Mohon tunggu...
Andi Askar
Andi Askar Mohon Tunggu... Guru - Guru

Seorang guru yang memiliki hobi membaca dan olahraga

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Best Practice Metode STAR

7 Desember 2022   12:58 Diperbarui: 7 Desember 2022   13:07 105
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice)  Menggunakan Metode STAR (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)

Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran

 

Lokasi

SMK Islam Al-Khoiriyah Petarukan

Lingkup Pendidikan

Sekolah Menengah Kejuruan

Tujuan yang ingin dicapai

Meningkatkan Kemampuan Peserta Didik Kelas XI dalam Membaca dan Menulis Iklan Berbahasa Jawa menggunakan Model Pembelajaran PjBL dan Metode Discovery Learning dengan berbantukan Media Canva SMK Islam Al-Khoiriyah Petarukan

Penulis

Andi Askar, S.Pd

Tanggal

3 Desember 2022

Situasi: 

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, antara lain :

Siswa mengalami miskonsepsi dalam menelaah teks Pariwara. Akar penyebab masalahnya adalah kondisi siswa yang tidak fokus dalam menelaah teks Pariwara

Mengapa praktik ini penting untuk dibagikan? Karena untuk menunjukkan praktik baik yang sudah dilakukan selama praktik pengalaman lapangan yang lebih inovatif dengan menggunakan model, metode, bahan ajar, LKPD, dan evaluasi pembelajaran yang tepat, serta berbagi pengalaman lapangan kepada orang lain dan memotivasi guru lain untuk berbuat yang terbaik bagi para siswa.

Apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini?

Sebagai guru, membuat perangkat pembelajaran seperti RPP, bahan, media, LKPD, Evaluasi dan melaksanakan pembelajaran sesuai perangkat yang dibuat berdasarkan identifikasi masalah.

Tantangan : 

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat?

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut?

Yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut adalah sarana dan prasana yang kurang memadai, peserta didik yang belum terbiasa melaksanakan pembelajaran yang inovatif, pengalaman guru yang terbatas dalam pembelajaran berbasis TPACK.

Siapa saja yang terlibat?

Yang terlibat dalam mencapai tujuan pembelajaran antara lain :

1. Kepala Sekolah

Kepala sekolah memiliki tanggung jawab untuk memajukan kualitas sekolah, seperti meningkatkan kualitas guru yang profesional dalam proses belajar mengajar di kelas, dan berbagai kegiatan yang terkait dengan sekolah.

2. Guru

Sebagai tenaga pendidik guru harus bisa dijadikan panutan bagi peserta didik dan lingkungan sekitarnya. Untuk itu, guru harus memiliki standar kualitas pribadi yang unggul, misalnya berwibawa, tanggung jawab, disiplin, suka membantu, dan sebagainya.

3. Siswa

Keterlibatan siswa adalah sesuatu yang penting untuk mencapai keberhasilan pembelajaran. Melalui keterlibatan aktif, siswa dapat belajar secara benar dan efektif, serta mencapai hasil belajar yang optimal.

Sebab itu harus selalu diusahakan agar seluruh siswa terlibat secara aktif dalam pembelajaran sehingga mereka dapat mencapai tujuan pembelajaran secara optimal.

Aksi : 

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut?

Langkah-langkah yang dilakukan di antaranya adalah melakukan kordinasi dengan Kepala Sekolah, wawancara dengan pakar, mengkaji literatur, merumuskan solusi dengan eksplorasi alternatif solusi, menganalisis alternatif solusi dan menentukan solusi yang relevan.

Strategi apa yang digunakan?

Strategi yang digunakan adalah dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL), metode pembelajaran discovery learning. Selain itu menggunakan media powerpoint untuk menunjang tujuan pembajaran sehingga siswa lebih fokus dan tertarik. Strategi yang digunakan dalam evaluasi pembelajaran menggunakan media berbasis TPACK seperti Canva.

Bagaimana prosesnya?

Proses dalam kegiatan pembelajaran di antaranya adalah dengan menggunakan sintak pembelajaran yang efektif dan inovatif sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran.

Siapa saja yang terlibat?

Yang terlibat dalam kegiatan pembelajaran ini adalah guru dan peserta didik.

Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini?

Sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini antara lain kompetensi guru dalam pemilihan model dan metode pembelajaran, pengetahuan guru dalam menggunakan aplikasi berbasis TPACK seperti Canva.

 

Refleksi Hasil dan dampak 

Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif?  Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut

Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan?

Setelah melaksanakan langlah-langkah pembelajaran yang inovatif sesuai dengan perangkat pembelajaran, peserta didik mengalami perubahan pada tingkah laku baik dalam makna kognitif, afektif dan psikomotorik sehingga memperoleh pengetahuan, keterampilan dan perilaku yang lebih baik. Dalam pembelajaran siswa merasa nyaman dan mudah paham.

Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif?

Melihat dari hasil ketercapaian tujuannya, strategi pembelajaran yang inovatif dengan perangkat pembelajaran yang tepat dari segi model, metode, media, LKPD dan evaluasi pembelajaran menghasilakan pembelajaran yang efektif.

Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan?

Peserta didik memberikan respon terhadap kegiatan pembelajaran ini dengan sangat senang, bisa dilihat dari antusias perserta didik dalam mengikuti pembelajaran dengan  adanya media pembelajaran yang menarik seperti power point, canva. Peserta didik merasa nyaman dan mudah memahami materi yang dipelajari sesuai sintak pembelajaran yang efektif dalam mencapai tujuan pembelajaran.

 

Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan?

Faktor keberhasilan pembelajaran ini sangat ditentukan akan penguasaan guru terhadap model pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran dan langkah-langkah dalam rencana  pelaksanaan pembelajaran yang telah dibuat sebelumnya.

Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut?

Pembelajaran yang bisa diambil dari keseluruhan proses tersebut adalah guru lebih efektif, kreatif dan inovatif dalam memilih model, metode dan media pembelajaran untuk membuat proses pembelajaran lebih menarik dan membuat peserta didik lebih nyaman dan mudah memahami materi yang disampaikan sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun