Mohon tunggu...
Andrea Liliana
Andrea Liliana Mohon Tunggu... Editor - Writter

Menulislah yang bermanfaat

Selanjutnya

Tutup

Gadget

5 Social Media Analytics Tools Terbaik 2019

5 Mei 2019   14:30 Diperbarui: 9 Mei 2019   10:41 5292
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Mengiklankan produk, bisnis, bahkan skill Anda sendiri jadi lebih mudah dilakukan dengan media sosial. Anda tinggal membuat unggahan yang menarik seputar bisnis atau kegiatan Anda, kemudian menyebarluaskan, menggaet sebanyak-banyaknya pengikut, dan berusaha melakukan interaksi dengan mereka.

Pertanyaannya, bagaimana Anda bisa tahu siapa saja yang merasa tertarik dengan unggahan tersebut? Bagaimana tanggapan pengikut tentang produk atau kegiatan yang Anda publikasikan? Seberapa sering unggahan Anda diakses oleh pengguna media sosial? Jawabannya, Anda membutuhkan alat untuk menganalisa aktivitas bisnis marketing di media sosial yaitu social media analytic tools.

Meski disebut alat, social media analytics tools bukan lah sebuah benda yang disertai layar dan tombol. Social media analytic tools adalah aplikasi berbasis website yang akan membantu Anda memonitor seberapa optimal aktivitas online marketing yang Anda lakukan di media sosial. Dari sekian banyak pilihan social media analytic tools yang ada, berikut 5 rekomendasi tools terbaik yang bisa Anda pilih:

1. NoLimit

Sebagai social media analytic tools asal Indonesia, NoLimit sangat direkomendasikan untuk Anda. NoLimit adalah perusahaan teknologi yang berfokus memonitor dan menganalisis aktivitas media online menggunakan teknologi Big Data. Produk social media analytics tools yang ditawarkan adalah NoLimit Dashboard. Layanan ini tersedia mulai dari paket gratis untuk uji coba, hingga paket pro dengan fitur yang sangat lengkap.

NoLimit Dashboard membantu memantau reputasi bisnis Anda dengan memonitor percakapan netizen, serta mendapatkan data kondisi kompetitor mencakup kelebihan dan kekurangannya. Semua laporan diberikan secara rutin melalui tampilan dasbor yang mudah Anda pahami.

Jika ingin menggunakan fitur analisis yang lebih komplit bisa memilih layanan NoLimit Dashboard Pro Package. Selain memantau tagar dan keyword tertentu, paket pro juga memberikan hasil analisis dari tim analis NoLimit. Laporan yang lebih lengkap ini bisa digunakan sebagai saran untuk pengembangan strategi bisnis Anda.

2. Sprout Social

Social media analytics tools keluaran luar negeri yang layak dijajal adalah Sprout Social. Tools ini memantau tiga media online sekaligus yaitu Instagram, Facebook dan Twitter, ditambah situs LinkedIn dalam satu aplikasi saja. Sprout Social sangat direkomendasikan untuk Anda yang aktif berbisnis atau melakukan online marketing menggunakan media sosial.

Biaya yang perlu dikeluarkan untuk menggunakan layanan Sprout Social adalah sebesar $99 per bulan, atau kurang lebih setara dengan Rp 1,4 juta. Untuk pemakaian pada satu bulan pertama, Anda tidak akan dipungut biaya alias gratis masa percobaan.

3. Snaplytics

Meski pengguna Snapchat di Indonesia tidak cukup banyak, Anda tetap bisa menjajal social media analytics tools bernama Snaplytics. Tools ini punya fitur unik yaitu memonitor dan menganalisa Instastory dari akun Instagram Anda, baik pribadi maupun akun khusus bisnis.

Snaplytics menganalisa siapa saja yang melihat tayangan instastory Anda, serta menunjukan stories dengan tema-tema serupa yang bisa Anda jadikan referensi.

4. Iconosquare

Instagram bisa disebut sebagai media sosial yang kini paling banyak peminatnya di Indonesia. Tidak heran banyak pelaku bisnis dan lembaga pemerintahan ramai-ramai membuat akun Instagram untuk bisa terhubung dengan masyarakat luas.

Untuk membantu mengoptimalkan kegiatan online marketing di Instagram, Anda bisa menggunakan social media analytics tools bernama Iconosquare. Tools ini memang khusus menganalisa aktivitas pengguna Instagram. Selain memonitor unggahan dalam bentuk foto dan video biasa, Iconosquare juga memberikan analisis unggahan Instastory. Fitur ini sangat penting, mengingat kecenderungan orang-orang yang kini lebih sering mengunggah Instastory ketimbang unggahan reguler.

Iconosquare menyediakan berbagai paket layanan mulai dari harga $9 yang termurah atau setara dengan Rp 130 ribuan. Untuk paket dengan level tertinggi, Anda bisa menikmati fitur tambahan yaitu analisis influencer. Iconosquare akan membantu menemukan publik figur yang tepat untuk brand Anda.

5. Buzzsumo

Berbeda dengan keempat social media analytics tools di atas, Buzzsumo adalah tools yang akan membantu Anda menganalisa persebaran konten dari blog atau website pada media sosial. Simpelnya begini, brand Anda memiliki blog atau website untuk mempublikasikan deskripsi produk dan informasi lain secara lebih rinci.

Anda tidak bisa mengandalkan website saja. Anda perlu membagikan konten dari website tersebut di media sosial, sehingga orang-orang yang tertarik bisa lebih mudah membagikannya. Konten dari website Anda bisa tersebar luas, entah dibagikan di akun pribadi seseorang atau dilempar ke berbagai grup.

Nah, Buzzsumo adalah tools yang akan membantu Anda memantau persebaran ini. Buzzsumo menganalisa seberapa luas persebaran konten website Anda di media sosial lengkap dengan tanggapannya. Buzzsumo memantau di beberapa media sosial yaitu Facebook, Instagram, Twitter, Pinterest dan LinkedIn.

Rekomendasi 5 social media analytic tools di atas bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Semoga membantu!

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gadget Selengkapnya
Lihat Gadget Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun