Dalam melaksanakan proses kegiatan belajar mengajar, setiap guru hendaknya mempunyai strategi dalam mengajar yang tepat untuk membuat suasana kegiatan belajar mengajar menjadi lebih menarik dan tidak membosankan. Strategi ini tentu saja sudah harus layak uji sebelumnya agar guru tidak asal pakai strategi yang abal-abal. Begitu juga dalam layanan bimbingan dan konseling di sekolah, seorang konselor juga mempunya teknik atau strategi dalam melaksanakan tugasnya. Strategi seorang konselor akan saya paparkan sebagai berikut ini:
A. Konseling Individual
Teknik konseling individual berarti sebuah layanan konseling yang dilakukan secara personal oleh seorang konseli dan seorang konselor. Konseli menghendaki adanya layanan konseling secara pribadu, dan konselor juga melayaninya dengan pribadi. Adapun proses tahapan yang ada dalam teknik ini yaitu:
1. Tahap awal konseling
Tahap ini dimulai dari perkenalan dan pendekatan antara konselor dan konseli serta menegosiasikan kontrak layanan BK yang akan dijalani.
2. Tahap pertengahan
Pada tahap ini, konselor mulai mengidentifikasi masalah konseli lalu memcoba mencari jalan keluarnya sesuai dengan kontrak yang sudah ditetapkan.
3. Tahap akhir konseling
Setelah 2 tahap di atas selesai dilakukan, tahap akhir konseling dapat ditandai dengan berubahnya pola pikir konseli yang mulanya dia selalu menyalahkan keadaan atau bahkan menyalahkan dirinya sendiri, namun berubah menjadi lebih positif saat menghadapi masalah yang sedang dihadapinya.
B. Bimbingan kelompok
Bimbingan kelompok adalah proses memberikan informasi tentang semua yang dibutuhkan siswa dalam rangka pengembangan potensi yang ada pada diri siswa, informasi ini mencakup semua permasalahan pendidikan, permasalahan diri sendiri dan permasalahan sosial. Satu kelompok bimbingan biasanya beranggotakan 20 sampai 30 peserta didik. Tahapan yang ada pada teknik ini adalah
1. Tahap awal
Pada tahap awal seorang konselor membuat sebuah kelompok, setelah terbentuk sebuah kelompok lalu mulai memperkenalkan apa saja layanan BK yang dapat mereka manfaatkan.
2. Tahap perencanaan bimbingan
Di tahap ini konselor dan murid merencanakan bagaimana proses layanan bimbingan itu dilaksanakan, mencakup isi atau materi bimbingan, sarana dan media bimbingan, evaluasi bimbungan, dan juga waktu dan tempat pelaksanaan bimbingan.
3. Tahap pelaksanaan bimbingan
Tahap ini adalah tahap action dari apa yang telah direncanakan sebelumnya.