhadap brand kamu. Yang mereka lihat hanyalah iklan-iklan saja, seolah memaksa mereka untuk cepat-cepat memberikan uangnya kepada kamu, tanpa kamu mengerti kebutuhan sebenarnya dari mereka. Persentase mereka menolak membeli produk kamu akan jauh lebih besar.
Kurangnya transfer brand knowledge yang diberikan, jadikan mereka, pengunjung website berada pada tahap decision yang meragukan di funnel marketing kamu.
Berbeda dengan SEO. Teknik ini memberikan transfer brand knowledge secara perlahan, mengedukasi mereka untuk benar-benar mendapatkan apa yang mereka butuhkan. Teknik seperti inilah yang akan menciptakan kedekatan semu antara pelanggan dengan pemilik bisnis.
3. Efektivitas Mendapatkan Partner Bisnis
Di dalam SEO terdapat strategi link building. Strategi ini mengharuskan kamu untuk menghubungi pemilik website lain untuk memberikan backlink. Di saat seperti iniilah kesempatan untuk saling melakukan kerja sama bisnis menguntungkan, tercipta.
Bukan hanya sekedar melakukan guest blogging saja, bahkan bisa berakhir dengan proses scale up bisnis bersama.
4. Website Bisnis Menjadi Lebih Terawat
Menjalankan SEO, berarti kamu harus merawat website utama yang ada dengan baik. Berbeda dengan pebisnis yang menggunakan Google Ads, di mana kebanyakan website mereka kurang terurus. Mereka hanya fokus pada landing page yang digunakan untuk iklan saja.
Padahal website yang terawat dan tampil dengan baik, dapat menjadi nilai tambah di mata pelanggan. Kredibilitas yang didapatkan akan bertambah dengan sendirinya.
Mengapa SEO Sering Diremehkan?
Penjelasan di atas sebenarnya memberikan kita gambaran yang jelas tentang besarnya manfaat SEO dibandingkan Google. Terutama dalam proses penguatan brand awareness dan funnel marketing. Tapi mengapa masih banyak pebisnis yang meremehkan SEO ini?.Â
Selain tidak memberikan hasil secepat Google Ads, SEO sendiri bukanlah ilmu yang mudah, ya bahkan jika kamu sudah menguasai dasar dari 4 metode SEO sebelumnya, tidak lantas menjadi jaminan website mu bakal lebih mudah tampil di halaman 1 Google.
Kebanyakan dari pebisnis yang memilih menjalankan marketing channel dengan SEO, lebih mempercayakan prosesnya pada Agency SEO. Salah satu Agency SEO yang banyak pilih oleh pebisnis untuk masalah SEO ini  sendiri adalah Creativism.
Pilihan ini bisa dibilang bijak, mengapa?. Â Creativism sebagai Agency SEO memiliki banyak kelebihan dalam pelaksanaan SEO marketing, 4 di antaranya adalah;
- Memiliki tim yang berpengalaman dalam proses optimasi website.
- Mengerti dengan 4 metode SEO dan up to date pada algoritma terbaru Google.
- Tools riset yang dimiliki sangatlah powerful, contohnya SEMrush.
- Berorientasi pada proses, dan bukan hasil sesaat.
Inilah penjelasan lengkap tentang mengapa SEO sering diremehkan oleh banyak pebisnis. Semoga bermanfaat.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H