Mohon tunggu...
Andi Sahtiani Jahrir
Andi Sahtiani Jahrir Mohon Tunggu... -

mari berbagi ilmu pengetahuan

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

RPS Penulisan Esai dan Kritik

11 Februari 2018   23:44 Diperbarui: 11 Februari 2018   23:59 1364
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Media. Sumber ilustrasi: PIXABAY/Free-photos


Logo UIM

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
PRODI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS ISLAM MAKASSAR
MATA KULIAH

KODE

Rumpun MK

BOBOT (SKS)

SEMESTER

Direvisi


PENULISAN ESAI DAN KRITIK

Bahasa dan Sastra

T=3

P=1

IV

22 -- 08 -- 2017


OTORISASI
 

Pengembang RP

Koordinator RMK

Ka PRODI

Andi Sahtiani Jahrir

Andi sahtiani Jahrir

Supriadi Sikki, S.Pd., M.Pd.

Capaian Pembelajaran (CP)
Program Studi        
 

Mata Kuliah

Mahasiswa mampu memahami tahapan-tahapan dalam membuat esai dan kritik serta mampu mengaplikannya dalam menelaah sebuah teks.
DiskripsiSingkat MK
Mata kuliah Penulisan Naskah Drama merupakan mata kuliah yang memberikan materi tentang sejarah esai, pengertian, manfaat, fungsi, ciri, jenis, type, struktur, prinsip, sistematika, dan langkah-langkah dalam membuat esai dan kritik
Pustaka
Utama :
 

Pendukung :

Sutopo, Buwarni. 2011. "Kiritk dan Esai" (http://www.slideshare.net/buwarnisutopo/kritik-dan-esai) diakses tanggal 11 Januari 2013.
MediaPembelajaran
Software :
Hardware :
Materi ajar ( Power Point, youtube)
Laptop, LCD, White Board.
Team Teaching

  • Andi Sahtiani Jahrir, S.Pd., M.Pd.

Mata Kuliah Syarat
-

MgKe-

CP-K

(Sesuai tahapan belajar)

Materi Pembelajaran

[Pustaka]

Metode / Strategi Pembelajaran

[ Estimasi Waktu]

Assessment

Indikator

Bentuk

Bobot

1,2

[C2] Mahasiswa menjelaskan sejarah dan konsep dasar esai dan kritik

  • Kontrak Kuliah

Sejarah esai dan kritik
Konsep dasar esai dan kritik
Ceramah,
Tanya Jawab
Studi Kasus
[TM: 1 x 3 x 50]
[BT: 1 x 3 x 60]
[BM: 1 x 3 x 60]

  • Kemampuan mengemukakan sejarah esai dan kritik
  • Kemampuan menjelaskan konsep dasar esai dan kritik
  • Tugas

10%

3, 4

Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian, manfaat, dan fungsi kritik dan esai

  • Deskripsi tentang:
  • Pengertian kritik dan esai
  • Manfaat kritik dan esai
  • Fungsi kritik dan esai
  • Ceramah,
  • Diskusi
  • Studi Kasus

[TM: 1 x 3 x 50]
[BT: 1 x 3 x 60]
[BM: 1 x 3 x 60]

  • Kemampuan menjelaskan pengertian kritik dan esai
  • Kemampuan menjelaskan manfaat kritik dan esai
  • Kemampuan menjelaskan fungsi kritik dan esai

Tugas

15%

5,6

[C2] Mahasiswa mampu menjelaskan ciri-ciri, jenis, tipe, dan macam-macam esai dan kritik

  • Ciri-ciri esai dan kritik
  • Jenis-jenis esai dan kritik berdasarkan penerapannya
  • Tipe-tipe esai
  • Macam-macam esai dan kritik
  • Ceramah,
  • Diskusi
  • Studi Kasus

[TM: 1 x 3 x 50]
[BT: 1 x 3 x 60]
[BM: 1 x 3 x 60]

  • Kemampuan menyebutkan ciri-ciri esai dan kritik
  • Kemampuan menjelaskan jenis-jenis esai dan kritik
  • Kemampuan menjelaskan tipe-tipe esai dan kritik
  • Kemampuan menjelaskan macam-macam esai dan kritik

Tugas

15%

7

  • Mahasiswa mampu memahami struktur esai dan kritik
  • Memahami prinsip-prinsip esai dan kritik
  • Struktur esai dan kritik
  • Prinsip-prinsip esai dan kritik
  • Ceramah
  • Presentasi

[TM: 1 x 3 x 50]
[BT: 1 x 3 x 60]
[BM: 1 x 3 x 60]
Kemampuan menjelaskan tentang struktur esai dan kritik
Kemampuan menjelaskan prinsip-prinsip esai dan kritik
Tugas

10%

8

Evaluasi Tengah Semester

9

  • Mahasiswa mampu mengetahui kebahasaan dari esai dan kritik
  • Mahasiswa mampu menguasai sistematika esai dan kritik
  • Kebahasaan esai dan kritik
  • Sistematika esai dan kritik
  • Ceramah,
  • Tugas individu dan kelompok

[TM: 1 x 3 x 50]
[BT: 1 x 3 x 60]
[BM: 1 x 3 x 60]
Kemampuan menguasai kebahasaan esai dan kritik
Kemampuan menyusun sesuai sistematika esai dan kritik
Kuis

10%

10

Mahasiswa mampu mengembangkan penulisan dengan langkah-langkah dalam esai dan kritik
Pengembangan dialog
Teknik-teknik mengembangkan dialog

  • Tugas individu dan kelompok

[TM: 1 x 3 x 50]
[BT: 1 x 3 x 60]
[BM: 1 x 3 x 60]
Kemapuan membuat/mengembangkan sebuah dialog dari sebuah cerita
Tugas

15%

12, 13, 14

Mahasiswa mampu  membedakan esai dan kritik dalam puisi, prosa, drama, dan film
Perbedaan menganalisis esai dan kritik pada:
Puisi
Prosa
Drama/film

  • Tugas individu dan kelompok

[TM: 1 x 3 x 50]
[BT: 1 x 3 x 60]
[BM: 1 x 3 x 60]
Kemampuan menganalisis perbedaan esai dan kritik pada:
Puisi
Prosa

  • Drama/film

praktik

25%

13

Mahasiswa dapat mempresentasikan hasil menganalisis esai dan kritik esai dan kritik pada:
Puisi
Prosa
Drama/film
Praktik

  • Tugas individu dan kelompok

[TM: 1 x 3 x 50]
[BT: 1 x 3 x 60]
[BM: 1 x 3 x 60]
praktik
Tugas

5%

16

Evaluasi Akhir Semester

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun