Mohon tunggu...
Andre Lolong
Andre Lolong Mohon Tunggu... Insinyur - Follow me @andre_gemala

Husband of a caring wife, father of two, car enthusiast, motorsport freak, Life learner..

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Pilihan

Pahami Ukuran dan Rating Ban Mobil Anda

22 Maret 2018   23:20 Diperbarui: 23 Maret 2018   09:55 10009
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Layaknya kita dalam memilih sepatu; jika sepatu terlalu besar/ sempit/ tidak sesuai dengan permukaan jalan yang dilalui maka akan membuat kaki pemakainya tidak nyaman bahkan bisa sampai sakit.

Sama halnya dengan Ban. Jika Velg terlalu lebar/ kaki-kaki kendaraan yang tidak menunjang/ salah spesifikasi dan sebagainya akan membuat Ban tidak awet atau mobil cepat rusak dan lebih parah lagi tidak aman dan nyaman bagi pemakainya.

Ban standard bawaan pabrik ( Originally Equipped/ OE )  sudah merupakan Ban dengan ukuran yang paling benar untuk kendaraan tersebut dari sisi kemampuan mesin, dimensi dan bobot kendaraan, segment kendaraan dll.

Namun sangat lumrah bila kita menginginkan ban dengan velg yang lebih baik; punya diameter lebih besar, lebih lebar dan sebagainya guna meningkatkan kualitas berkendara. Namun sebelum melakukan modifikasi dengan mengganti Ban dan velg, pahami dulu spesifikasi Ban tersebut.

Pada sebuah Ban mobil, terdapat banyak informasi yang berguna. Mulai dari ukuran Ban itu sendiri, batasan beban yang mampu ditopangnya, batasan kecepatan kendaraan yang memakai Ban tersebut, tekanan angin maksimum, informasi pembuatan, konstruksi Ban dan lainnya.

Informasi-informasi tersebut dapat menjadi pertimbangan kita dalam memilih Ban yang benar. Artinya Ban yang aman, nyaman dan sesuai kebutuhan kita.

Kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara kita mengetahui ukuran Ban. Berikut contoh paling sederhana: Mobil yang paling banyak dijumpai di Indonesia menggunakan Ban dengan ukuran 185/70 R14 88H

dokpri
dokpri

185 = width ( lebar tapak )

lebar tapak adalah 185 mm

70 = aspect ratio

Menginformasikan tinggi dinding Ban adalah 70% dari lebar tapak.

R = Radial

Kontruksi terbuat dari Kawat baja yang terbentang mengelilingi Ban secara Radial dengan terpusat pada tapak Ban.

14 = Rim Diameter.

diameter Velg/ Rim adalah 14 inch

88 = Load Index ( Indeks Beban )

Beban maksimum pada Ban adalah 560 Kg ( sesuai tabel Load Index ).

Ini berarti keempat buah Ban mampu menopang berat total kendaraan (termasuk pengemudi, penumpang, barang dan bensin) = 560 x 4 = 2,24 Ton

H = Speed Index ( Indeks kecepatan )

Kecepatan maksimum 210 km/ jam ( sesuai tabel speed index ).

dokpri
dokpri
dokpri
dokpri
Selain diatas, tertera juga tingkatan ( rating )Ban dalam tiga kategori:

Treadwear = tingkat keawetan/ kemampuan jelajah ( miliage ).

Rating ini mempunyai acuan angka yang berbeda dalam setiap brand; 320/ 400/ 620 dan seterusnya. Semakin besar angka Rating tersebut maka semakin tinggi pula tingkat keawetan Ban.

Traction =  tingkat kemampuan Ban dalam menghentikan mobil di permukaan jalan lurus yang basah ( wet surface ). 

Rating diberikan dalam bentuk huruf. Dari mulai yang tertinggi; AA, A, B, C.

Temperature = tingkat resistensi Ban terhadap suhu panas.

Rating diberikan dalam bentuk huruf. Dari mulai yang tertinggi; A, B, C.

dokpri
dokpri
Jadi mohon pahami ukuran, fungsi dan kemampuan Ban sebelum kita menjejalkannya pada velg pilihan kita atau pada mobil dengan bobot yang harus ditopangnya. Ban mobil kita pun memiliki rambu yang tidak boleh dilanggar. Jika dilanggar maka akibatnya bisa merusak Ban tersebut dan berpotensi mengakibatkan kecelakaan. Penampilan sih boleh saja. Namun yang terutama adalah wajib perhatikan fungsi dan safety factor.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun