Mohon tunggu...
Andi Pransiska
Andi Pransiska Mohon Tunggu... Wiraswasta - Penulis lepas

Ayah satu anak, film enthusiast, suka semua jenis genre lagu yang penting enak.

Selanjutnya

Tutup

Gadget Pilihan

Saatnya #switch Diri Kamu dan Ekspresikan Kebaikan Tanpa Batas

8 September 2020   19:17 Diperbarui: 8 September 2020   19:17 113
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ada banyak hal yang bisa kita lihat dan pelajari dari internet. Mulai dari menonton film kesayangan, melihat berbagai keindahan dari negara lain, sampai melihat hewan yang belum pernah kita temui di kebun binatang. Mulai dari belajar bahasa asing, belajar edit foto, sampai belajar memasak mie instan, semua ada di internet. Saya sendiri, beberapa waktu kemarin sempat belajar memasak martabak manis dari Youtube. Dan rasanya lumayan enak. Saya jadi sedikit sombong kepada istri saya waktu itu.

Pernah suatu waktu, handphone saya mati secara tiba-tiba. Layarnya berwarna hitam dan tidak memunculkan gambar apapun. Kemudian saya membuka laptop, lalu mencari tahu cara memperbaikinya. Berbekal dari informasi yang saya dapatkan dari Youtube, Google, Kaskus, dan platform sosial media lain. Akhirnya saya mengotak-atik handphone itu dengan obeng pinjaman dari teman. Tidak perlu waktu lama, saya kemudian menyalakannya. Dan boom.. Saya kaget. Ternyata handphone saya bisa menyala kembali seperti semula. Berkat internet, saya dapat memperbaiki handphone.

Mungkin beberapa orang beranggapan, bijak menggunakan internet berarti menggunakan internet secara produktif hanya untuk bekerja, mencari uang, dan mencari informasi saja. Tapi menurut saya, kita juga perlu menyeimbangkan sisi konsumtif kita. Selain untuk bekerja, dan mencari informasi di internet, saya juga sering berselancar di Twitter, Instagram dan Youtube untuk memenuhi kebutuhan hiburan dalam diri saya.

Banyak hal-hal yang dapat menjadi healing saya dikala lelah dalam menulis atau bekerja. Kebetulan saya adalah orang yang tidak terpaku pada satu kultur hiburan tertentu. Mau menonton MV Kpop? Hayuk.. Mau nonton cover gitar Rock? Sikaat.. atau mau nonton konser musik campursari? Berangkat.. Semua saya tonton asalkan enak dilihat dan didengar. Tanpa batasan genre tertentu.

Bahkan beberapa waktu lalu saya tidak sengaja menyaksikan video Isyana Sarasvati yang menyanyikan lagu opera. Saya baru tahu penyanyi Indonesia bisa menyanyikan lagu dengan nada-nada tinggi tersebut dengan indah dan ekspresif. Apalagi seluruh isi lagu tersebut adalah bahasa asing yang sepertinya sulit diucapkan. Saya benar-benar takjub dengan suara Isyana. Tapi tunggu dulu. Saya scroll ke bagian komentar dan kemudian ada hal yang membuat saya semakin takjub lagi. Kira-kira seperti ini isi kolom komentar di video tersebut.

whatsapp-image-2020-09-03-at-08-31-46-5f571ee2d541df365f61e7f2.jpeg
whatsapp-image-2020-09-03-at-08-31-46-5f571ee2d541df365f61e7f2.jpeg
Saya tak henti-hentinya tertawa dan kaget dengan komentar-komentar dari netizen. Betapa kreatifnya mereka membuat berbagai macam komentar tersebut. "Memang netizen Indonesia ini kreatifnya nggak ada bates" gumam saya.

Bicara tentang betapa kreatifnya komentar netizen Indonesia pada suatu platform. Ada satu platform sosial media bernama Twitter. Dimana orang-orang dari seluruh dunia berbagi opini mereka tentang berbagai topik. Saya terhitung sangat jarang sekali menulis sebuah twit. Biasanya saya membuka Twitter untuk melihat-lihat saja topik apa yang sedang tren. Seperti berita bola atau artis artis luar negeri. Tapi seringnya malah ketemu hal-hal yang mengundang tawa seperti ini.

whatsapp-image-2020-09-03-at-08-50-17-5f571d815a74dc4384181ae4.jpeg
whatsapp-image-2020-09-03-at-08-50-17-5f571d815a74dc4384181ae4.jpeg
Seru sekali rasanya melihat isi Twitter yang setiap hari tidak ada hentinya membuat saya merasa amaze. Sejenak kadang saya malah merasa lupa akan masalah hidup, hanya karena tidak sengaja melihat sebuah meme lucu yang lewat di timeline. Tak jarang saya juga mengikuti ketegangan twitwar, dimana sesama pengguna twitter saling berargumen atas opini mereka masing-masing. Saya juga tidak tahu kenapa. Mungkin karena seru saja.

Dari sekian banyak hal yang bisa di ekspresikan di Twitter, ada satu yang paling membuat hati saya merasa hangat. Fenomena menebar kebaikan dan saling membantu satu sama lain. Membawa semangat kebaikan dari dunia maya, ke dunia nyata. Seperti ini..

whatsapp-image-2020-09-03-at-08-31-47-1-5f571e4a5a74dc6cc97ce682.jpeg
whatsapp-image-2020-09-03-at-08-31-47-1-5f571e4a5a74dc6cc97ce682.jpeg
Lalu, apa modal untuk melakukan segala hal diatas? Ya, semua berkat internet. Internet mengubah cara kita mengekspresikan kebaikan menjadi lebih powerfull. Satu paragraf yang kita tulis impact-nya bisa sangat besar. Internet sekarang sudah menjadi bagian krusial dalam proses meraih tujuan kita. Bahkan sudah bergeser menjadi kebutuhan hidup.

Maka tak ayal, banyak perusahaan digital telco yang berlomba-lomba menghadirkan produk yang dapat menunjang aktifitas kita dalam berinternet. Salah satunya adalah switch. Sebuah profider digital terbaru dari Switch Mobile Indonesia. Kartu switch ini datang bagai angin segar dalam dunia digital telco. Mencoba menyasar kalangan anak muda, switch menghadirkan berbagai gebrakan baru yang revolusioner. Tentunya gebrakan ini bertujuan untuk memudahkan dan memberi pengalaman baru bagi kita dalam menggunakan profider digital. Mau tau, apa saja fitur yang menarik dari switch?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gadget Selengkapnya
Lihat Gadget Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun