Mohon tunggu...
Andi DwiRiyanto
Andi DwiRiyanto Mohon Tunggu... Dosen - Dosen, Praktisi, Pembicara, Konsultan Digital marketing Strategy
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Dosen, Praktisi, Pembicara, Konsultan Digital marketing Strategy

Selanjutnya

Tutup

Gadget

Data Digital Indonesia Tahun 2022

19 Februari 2022   01:12 Diperbarui: 21 Februari 2022   09:48 60071
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
https://andi.link/wp-content/uploads/2022/02/Ringkasan-Pengguna-Instagram-di-Indonesia-tahun-2022.jpg

Pada paparan ini, akan ditampilkan data dan tren yang Anda butuhkan untuk membantu Anda memahami bagaimana orang-orang di Indonesia menggunakan perangkat dan layanan yang terhubung pada tahun 2022.

Saat ini, jumlah penduduk Indonesia (pada tahun 2022) adalah sebanyak 277,7 juta jiwa pada Januari 2022. Data menunjukkan bahwa populasi Indonesia meningkat sebesar 2,8 juta (+1,0 persen) antara tahun 2021 dan 2022. 

Dari jumlah tersebut, ternyata 49,7 persen penduduk Indonesia adalah perempuan, sedangkan 50,3 persen penduduk adalah laki- laki. Dan saat ini usia rata-rata penduduk di Indonesia adalah 30,3 tahun.

Jika dilihat berdasarkan umur, berikut persentase kelompok rentang usia penduduk di Indonesia (pada tahun 2022):

  • 8,3 persen penduduk Indonesia berusia antara 0 dan 4 tahun .
  • 13,9 persen penduduk Indonesia berusia antara 5 dan 12 tahun .
  • 8,2 persen penduduk Indonesia berusia antara 13 dan 17 tahun .
  • 11,6 persen penduduk Indonesia berusia antara 18 dan 24 tahun .
  • 14,9 persen penduduk Indonesia berusia antara 25 dan 34 tahun .
  • 14,7 persen penduduk Indonesia berusia antara 35 dan 44 tahun .
  • 12,7 persen penduduk Indonesia berusia antara 45 dan 54 tahun .
  • 9,0 persen penduduk Indonesia berusia antara 55 dan 64 tahun .
  • 6,8 persen penduduk Indonesia berusia 65 tahun ke atas .

  • Catatan: persentase mungkin tidak berjumlah 100 persen karena pembulatan.

Penggunaan internet di Indonesia pada tahun 2022

https://andi.link/wp-content/uploads/2022/02/Data-Tren-Pengguna-Internet-dan-Media-sosial-di-Indonesia-Tahun-2022.jpg
https://andi.link/wp-content/uploads/2022/02/Data-Tren-Pengguna-Internet-dan-Media-sosial-di-Indonesia-Tahun-2022.jpg

Pengguna internet di Indonesia pada Januari 2022 ada sebanyak 204,7 juta jiwa. Tingkat penetrasi pengguna internet di Indonesia mencapai 73,7 persen dari total populasi pada awal tahun 2022. Data menunjukkan bahwa pengguna internet di Indonesia meningkat sebesar 2,1 juta (+1,0 persen) antara tahun 2021 dan 2022. Sebagai gambaran, angka pengguna ini mengungkapkan bahwa 73,05 juta orang di Indonesia tidak menggunakan internet pada awal tahun 2022, artinya 26,3 persen penduduk tetap offline di awal tahun.

Namun, masalah yang berkaitan dengan COVID-19 terus memengaruhi penelitian tentang adopsi internet, sehingga angka pengguna internet yang sebenarnya mungkin lebih tinggi daripada angka yang dipublikasikan ini.

Statistik media sosial di Indonesia pada tahun 2022

Pada Januari 2022, terdapat 191,4 juta pengguna media sosial di Indonesia. Jumlah pengguna media sosial di Indonesia pada awal tahun 2022 setara dengan 68,9 persen dari total populasi. Analisis Kepios mengungkapkan bahwa pengguna media sosial di Indonesia meningkat 21 juta (+12,6 persen) antara tahun 2021 dan 2022.

Data Pengguna Facebook di Indonesia pada tahun 2022

https://andi.link/wp-content/uploads/2022/02/Ringkasan-Pengguna-Facebook-di-Indonesia-tahun-2022.jpg
https://andi.link/wp-content/uploads/2022/02/Ringkasan-Pengguna-Facebook-di-Indonesia-tahun-2022.jpg

Data yang dipublikasikan di sumber periklanan Meta menunjukkan bahwa Facebook memiliki 129,9 juta pengguna di Indonesia pada awal 2022. Pada awal tahun 2022, 44,0 persen audiens iklan Facebook di Indonesia adalah perempuan , sedangkan 56,0 persen adalah laki- laki .

Data Pengguna YouTube di Indonesia pada tahun 2022

Pembaruan sumber daya periklanan Google menunjukkan bahwa YouTube memiliki 139,0 juta pengguna di Indonesia pada awal 2022. Angka ini berarti jangkauan iklan YouTube 2022 setara dengan 50,0 persen dari total penduduk Indonesia di awal tahun. Sebagai gambaran, iklan YouTube mencapai 67,9 persen dari total basis pengguna internet Indonesia (berapa pun usia) pada Januari 2022. Saat itu, 46,9 persen penonton iklan YouTube di Indonesia adalah perempuan , sedangkan 53,1 persen adalah laki- laki .

Data Pengguna Instagram di Indonesia pada tahun 2022

https://andi.link/wp-content/uploads/2022/02/Ringkasan-Pengguna-Instagram-di-Indonesia-tahun-2022.jpg
https://andi.link/wp-content/uploads/2022/02/Ringkasan-Pengguna-Instagram-di-Indonesia-tahun-2022.jpg

Angka yang dipublikasikan di alat periklanan Meta menunjukkan bahwa Instagram memiliki 99,15 juta pengguna di Indonesia pada awal 2022. Angka ini menunjukkan bahwa jangkauan iklan Instagram di Indonesia setara dengan 35,7 persen dari total populasi di awal tahun. Namun, Instagram membatasi penggunaan platformnya untuk orang berusia 13 tahun ke atas, jadi ada baiknya mengetahui bahwa 45,8 persen audiens yang "memenuhi syarat" di Indonesia menggunakan Instagram pada tahun 2022. Perlu diketahui juga bahwa jangkauan iklan Instagram di Indonesia pada awal tahun 2022 setara dengan 48,4 persen basis pengguna internet lokal (berapa pun usia). Pada awal tahun 2022, 52,3 persen audiens iklan Instagram di Indonesia adalah perempuan , sedangkan 47,7 persen adalah laki- laki .

Pengguna TikTok di Indonesia pada tahun 2022

Angka yang dipublikasikan di sumber periklanan ByteDance menunjukkan bahwa TikTok memiliki 92,07 juta pengguna berusia 18 tahun ke atas di Indonesia pada awal 2022. Perhatikan bahwa ByteDance memungkinkan pemasar untuk menargetkan iklan TikTok kepada pengguna berusia 13 tahun ke atas melalui alat periklanannya, tetapi alat ini hanya menampilkan data pemirsa untuk pengguna berusia 18 tahun ke atas . Untuk konteksnya, angka ByteDance menunjukkan bahwa iklan TikTok mencapai 47,6 persen dari semua orang dewasa berusia 18 tahun ke atas di Indonesia pada awal tahun 2022. Sementara itu, jangkauan iklan TikTok di Indonesia setara dengan 45,0 persen basis pengguna internet lokal di awal tahun, tanpa memandang usia. Pada awal tahun 2022, 66,0 persen audiens iklan TikTok di Indonesia adalah perempuan , sedangkan 34,0 persen adalah laki- laki .

Apabila anda ingin mengetahui lebih lengkap dan mendownload versi lengkap, bisa mengunjungi: https://andi.link/hootsuite-we-are-social-indonesian-digital-report-2022/

Demikian, semoga bermanfaat. Salam literasi :D

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gadget Selengkapnya
Lihat Gadget Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun