Mohon tunggu...
Anandayu Gita
Anandayu Gita Mohon Tunggu... Lainnya - for information

semangat

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa dengan Metode "Make a Match" Pada Pelajaran Geografi Materi Mitigasi Bencana

16 Mei 2024   21:59 Diperbarui: 16 Mei 2024   22:09 76
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Pelajaran geografi memiliki peran penting dalam membekali siswa dengan pengetahuan tentang fenomena alam, termasuk bencana alam. Materi mitigasi bencana merupakan salah satu aspek penting dalam pembelajaran geografi, yang bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada siswa tentang cara-cara untuk mengurangi risiko dan dampak bencana alam. Namun, terkadang siswa merasa bosan dan tidak tertarik dengan materi pembelajaran yang bersifat teoritis. Oleh karena itu, diperlukan metode pembelajaran yang inovatif dan menarik untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam mempelajari materi mitigasi bencana.

Keaktifan siswa merupakan sebuah konsep yang kompleks dan multidimensi, dengan berbagai definisi dan interpretasi dari para ahli. Secara umum, keaktifan siswa diartikan sebagai keterlibatan aktif siswa dalam proses belajar mengajar, baik secara fisik, mental, intelektual, maupun emosional. Keaktifan siswa tidak hanya sebatas mengikuti kegiatan di kelas, tetapi juga meliputi keterlibatan dalam diskusi, pemecahan masalah, bertukar ide, serta memiliki rasa ingin tahu dan semangat belajar yang tinggi.

Keaktifan siswa dipengaruhi oleh berbagai faktor, baik internal maupun eksternal. Faktor internal dapat meliputi minat dan bakat, gaya belajar, keterampilan berpikir kritis, motivasi belajar, kepercayaan diri dan self-efficacy. Sedangkan faktor eksternal meliputi metode pembelajaran yang digunakan guru, suasana belajar di kelas, dukungan dari lingkungan sekitar, ketersediaan sarana prasarana belajar, maupun kebijakan sekolah yang terkait dengan pembelajaran.

Meningkatkan keaktifan siswa dalam belajar memiliki banyak manfaat, diantaranya yaitu dapat meningkatkan pemahaman dan penguasaan materi, mengembangkan keterampilan berpikir kritis, memperkuat karakter siswa, meningkatkan motivasi belajar, meningkatkan semangat belajar, meningkatkan prestasi belajar, dan dapat mempersiapkan siswa untuk menghadapi tantangan di masa depan.

Guru memiliki peran penting dalam meningkatkan keaktifan siswa dalam belajar. Beberapa strategi yang dapat diterapkan oleh guru yaitu dengan menggunakan metode pembelajaran yang variatif dan interaktif, memberikan kesempatan kepada siswa untuk belajar secara mandiri, menciptakan suasana belajar yang kondusif dan menyenangkan, memberikan penghargaan dan penguatan positif kepada siswa yang aktif, membangun komunikasi yang baik dengan siswa dan orang tua, mengembangkan budaya belajar yang positif di sekolah.

Keaktifan siswa merupakan kunci utama dalam mencapai pembelajaran yang efektif dan berkualitas. Dengan menerapkan berbagai strategi dan menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, guru dapat membantu siswa untuk menjadi pembelajar yang mandiri, aktif, dan berprestasi. Penting untuk diingat bahwa keaktifan siswa tidak hanya tentang mengikuti instruksi guru, tetapi juga tentang mengambil inisiatif dan tanggung jawab atas pembelajaran mereka sendiri. Dengan mendorong siswa untuk menjadi pembelajar yang aktif dan mandiri, guru dapat membantu mereka untuk mencapai potensi penuh mereka dan menjadi individu yang sukses di masa depan.

Metode Make a Match adalah salah satu strategi pembelajaran kooperatif yang melibatkan siswa secara aktif dalam mencari pasangan kartu yang berisi informasi terkait. Kartu tersebut dapat berisi pertanyaan dan jawaban, konsep dan definisi, masalah dan solusi, atau hal-hal lain yang berkaitan dengan materi pembelajaran. Melalui kegiatan mencari pasangan kartu, siswa didorong untuk berinteraksi, berdiskusi, dan saling membantu dalam memahami materi pelajaran.

Keunggulan Metode Make a Match ini dapat meningkatkan keaktifan siswa, dimana siswa akan terlibat aktif dalam mencari pasangan kartu dan berinteraksi dengan teman sebaya. Munculnya diskusi juga menimbulkan kolaborasi antar siswa sehingga membantu mereka untuk memahami materi secara lebih mendalam. Disini siswa juga belajar untuk bekerja sama, berkomunikasi, dan saling membantu dalam mencapai tujuan bersama. Metode Make A Match juga dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan interaktif. Disamping kelebihannya, metode Make A Match juga memiliki kekurangan, diantaranya yaitu membutuhkan pengarahan guru dalam melaksanakan pelajaran, guru harus mempersiapkan peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan. Jika murid di kelas banyak (>30 siswa/kelas), apabila kurang tepat maka akan menimbulkan keramaian dan dapat mengganggu ketenangan belajar kelas lain.

HASIL DAN PEMBAHASAN

Metode Make a Match memiliki beberapa kelebihan dalam pembelajaran mitigasi bencana, yaitu dapat meningkatkan keaktifan siswa. Siswa terlibat aktif dalam mencari pasangan kartu dan berinteraksi dengan teman sebayanya, hal ini dapat membangun kerja sama tim, siswa belajar untuk bekerja sama, berkomunikasi, dan saling membantu dalam mencapai tujuan bersama. Metode ini dapat memperkuat pemahaman materi tentang mitigasi bencana secara lebih mendalam. Selain itu juga dapat mengembangkan keterampilan berpikir kritis, secara tidak langsung siswa diminta menganalisis informasi pada kartu dan menghubungkan konsep-konsep mitigasi bencana. Disamping tujuannya untuk meningkatkan keaktifan siswa, Make a Match juga dapat menciptakan suasana belajar yang lebih menyenangkan, tidak membosankan dan lebih interaktif.

Berikut sintaks/langkah-langkah dalam menerapkan metode Make a Match:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun