6 Hal yang Perlu Anda Ketahui dalam Memilih Jasa Pembuatan Website
Pembuatan website dapat menjadi salah satu pilar utama kesuksesan bisnis. Apabila Anda punya waktu, cobalah lihat di sekeliling Anda. Perusahaan-perusahaan besar pasti memiliki website yang baik, bukan? Bahkan, kualitas suatu website turut menentukan kredibilitas suatu perusahaan pada saat ini. Kami yakin Anda pasti ingin memiliki website yang baik, dari segi struktur maupun tampilannya. Bagi Anda yang tidak (belum) bisa membuat website sendiri, tenang saja, saat ini mudah ditemui penyedia jasa pembuatan website, mulai dari mahasiswa IT berbekal tutorial dari internet hingga perusahaan pembuat website korporat berskala internasional. Tak jarang, karena tidak hati-hati memilih, klien lantas kecewa karena setelah selesai dibuat, website tersebut tidak sesuai dengan keinginan klien. Kemungkinan terburuk, klien kecewa karena tidak sesuai dengan permintaan dan website-nya sendiri tidak menampilkan informasi yang sesuai. Tentu Anda tidak ingin hal ini terjadi, bukan?
Dengan Pertimbangan Yang Matang, Kesalahan Dalam Memilih Perusahaan Pembuat Website Tidak Perlu Terjadi.
Pilihan memang ada di tangan Anda sepenuhnya. Oleh karena itu, kami hadirkan 6 pertimbangan utama dalam memilih jasa pembuatan website untuk bisnis Anda, yang dapat membantu Anda menemukan layanan pembuatan web yang tepat bagi perusahaan Anda.
1. Jangan Asal Murah.
“Boleh murah, tapi kualitas nggak boleh asal-asalan.
Bukan berarti sesuatu yang murah selalu buruk. Ada juga kok jasa bikin website yang murah tapi berkualitas – setidaknya setara antara kualitas dan harga yang perlu Anda bayarkan. Apabila budget Anda untuk memiliki website sangat terbatas, sebagai alternatif Anda juga dapat membicarakan hal ini dengan si pembuat. Bukan tidak mungkin Anda malah dapat potongan harga, lho!
2. Janji Manis? Coba Lihat Track Record Perusahaan.
Ketika mempromosikan layanan mereka, perusahaan penyedia website seringkali membisikkan janji manis keuntungan yang akan didapatkan pelanggan kalau menggunakan layanan mereka. Pertanyaannya, sekarang, apa benar seperti itu?
“Track record turut menentukan kualitas layanan suatu perusahaan.
3. Kemampuan Mendengar & Menganalisa Kebutuhan Anda.
4. Anda Membutuhkan Layanan Purna-jual yang Baik.
“Layanan purna-jual yang baik merupakan ujung tombak kesuksesan hubungan perusahaan dengan pelanggan.
Faktor ini juga berperan dalam membangun rasa percaya pelanggan terhadap vendor pembuat website. Semakin tinggi tingkat kepercayaan pelanggan terhadap suatu perusahaan pembuat website, biasanya jumlah pelanggan akan semakin banyak, begitu pula dengan review positif yang didapatkan. Mempercayakan website Anda pada perusahaan dengan layanan purna-jual yang baik dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak di malam hari – terutama ketika mengalami kerusakan. Suatu website itu memiliki banyak fungsi dan aspek yang kompleks, lho, jadi adanya tim spesialis website yang dapat diandalkan jelas akan meringankan pekerjaan Anda.
5. Apakah Mungkin Saya Mengedit Website Saya Sendiri?
“Website yang baik membutuhkan update berkala agar tetap informatif.
Update merupakan aspek yang sangat penting dalam suatu website. Adalah suatu kerugian apabila Anda tidak dapat mengubah konten website Anda sendiri. Akan sangat merepotkan kalau untuk update saja harus menghubungi perusahaan penyedia website, apalagi kalau dikenai biaya tambahan. Rata-rata perusahaan penyedia layanan website di Indonesia memberikan fitur ini kepada pelanggan, namun banyak di antara mereka yang tidak memberikan tutorial yang memadai. Ada juga penyedia jasa pembuatan website yang memberikan akses ke editor lengkap dengan tutorial; namun interface yang dimilikinya terlalu rumit. Hasilnya sama saja, pelanggan kesulitan mengubah konten website sehingga informasi yang ditampilkan kurang up-to-date. Oleh karena itu, pilihlah perusahaan jasa pembuatan website yang dilengkapi dengan editor yang user-friendly, yang memudahkan Anda mengubah informasi pada website Anda dengan mudah dan cepat.
6. Tujuan Utama Membuat Website.
“Arah & tujuan diperlukan agar website Anda tidak ‘salah jalan’.
Informasi seperti ini penting untuk disampaikan kepada pihak pengembang agar Anda benar-benar bisa mendapatkan website yang Anda inginkan & butuhkan. Dua hal ini – tujuan untuk membuat website dan kemampuan memahami kebutuhan Anda – merupakan faktor utama kesuksesan pembuatan sebuah website. Menghubungi pihak pengembang website merupakan awal dari solusi untuk kebutuhan website Anda. Di sisi lain, untuk mendapatkan solusi terbaik, diperlukan upaya untuk mencari akar permasalahan terlebih dahulu. Hal ini diperlukan untuk mengerti tujuan utama pembuatan suatu website. Selanjutnya, inilah alasan mengapa kami ada, untuk memberikan solusi pembuatan web yang tepat bagi Anda. Membangun website yang baik diperlukan perencanaan matang. Oleh karena itu, pertimbangkan masak-masak proses pengerjaan website Anda dan segala aspek di dalamnya. Semoga artikel 6 Hal yang Perlu Anda Ketahui dalam Memilih Jasa Pembuatan Website untuk Bisnis Anda ini dapat membantu Anda meraih kesuksesan bisnis di internet. Sampai berjumpa di lain kesempatan.
Tahukah Anda?
Google Dapat Menghukum Anda Jika Anda Tidak Memiliki Website yang Mobile Friendly.
Ya benar, dan ada alasan untuk itu. Google melihat bahwa Anda tidak lagi memerlukan komputer untuk berselancar di Internet. Namun begitu, masih sangat banyak website yang masih menggunakan struktur konten, gambar, dan navigasi yang tidak bekerja dengan baik pada perangkat mobile. Tampilan website pada layar perangkat mobile kebanyakan masih dengan user experience yang sangat tidak memuaskan. Pendapat ini tentunya diperkuat dengan data yang ditemukan oleh Google melalui hasil riset mereka. 74% pengguna mobile cenderung untuk berkunjung kembali jika website mobile friendly. 67% pengguna kemungkinan besar akan membeli jika website mobile friendly, namun sebaliknya 61% pengguna akan meninggalkan website yang tidak mobile friendly (Survei Google, 2012). Mengapa ini penting bagi Google? Karena jika website tertentu tidak mobile friendly, Google akan menyadari hal itu dan kecil kemungkinannya untuk ditampilkan sebagai hasil pencarian. Itu masuk akal, karena Google tidak akan melakukan tugasnya jika setengah hasil pencarian yang ditampilkan tidak berguna untuk pengguna perangkat mobile. Tujuan Google adalah untuk meningkatkan lalu lintas pencarian, termasuk lalu lintas pencarian mobile, dan Anda dapat memanfaatkan hal ini membantu hasil pencarian organik website Anda di mesin pencari Google.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H