Mohon tunggu...
Ana serafina
Ana serafina Mohon Tunggu... Lainnya - Always try your best in everything.

Halo, perkenalkan nama saya Ana serafina seleky. Saya adalah seorang pelajar yang masih duduk di bangku SMP.

Selanjutnya

Tutup

Beauty Pilihan

Trend Style Fashion Sanrio atau Hello Kitty: Apa itu Sanrio, Asal Muasal Trend, Pro-Kontra, Budget uang dan tanggapan

2 Juni 2022   14:24 Diperbarui: 5 Juni 2022   15:33 3230
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Sanrio adalah sebuah perusahaan yang berasal dari Jepang yang merancang serta memfokuskan produksi produk -- produk mereka dengan elemen "Kawaii" atau imut dari budaya populer di Jepang. Contohnya adalah dengan karakter -- karakter rilisan mereka, yaitu Sanrio characters seperti Hello Kitty, Badtz-Maru, Keroppi dan berbagai karakter Sanrio terkenal lainnya. 

Pada awalnya perusahaan ini di dirikan oleh Tsuji Shintaro pada tahun 1960 dengan nama Yamanashi Silk tetapi pada tahun 1973 nama perusahaan Yamanashi Silk di ganti menjadi Sanrio. Pada awalnya berdirinya perusahaan tersebut mereka hanya memproduksi sutera sebagai produk utama mereka. Tetapi seiring berjalannya waktu, perusahaan Sanrio mulai memproduksi barang lainnya seperti sandal karet dengan motif -- motif yang lucu nan imut, 

sebagai langkah untuk meningkatkan penjualan produk. Tidak hanya itu perusahaan Sanrio kemudian menggunakan strategi untuk menggunakan karakter imut pada setiap produk yang mereka jual yaitu karakter - karakter yanf di kenal sekarang sebagai Sanrio Characters. Rupanya dengan menggunakan strategi tersebut penjualan produk mereka meningkat dengan pesat, 

oleh karena itu perusahaan Sanrio tetap menggunakan strategi tersebut hingga sekarang dan bahkan mendapatkan keuntungan yang sangat -- sangat besar seiring dengan meningkatnya kepopuleran Sanrio Characters di seluruh penjuru dunia. 

Pada awalnya trend fashion Sanrio atau Hello Kitty bermula di Jepang semenjak perusahaan Sanrio menggunakan strategi mereka, yaitu dengan menggunakan karakter Sanrio pada setiap produk yang mereka rilis. Mulai dari sendal jepit rilisan perusahaan mereka yang beredar di Jepang, karena pada masa tersebut perusahaan Sanrio hanya memproduksi pakaian hingga aksesoris saja. 

Hingga sekarang, di mana perusahaan Sanrio sekarang dapat  berkolaborasi dengan game - game online yang mendunia seperti Mobile Legends : Bang Bang, Roblox dan lain sebagainya.

Kolaborasi Sanrio x Mobile Legends : Bang Bang
Kolaborasi Sanrio x Mobile Legends : Bang Bang

Walaupun sekarang perusahaan Sanrio sering melakukan kolaborasi dengan game - game online, tetapi pakaian - aksesoris buatan perusahaan tersebut masih belum tergantikan. Bahkan sekarang telah muncul fashion mode Sanrio yang terkenal pada beberapa negara di dunia. Fashion style Sanrio adalah sebuah fashion style yang unik karena style Sanrio memiliki ciri khas tersendiri.

Seperti ciri khas mereka yang selalu memasukkan karakter mereka, style mereka yang imut kekanak -- kanakan dan selalu menggunakan palet warna yang cantik serta warna -- warni pastel. 

Apalagi setiap barang yang mereka rilis selalu di minati oleh banyak orang dan selalu laris besar. Tidak hanya itu, style Sanrio juga di nikmati oleh banyak orang mulai dari anak -- anak, remaja bahkan hingga orang dewasa tergantung dengan selera fashion setiap orang. Meskipun style fashion Sanrio di minati oleh banyak orang, style Sanrio masih suka menerima kritikan dari orang -- orang yang tidak suka dengan model fashion Sanrio. 

Karena mereka menganggap trend fashion tersebut sangat kekanak kanakan, terlalu imut dan tidak cocok dengan perkembangan fashion trend yang kekinian.    

Apalagi di tambah dengan kontra cerita - cerita horor yang bercerita mengenai Hello Kitty yang merupakan salah satu karakter yang di rilis oleh perusahaan Sanrio. Tetapi walaupun begitu kebenaran dari cerita - cerita horor tersebut masih belum di ketahui dan hanya di nilai sebagai cerita mitos belaka. Apalagi jika tahun kemunculan cerita tersebut di bandingkan dengan tahun berdirinya perusahaan Sanrio jarak waktunya lumayan jauh. 

Seperti yang kita ketahui perusahaan Sanrio merupakan perusahaan asal Jepang. Sehingga uang yang kita perlu gunakan untuk membeli barang rilisan perusahaan Sanrio berjumlah lumayan banyak. Apalagi dengan adanya pajak, dan lain sebagainya. Oleh karena itu uang yang di perlukan unutk membeli barang - barang rilisan dari perusahaan Sanrio mulai dari RP 40.000 higga puluhan jutaan rupiah.

 Harga barang sendiri bervariasi, ada murah dan ada yang mahal tergantung barang yang di beli. Barang yang di rilis oleh perusahaan Sanrio sendiri beragam, mulai dari tas selempang anak, jam tangan, sendal karet, figur mainan dan banyak lagi lainnya. Sehingga kita tidak hanya dapat berfokus pada style Sanrio yang sangat imut yang berfokus pada elemen salah satu karakternya, 

tetapi kita dapat menggunakannya untuk elemen pakaian hingga aksesoris imut yang di gunakan sehari - hari. Contohnya adalah dengan menggunakan casing handphone bermotifkan hello kitty untuk aksesoris handphone sehari -- hari, jam tangan My ellody untuk di kolaborasikan dengan mode pakaian imut, dompet bermotifkan berbagai karakter Sanrio untuk di gunakan ketika bepergian, dan lain sebagainya. 

Contoh mode fashion Sanrio
Contoh mode fashion Sanrio
Pada saat ini mencari inspirasi untuk mode fashion terkini sudah mudah, mulai dari mode fashion yang sedang ngetren hingga yang sudah lewat trend melalui media sosial, dan beberapa aplikasi. Salah satunya adalah aplikasi Pinterest, jadi jika kalian tertarik dengan mode fashion ini maka kalian bisa mencari inspirasi mode fashion Sanrio melalui aplikasi tersebut dengan kata kunci "Sanrio Core" atau "Sanrio Outfits".

Menurut saya, tanggapan rakyat Indonesia terhadap fashion style Sanrio sangatlah baik. Apalagi hampir seluruh anak -- anak, remaja hingga orang dewasa menyukai seluruh barang rilisan Sanrio yang imut -- imut, terutama bagi anak -- anak hingga remaja. Akan tetapi Sanrio kerap kali menuai kontroversi akibat beragam cerita horor yang beredar mengenai salah satu karakternya pada kalangan masyarakat, 

yaitu karakter Hello Kitty. Sehingga beberapa kalangan masyarakat termakan oleh cerita horor tersebut padahal kebenaran dari cerita horor tersebut masih di ragukan. 

Walaupun begitu, hingga sekarang ini respon masyarakat terhadap fashion mode Sanrio masihlah sangat baik karena kepopuleran karakter Sanrio di Indonesia semakin meluas. 

Meskipun terkadang fashion mode Sanrio yang sangat imut seperti lolita, dan vibes Sanrio yandere yang mulai meluas di Indonesia masih sering di kecam oleh masyarakat oleh karena tidak sesuai dengan fashion mode serta beauty standard di Indonesia, dan kerap di anggap sebagai fashion mode yang ekstrim.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Beauty Selengkapnya
Lihat Beauty Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun