''PERAN MEDIA BARU DALAM PENYEBARAN HOAX DAN DAMPAKNYA PADA MASYARAKAT''
                                                                  Â
MAKALAH
Diajukan untuk Melengkapi Tugas Ke-2 Mata Kuliah Pengantar Ilmu Komunikasi R.06 Semester 1
                                                           Â
Oleh Kelompok:
Ananta Azzahra (233516516071)
Andhika Septiano 233516516112
Regitha Jasmine Putri 233516516108
Tengku Abdul Fattah Arrafi 233516516115
Aryo Bambang Nugroho 233516516087
Juandhika Irama 233516516085
Dosen Pengampu:
Bapak Th. Bambang Pamungkas, S.Sos., M.I.Kom.
PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS NASIONAL
JAKARTA 2023
BAB IÂ PENDAHULUAN
A.Latar Belakang
  Dalam era digital yang semakin maju, media baru seperti media sosial, situs berita online, dan platform berbagi video telah menjadi sumber utama informasi bagi masyarakat. Namun, bersamaan dengan kemajuan teknologi ini, penyebaran hoax atau disinformasi juga semakin meningkat. Hoax adalah informasi palsu yang disebarkan dengan tujuan menyesatkan atau memanipulasi masyarakat.
  Media baru memiliki peran penting dalam penyebaran hoax. Dengan akses yang mudah dan cepat ke informasi, siapa pun dapat dengan mudah membuat dan menyebarkan konten yang tidak terverifikasi secara akurat. Banyak oknum yang memanfaatkan media baru untuk menyebarkan informasi palsu dengan tujuan politik, komersial, atau bahkan hanya untuk menciptakan kekacauan.