Mohon tunggu...
Andini Rahayu
Andini Rahayu Mohon Tunggu... Guru - guru, pemerhati pendidikan

Reading, Watching, Enjoying Seafood! Welcome to heaven!

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Warisan Ki Hadjar Dewantara: Menggali Kembali Pemikiran Dasar Pendidikan Indonesia

5 November 2023   06:59 Diperbarui: 5 November 2023   07:07 112
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Apa yang pertama kali terpikir saat ada yang menyebut kata Ki Hadjar Dewantara? Tentu semua lazim mengaitkannya dengan Bapak Pendidikan Indonesia. Namun, tak banyak yang benar-benar memahami pemikiran-pemikiran beliau yang mendasari pendidikan negeri ini, bahkan para pendidik sekalipun.

Dasar Pendidikan menurut Ki Hadjar Dewantara yang pertama adalah M E N U N T U N; pendidikan bertujuan menuntun segala kodrat yang ada pada anak-anak agar mereka dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan setinggi-tingginya baik sebagai manusia maupun sebagai anggota masyarakat. Dasar pendidikan yang kedua adalah M E R D E K A; Maksud pengajaran dan pendidikanyang berguna untuk perikehidupan bersama ialah memerdekakan manusia sebagai bagian dari persatuan (rakyat); Manusia merdeka adalah manusia yang hidupnya lahir atau batin tidak tergantung kepada orang lain, akan tetapi pada bersandar pada kekuatan sendiri. Dasar pendidikan ketiga BERMAIN; bermain adalah tuntutan jiwa anak. Dengan bermain anak belajar. Dasar pendidikan keempat adalah BELAJAR BUDI PEKERTI; Anak bukan kertas kosong, melainkan lahir dengan kekuatan kodrat yang masih samar-samar, pendidikanlah yang menebalkan lakunya dengan kekuatan konteks diri anak dan sosiokulturalbudaya sehingga muncullah budi pekerti (karakter) yang baik. Dasar pendidikan selanjutnya adalah BERHAMBA PADA ANAK; bebas dari segala ikatan, suci hati mendekati sang anak, bukan untuk meminta sesuatu hak artinya pendidikan harus selalu berpihak pada anak.

Mengingat begitu mendasarnya pemikiran Ki Hadjar Dewantara akan pendidikan di atas, pantaslah kiranya pemikiran beliau dijadikan fondasi pendidikan bangsa ini. Sudah seharusnya pada era sekarang ini kita sebagai pendidik kembali ke akar pemikiran pendidikan Indonesia yaitu pendidikan yang bermuara pada terbentuknya kemuliaan diri sebagai seorang manusia yang mampu memuliakan orang lain sehingga dapat merdeka lahir batin membentuk manusia yang berbudaya dan beradab. Hal ini tentu akan terus relevan sampai kapanpun. Program Guru Penggerak menguatkan kembali kesadaran akan pemikiran Ki Hadjar Dewantara sebagai dasar pendidikan Indonesia.

Refleksi dari Pengetahuan dan Pengalaman Baru

Program Guru Penggerak diawali dengan modul 1.1 yang mengandung materi yang menggugah berisi pemikiran-pemikiran Ki Hadjar Dewantara. Manapaki setiap alurnya akan membuat perasaan bercampur aduk naik turun seperti menaiki wahana permainan roller coster. Mulai dari kagum akan sosok Ki Hadjar Dewantara. Takjub karena begitu revolusioner dan visioner pada zamannya, perasaan juga mulai terganggu karena pembelajaran yang kini dilakukan jauh menyimpang dari prinsip-prinsip pendidikan beliau. Timbul pula kekecewaan mengapa dulu sebagai murid mungkin kita tidak mendapat pendidikan dan pengajaran yang sesuai dengan prinsip-prinsip ini,  muncul rasa senang karena kini mendapat pencerahan, datang lagi rasa takut apakah akan bisa menjalankan pemikiran luhur Ki Hadjar, tiba-tiba teringat akan guru yang sudah menginspirasi dan memotivasi saat sekolah dulu sehingga muncul rasa tentram sampai kepada rasa optimis bisa menjadi pendidik yang menuntun dan memerdekakan. Berikut tabel refleksi sebelum dan setelah mempelajari Pemikiran Ki Hadjar Dewantara dan segitiga refleksinya.

Sebelum

Setelah

Sebelumnya saya menganggap anak-anak didik saya adalah kertas kosong yang belum mengerti apa-apa. Sebelumnya, saya percaya kalau mereka adalah gelas kosong yang harus saya isi dengan pengetahuan.

Setelah mempelajari pemikiran-pemikiran Ki Hadjar ternyata mereka tidak sepenuhnya polos mereka sudah memiliki kodrat keadaannya masing-masing. Benar mereka adalah kertas dengan tulisan samar yang masing-masing berbeda satu dengan lainnya karena dibentuk oleh sifat biologis, keadaan keluarga, asal-usul daerah, dan lingkungan yang berbeda. Mereka sudah memiliki bawaan sifat dan saya sebagai pendidiklah yang memiliki kuasa untuk menebalkan laku baiknya.

Saya percaya kalau ketegasan dan ancaman perlu dilakukan demi keberlangsungan pembelajaran yang efektif.

Bermain adalah tuntutan jiwa anak. Justru anak dapat belajar dalam permainan. Bermain dapat membahagiakan dan dapat dijadikan sarana pembelajaran.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun