Mohon tunggu...
ANANTA DWI
ANANTA DWI Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Negeri Malang

Saya tertarik dengan dunia pendidikan khususnya pada bidang ekonomi kreatif

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Gelar Karya P5 Kewirausahaan: Wujudkan Wirausahawan Muda SMA Negeri 2 Pare

10 Juni 2023   21:05 Diperbarui: 10 Juni 2023   21:09 776
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gambar 1. Focus Group Discussion (FGD) dengan Guru Pamong/dokpri

Pendidikan merupakan salah satu aspek terpenting bagi sebuah negara dan menjadi faktor yang mempengaruhi perkembangan suatu bangsa. Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) melalui sebuah pemikiran dan aksi yang berkualitas akan meningkatkan perbaikan-perbaikan guna memajukan kualitas sebuah negara. Ilmu pengetahuan yang berkualitas merupakan ilmu yang memberikan manfaat bagi diri sendiri, orang lain dan lingkungan sekitar, bukan hanya sebatas ilmu teori tetapi juga perlu adanya implementasi atas ilmu yang diperoleh. 

Bentuk penerapan teori di lingkungan sekolah guna menyelesaikan permasalahan pendidikan di Indonesia salah satunya dapat dilakukan melalui kegiatan Asistensi Mengajar yang dilakukan mahasiswa di satuan pendidikan mulai dari sekolah dasar hingga sekolah menengah keatas. Selain itu, melalui pengembangan kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang diluncurkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud RI) yang memberikan peluang dan kesempatan bagi mahasiswa untuk dapat mengembangkan potensi yang dimilikinya dalam bidang pendidikan.

Program Asistensi Mengajar di satuan pendidikan SMA Negeri 2 Pare yang dilaksanakan oleh mahasiswa Universitas Negeri Malang telah berlangsung mulai dari 6 Februari 2023 hingga 21 Juni 2023 diikuti oleh 15 mahasiswa yang terbagi menjadi 4 kelompok Program Studi yaitu S1 Pendidikan Ekonomi, S1 Pendidikan Geografi, S1 Pendidikan Bahasa Inggris, dan S1 Pendidikan Bahasa Indonesia. 

Dalam menjalankan kegiatan Asistensi Mengajar selama kurang lebih 5 bulan, mahasiswa Asistensi Mengajar Pendidikan Ekonomi yang beranggotakan Ananta Dwi Kurniawan, Afrisma Silvia Ayu Karning Tiya, Ade Charissa Chairunnisa, Aulia Sahila Putri, dan Athifah Fii Mahdy dengan didampingi oleh Bapak Dr. Agung Haryono, S.E., M.P., Ak. selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dan Ibu Endah Nuryatin, S.Pd., M.M selaku guru pamong mata pelajaran ekonomi  telah melaksanakan beberapa tugas pokok dan program kerja untuk meningkatkan minat peserta didik ataupun meningkatkan kualitas pendidikan di satuan pendidikan. Mahasiswa Asistensi Mengajar memiliki tugas pokok dalam bidang akademik, non akademik, administrasi, dan publikasi. 

Dalam bidang akademik, mahasiswa Asistensi Mengajar memiliki tugas untuk menyusun perangkat pembelajaran yang berbasis teknologi dan mengimplementasikan pembelajaran yang inovatif. Penyusunan perangkat pembelajaran ini meliputi Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Jurnal Mengajar, Daftar Nilai dan Presensi, Media Pembelajaran dan Bahan Evaluasi Peserta Didik. Dalam kegiatan ini mahasiswa S1 Pendidikan Ekonomi terbagi menjadi 2 tingkatan kelas yaitu kelas XI dan kelas X pada mata pelajaran ekonomi. 

Di bidang administrasi, mahasiswa Asistensi Mengajar memiliki tugas untuk melaksanakan kegiatan tata usaha sekolah. Tata usaha sekolah merupakan kegiatan yang bertujuan mengurus segala pencatatan yang terjadi di skeolah. Dalam kegiatan ini, kami membantu staff tata usaha untuk mengurus kegiatan administrasi sekolah dengan jadwal yang telah disepakati bersama dengan jadwal sekali dalam setiap minggunya. Kegiatan ini memberikan pengalaman dan pengetahuan baru bagi mahasiswa yang dilakukan di bagian administrasi sekolah.

Gambar 2. Piket Tata Usaha/dokpri
Gambar 2. Piket Tata Usaha/dokpri
Di bidang publikasi, mahasiswa Asistensi Mengajar juga memiliki tugas untuk membuat artikel ilmiah dengan tema artikel penelitian atau artikel pengabdian yang nantinya  akan dikirim melalui pihak LP3 Universitas Negeri Malang. Selain itu, kami juga memiliki tugas untuk membuat vidio pengalaman mengajar yang berisikan tentang kegiatan atau pengalaman apa yang dirasakan mahasiswa ketika melaksanakan program Asistensi Mengajar serta kami juga membuat akun Instagram Asistensi Mengajar yang bertujuan untuk mempublikasikan kegiatan selama pogram Asistensi Mengajar berjalan di media sosial guna mensosialisasikan kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa.

Dalam bidang non akademik, mahasiswa pendidikan ekonomi melaksanakan pendampingan Kompetensi Sains Nasional (KSN) pada mata pelajaran ekonomi yang meliputi kegiatan pendampingan materi olimpiade, pengerjaan soal dan tanya jawab materi mata pelajaran ekonomi yang berlangsung pada tanggal 16 Maret - 30 Maret 2023. 

Selain itu, mahasiswa Asistensi Mengajar bidang studi pendidikan ekonomi juga melaksanakan berbagai kepanitiaan kegiatan sekolah yaitu pelaksanaan Purnawiyata Kelas XII yang berperan sebagai kepanitiaan dalam megelola presensi bagi tamu undangan orang tua peserta didik kelas XII. Mahasiswa juga melaksanakan kepanitiaan Pondhok Ramadhan dengan mengkondisikan peserta didik dalam mengikuti kegiatan pondok Ramadhan. Pada bulan Ramadhan, kami juga melaksanakan kegiatan bagi takjil bagi pengendara yang melintas di sekitar SMA Negeri 2 Pare yang dilaksanakan pada tanggal 06 April 2023. 

Selain itu juga, mahasiswa Asistensi Mengajar juga memberikan Morning Mtovation yang merupakan kegaitan dari mahasiswa untuk memberikan motivasi awal, sambutan dan pengecekan atribut sekolah yang dikenakan oleh peserta didik sebelum memasuki lingkungan sekolah. Dalam kegiatan ini, mahasiswa juga telah dijadwal dengan adil yang dilaksanakan setiap seminggu seklai dalam melaksanakan kegiatan morning motivation. Kegiatan Morning Motivation ini dilaksanakan pada pukul 06.00 hingga 06.45 WIB.

Gambar 3. Morning Motivation/dokpri
Gambar 3. Morning Motivation/dokpri

Salah satu kegiatan non akademik yang paling berkesan disini adalah pendampingan kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang dilaksanakan dengan menggunakan sistem Blok. Kegiatan ini direncanakan pada tanggal 17 Februari - 24 Februari dengan mengangkat tema Kewirausahaan yang bertujuan sebagai pengembangan ilmu tentang wirausaha dan bertujuan untuk membentuk peserta didik agar mempunyai jiwa atau karakter wirausaha yang mampu bertanggung jawab, mandiri dan berdaya saing global.

P5 merupakan salah satu terobosan terbaru dari pemerintah untuk meningkatkan potensi peserta didik dalam penerapan Kurikulum Merdeka. Oleh karena itu, dalam pelaksanaan kegiatan P5 masih dirasakan adanya kendala yang dirasakan oleh semua pihak. Dengan adanya program Asistensi Mengajar, mahasiswa yang melakukan kegiatan akademik di sekolah pun juga harus mendampingi pelaksanaan P5 pada tema kedua "kewirausahaan" dan ketiga "Gaya Hidup Berkelanjutan"

Pada kegiatan P5 tema kewirausahaan, mahasiswa pendidikan ekonomi mendampingi beberapa kelas X diantara lainnya adalah kelas X5, X7, X8 dan X8 yang tentunya juga dibantu dengan guru koordinator P5 mada setiap kelas. Dalam kegiatan P5 tersebut setiap kelas akan dibagi menjadi 6 kelompok dalam menyusun dan membuat produk kewirausahaan. 

Pada hari pertama P5, peserta didik mempelajari materi pengetahuan umum tentang kewirausahaan dan mendiskusikan rencana produk yang akan mereka buat. Dalam kegiatan ini peserta didik diberi kebebsan untuk menentukan produk apa yang akan mereka buat dengan mengembangkan ide-ide kreatif yang mereka punyai dan tugas kami selaku pembimbing hanya memberikan saran tentang bagaimana produk tersebut agar dapat terencana dengan baik dan dapat terealisasikan.

Pada hari kedua P5 diisi dengan diskusi kelompok serta pembuatan poster produk untuk setiap kelompok dengan menyertakan nama produk, komposisi produk, kelebihan, harga dan teknik pemasaran produk. Setiap kelompok juga membuat poster dengan sekreatif mungkin agar dapat menarik calon konsumen. Dalam kegiatan tersebut, mahasiswa pendidikan ekonomi memberikan masukan terkait poster dan produk yang nantinya keputusan tetap ditentukan oleh masing-masing kelompok.

Gambar 4. Pendampingan Kelas X.8/dokpri
Gambar 4. Pendampingan Kelas X.8/dokpri

Pada hari ketiga, peserta didik membuat proposal mulai dari bab 1 hingga bab 3 dan membuat Business Model Canvas (BMC) yang harus diselesaikan pada hari itu juga dan akan dikumpulkan pada guru koordinator dan proposal yang belum jadi akan dilanjutkan pada hari esoknya lagi.

Pada hari keempat, peserta didik membuat prototype atau produk yang setengah jadi di lokasi yang telah ditentukan oleh sekolah yang bertempat di sekitar aula SMA Negeri 2 Pare dan halaman belakang sekolah. Meskipun produk yang dibuat masih sekedar prototype, beberapa kelompok juga sudah dieprbolehkan untuk melakukan Pre Order (PO) dengan pembelian online ataupun langsung. Pembuatan prototype ini juga bertujuan untuk mengetahui beberapa kelemahan dan strategi yang akan digunakan sebagai tarik ukur pemasaran produk kewirausahaan. 

Dalam kegiatan ini mahasiswa berperan sebagai pemberi masukan-masukan terhadap prototype yang dibuat oleh masing-masing kelompok. Selain itu, mahasiswa juga bertugas untuk mengawasi setiap kelompok ketika membuat prototype produk dalam setiap tahapan pembuatan dan apabila ada kelompok yang mengalami kendala kami sebisa mungkin akan memberikan saran dan solusi terhadap permasalahan yang mereka temukan.

Pada hari kelima P5, peserta didik melaksanakan kegiatan Market Day yang bertujuan untuk memasarkan produk inoasinya kepada seluruh warga sekolah yang berlokasi di sekitar aula SMA Negeri 2 Pare. Dalam kegiatan Market Day ini mereka menjual produk mereka dengan berbagai cara yang unik dan menarik sehingga warga sekolah pun juga ikut meramaikan kegiatan Market Day dengan membeli beberapa produk dari peserta didik kelas X. Peran mahasiswa disin yaitu sebagau pengawas agar kegiatan tersebut dapat berjalan dengan lancar. 

Selain itu, kami juga melakukan penilaian sikap, kreativitas, kemandirian dan gotong royong pada setiap peserta didik. Di hari yang sama pula kami juga membeli beberapa produk dari mereka sebagai bentuk apresiasi terhadap kerja keras mereka dalam membuat produk kewirausahaan. Dalam kegiatan ini juga dilaksanakan kuliah umum yang menghadirkan sosok pebisnis muda yang menginspirasi tentang manfaat berwirausaha sejak dini. Melalui kegiatan kuliah umum ini diharapkan jiwa kewirausahaan peserta didik akan meningkat.

Gambar 5. Market Day/dokpri
Gambar 5. Market Day/dokpri

Di hari terakhir pelaksanaan P5, peserta didik hanya melalukan presentasi laporan akhir kegiatan dengan didampingi oleh guru koordinator P5 dan tugas kami hanya memberikan saran dan evaluasi tentang pelaksanaan program P5 kewirausahaan. 

Berakhirnya kegiatan P5 tema kewirausahaan ini tentunya memberikan banyak sekali dampak positif baik bagi mahasiswa maupun peserta didik dimana melalui kegiatan P5 ini, kami dilatih untuk dapat mengenali lebih dalam karakter peserta didik untuk dapat mengkondisikan kelas dengan program yang baru saja dilaksanakan. Kami juga belajar banyak tentang kewirausahaan dimulai dari membuat planning usaha hingga bagaimana cara menarik konsumen agar terus konsisten dalam mengkonsumsi produk yang dipasarkan. Terakhir, kami juga belajar untuk menjadi probadi yang tidak pantang menyerah dan bertanggung jawab.

Dari program P5 tema kedua yang telah dilaksanakan, kami sangat berterima kasih kepada pihak sekolah dan peserta didik kelas X karena telah memberikan kami pengalaman baru dan belajar banyak hal lagi tentang kegiatan sekolah yang bukan hanya mengajar dikelas saja melainkan ikut berkontribusi dalam setiap kegiatan sekolah yang akan dilaksanakan kedepannya. Kami juga belajar banyak tentang bagaimana memahami karakter peserta didik yang pada setiap individu peserta didik memiliki karakter yang berbeda beda dan pemikiran yang berbeda-beda sehingga kami juga dihadapkan dalam sebuah kondisi untuk dapat menampung semua pemikiran peserta didik untuk dapat menuangkan ide meraka dalam sebuah produk yang akan mereka buat. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun