Mohon tunggu...
Ananda Rizki Akbar
Ananda Rizki Akbar Mohon Tunggu... Mahasiswa - Unisversitas Islam Negeri Walisongo Semarang

saya adalah mahasiswa Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, program studi Perbankan Syariah dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Hobbi saya ada berolahraga, bermain game, bermain gitar

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Perjalanan dan Sejarah Berdirinya Tokopedia hingga Menjadi Perusahaan E-Commerce Jual-Beli Terbesar di Indonesia

11 Juni 2024   23:08 Diperbarui: 11 Juni 2024   23:25 593
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
https://www.tokopedia.com/blog/gubernur-jawa-tengah-resmikan-tokopedia-care-semarang/?utm_source=google&utm_medium=organic

PENDAHULUAN

Tokopedia merupakan sebuah perusahaan e-commerce yang telah menjadi salah satu perdagangan jual beli online terbesar di Indonesia, memiliki sejarah yang Panjang dan penuh perjuangan. Berawal dari William Tanuwijaya, seorang pendiri Tokopedia yang didalamnya memiliki fasilitas mengelola toko dan membuka toko online sendiri dengan mudah dan tentunya gratis. Tokopedia sudah mengalami perjalanan yang panjang dan penuh dengan tantangan.

Dalam artikel ini, penulis akan membahas perjalanan Tokopedia dari awal terbentuknya usaha sampai menjadi salah satu perusahaan e-commerce terbaik di Indonesia. William Tanuwijaya, merupakan pendiri sekaligus pemilik Tokopedia, seorang yang memiliki visi besar, berjuang keras dalam membangun bisnisnya dan dapat menghadapi masalah setiap perjalanannya. Dalam pembahasannya, penulis akan menulis mengenai profil dan alamat perusahaan, sejarah berdirinya perusahaan, perjalanan merintisnya perusahaan hingga menjadi perusahaan besar, produk, kekayaan perusahaan dan foto-foto dokumentasinya.

Dengan demikian, artikel ini akan memberikan gambaran yang lebih jelas tentang Sejarah Tokopedia dan bagaimana perusahaan ini telah menjadi bagian bisnis jual-beli di Indonesia.

PROFIL PERUSAHAAN

Profil perusahaan Tokopedia:

  • Nama Perusahaan : PT. Tokopedia
  • Tipe Perusahaan : Perdagangan elektronik
  • Bersifat komersial : Iya
  • Pendaftaran : Bisa untuk jual atau beli
  • Bahasa : Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris
  • Pemilik : GoTo (25%) dan Tiktok (75%)
  • Pembuat : William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison
  • Didirikan : 17 Agustus 2009
  • Negara : Indonesia

SEJARAH DAN PROFIL PERUSAHAAN

Tokopedia.com merupakan banyak dari perusahaan marketplace jual-beli terbesar di Indonesia. Setelah melalui berbagai macam proses menjadi perusahaan, perkembangan PT. Tokopedia dinilai signifikan dalam perkembangannya. Tokopedia membangun tokonya menggunakan model marketplace dan mall online bisa dimiliki setiap individu, brand, dan toko bisa mengelola dan memiliki toko online sendiri.

Tokopedia didirikan pada tahun 2009 dan mendapatkan modal awal dari PT. Indonesia Dwitama. Dalam beberapa tahun berikutnya, perusahaan ini menerima investasi dari berbagai investor ventura global, seperti East Ventures (2010), Cyberagent Ventures (2011), Net Price (2012), dan Softbank Ventures Korea (2013). Pada tahun 2014, Tokopedia menerima investasi sebesar $100 juta atau sekitar Rp 1,2 triliun dari Sequoia Capital dan Softbank Internet and Media Inc (SIMI), menjadikannya perusahaan pertama di Asia Tenggara yang menerima investasi dalam jumlah besar. Pada tahun 2017, Alibaba, sebuah perusahaan e-commerce asal China, berinvestasi sebesar $1,1 miliar pada Tokopedia. Berbagai investasi ini telah membantu Tokopedia tumbuh menjadi perusahaan yang semakin besar dan berkembang.

Tokopedia didirikan pada 6 Februari 2009 oleh William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison, dan diresmikan secara publik pada 17 Agustus 2009. Hingga saat ini, Tokopedia tetap menjadi salah satu marketplace terfavorit di kalangan masyarakat Indonesia. Keberhasilan Tokopedia telah membuatnya menjadi salah satu unicorn di Indonesia dan Asia Tenggara.

Pada tahun 2019, Tokopedia menjalin kerjasama dengan grup BTS, yang mendapat antusias tinggi dari para penggemar BTS dan masyarakat umum. Sebelumnya, Tokopedia juga pernah bekerjasama dengan public figure tanah air, seperti Chelsea Islan dan Isyana Sarasvati pada tahun 2014 dan 2015. Pada tahun 2021, Tokopedia resmi melakukan merger dengan Gojek, membentuk perusahaan baru bernama GoTo (Gojek Tokopedia).

PRODUK TERLARIS YANG PERNAH DIJUAL PERUSAHAAN

Produk terlaris yang pernah dijual di Tokopedia meliputi berbagai kategori, seperti:

  • Makanan dan Minuman, meliputi air mineral, seafood, beras, makanan freezer, daun-daun masakan, bumbu dan resep masak, dan bahan makan siap saji
  • Mainan, meliputi mainan lato-lato yang mengalami peningkatan penjualan hampir 57 kali lipat
  • Perlengkapan Pesta dan Kerajinan Tangan, meliputi perayaan kertas ulang tahun atau konfeti, alat dan perlengkapan jahit, goodie bag, oleh-oleh dan mernak mernik
  • Perlengkapan Elektronik, meliputi diecast mobil dan aksesoris nail art
  • Olahraga, meliputi tas tenis meja
  • Kesehatan dan Kecantikan, meliputi aksesoris nail art
  • Groceries, meliputi makanan dan minuman, kesehatan, serta perawatan tubuh
  • Perlengkapan Kebersihan, meliputi jas hujan
  • Produk Digital, meliputi pajak daerah, e-invoicing dan internet TV
  • Hampers
  • Kebaya Pengantin
  • Motor Listrik
  • Tahhu Sutra

ASET PERUSAHAAN

Tokopedia mempunyai beberapa asset, diantaranya :

  • Goodwill: Tokopedia memiliki goodwill sebesar Rp. 90 triliun
  • Reksa Dana Pendapatan Tetap (RDPT): Tokopedia membuat RDPT yang merupakan wadah untuk berinvestasi untuk mengalokasikan minimum 80& dana untuk obligasi. RDPT memiliki resiko yang tergolong rendah ke sedang dan cocok di rekomendasikan untuk investor dengan tujuan jangka pendek dan menengah.
  • Tokopedia Tower: sebuah Gedung yang memiliki fungsi sebagai pusat pengembangan AI dan tekhnologi deeplearning dari NVIDIA
  • Mitra Tokopedia: lebih dari 6.000 mitra dan mencakup lebih dari 99% kecamatan berbagai penjuru Indonesia
  • Gedung Pintar: memiliki sebuah Gedung pintar dari Tokopedia yang dapat membantu pelaku usaha di Indonesia mendapat pesanan lebih mudah dan efisien, dan membantu pemerataan ekonomi secara digital
  • Data dan Perlindungan: Tokopedia memiliki sistem keamanan dan perlindungan data yang kuat sehingga mitra yang bekerjasama mendapat keamanan dari penggunaan aplikasi
  • Produk Digital: Tokopedia memiliki beberapa produk digital seperti aplikasi Toko Salam, Tokopedia Play, iOs dan lain-lain yang memungkinkan dapat membantu masyarakat dalam meningkatkan kemampuan digital masyarakat Indonesia.
  • Layanan Keuangan: Tokopedia menawarkan berbagai layanan keuangan, salah satunya pinjaman, tagihan, dan rekening, dan juga bekerjasama dengan lembaga perbankan
  • Logistik dan Fulfillment: Tokopedia menyediakan sistem logistic dan fulfilment yang dapat membantu penjual dapat memenuhi pesanan lebih cepat dan efisien, dan juga dapat mencapai misi pemerataan ekonomi secara digitaL

DOKUMENTASI PERUSAHAAN

https://www.tokopedia.com/blog/gubernur-jawa-tengah-resmikan-tokopedia-care-semarang/?utm_source=google&utm_medium=organic
https://www.tokopedia.com/blog/gubernur-jawa-tengah-resmikan-tokopedia-care-semarang/?utm_source=google&utm_medium=organic

https://youngster.id/headline/akan-dibuka-pusat-perkantoran-e-commerce-di-tokopedia-tower/ 
https://youngster.id/headline/akan-dibuka-pusat-perkantoran-e-commerce-di-tokopedia-tower/ 

DAFTAR PUSTAKA

https://assets.tokopedia.net/asts/communications/Company-Fact-Sheet-%28INA%29.pdf

https://id.wikipedia.org/wiki/Tokopedia

https://bisnis.solopos.com/catat-ini-daftar-produk-di-tokopedia-yang-paling-dicari-di-seluruh-indonesia-1758686

https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/8334/3/BAB%20II%20Kemara%20Salma%20Laila%20-%2014020217130059%20-%20Administrasi%20Bisnis.pdf

https://id.wikipedia.org/wiki/Tokopedia

https://www.cnbcindonesia.com/market/20240320122404-17-523614/simak-ini-alasan-goodwill-tokopedia-bikin-goto-rugi-rp-90-triliun

https://www.itworks.id/64827/ini-daftar-produk-terlaris-di-tokopedia-sepanjang-2023.html

https://www.liputan6.com/tekno/read/5492672/tokopedia-ungkap-deretan-produk-terlaris-sepanjang-2023-ada-yang-catat-kenaikan-3-kali-lipat

https://www.tokopedia.com/blog/tokopedia-luncurkan-reksa-dana-pendapatan-tetap-rls/

https://www.tokopedia.com/blog/tokopedia-ungkap-tren-produk-terlaris-di-pergantian-tahun-2022-2023-penjualan-mainan-lato-lato-naik-57-kali-lipat-rls/

Artikel ini Dibuat Untuk Memenuhi Tugas Kewirausahaan Prodi Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang

Oleh :

Nama  : Ananda Rizki Akbar

NIM    : 2105036058

Kelas   : PBAS B6

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun