Mohon tunggu...
Ananda Perwira
Ananda Perwira Mohon Tunggu... profesional -

do great things at niagaweb.co.id

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

6 Hal Penting Dalam Memilih Jasa Pembuatan Website

16 Desember 2014   18:22 Diperbarui: 17 Juni 2015   15:12 134
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

6 Hal yang Perlu Anda Ketahui dalam Memilih Jasa Pembuatan Website

Pembuatan website dapat menjadi salah satu pilar utama kesuksesan bisnis. Apabila Anda punya waktu, cobalah lihat di sekeliling Anda. Perusahaan-perusahaan besar pasti memiliki website yang baik, bukan? Bahkan, kualitas suatu website turut menentukan kredibilitas suatu perusahaan pada saat ini. Kami yakin Anda pasti ingin memiliki website yang baik, dari segi struktur maupun tampilannya. Bagi Anda yang tidak (belum) bisa membuat website sendiri, tenang saja, saat ini mudah ditemui penyedia jasa pembuatan website, mulai dari mahasiswa IT berbekal tutorial dari internet hingga perusahaan pembuat website korporat berskala internasional. Tak jarang, karena tidak hati-hati memilih, klien lantas kecewa karena setelah selesai dibuat, website tersebut tidak sesuai dengan keinginan klien. Kemungkinan terburuk, klien kecewa karena tidak sesuai dengan permintaan dan website-nya sendiri tidak menampilkan informasi yang sesuai. Tentu Anda tidak ingin hal ini terjadi, bukan?

Dengan Pertimbangan Yang Matang, Kesalahan Dalam Memilih Perusahaan Pembuat Website Tidak Perlu Terjadi.

Pilihan memang ada di tangan Anda sepenuhnya. Oleh karena itu, kami hadirkan 6 pertimbangan utama dalam memilih jasa pembuatan website untuk bisnis Anda, yang dapat membantu Anda menemukan layanan pembuatan web yang tepat bagi perusahaan Anda.

1. Jangan Asal Murah.

Saat ini terdapat banyak sekali perusahaan/perorangan yang menawarkan jasa pembuatan website di internet. Banyak di antara mereka bahkan menawarkan harga yang sangat murah, hingga dalam taraf yang tidak masuk akal. Melihat sesuatu yang murah, jauh lebih murah dari harga layanan yang serupa di pasaran, tentu saja menggiurkan. Ini sama seperti ketika Anda melihat barang diskon di pusat perbelanjaan. Banyak pengunjung yang terlanjur membeli karena terjebak promo harga seperti ini. Padahal, setelah sampai rumah, mereka tidak begitu membutuhkan barang tersebut. Ujung-ujungnya, Anda malah rugi sendiri. Belum lagi kekecewaan yang datang belakangan karena barang yang Anda beli tidak sesuai dengan keinginan.

“Boleh murah, tapi kualitas nggak boleh asal-asalan.

Bukan berarti sesuatu yang murah selalu buruk. Ada juga kok jasa bikin website yang murah tapi berkualitas – setidaknya setara antara kualitas dan harga yang perlu Anda bayarkan. Apabila budget Anda untuk memiliki website sangat terbatas, sebagai alternatif Anda juga dapat membicarakan hal ini dengan si pembuat. Bukan tidak mungkin Anda malah dapat potongan harga, lho!

2. Janji Manis? Coba Lihat Track Record Perusahaan.

Ketika mempromosikan layanan mereka, perusahaan penyedia website seringkali membisikkan janji manis keuntungan yang akan didapatkan pelanggan kalau menggunakan layanan mereka. Pertanyaannya, sekarang, apa benar seperti itu?

“Track record turut menentukan kualitas layanan suatu perusahaan.

Informasi mengenai suatu perusahaan penyedia website ternama cenderung lebih mudah dicari di internet. Dari situ, Anda bisa mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai siapa klien mereka sebelumnya, bagaimana kualitas website-nya, dan yang paling penting: portofolio mereka. Hal ini tentu penting, karena Anda tidak akan memutuskan membeli kalau belum melihat contoh website mereka terlebih dahulu, bukan? Jangan lupa untuk melihat fitur apa yang akan Anda dapatkan apabila menggunakan layanan mereka. Apakah, misalnya, website Anda akan mudah diakses? Karena rasanya percuma saja punya website kalau sulit diakses. Kemudian, apakah website Anda sudah mobile-friendly? Hal ini juga penting, mengingat banyak pengguna internet di Indonesia dewasa ini mengakses internet dengan perangkat mobile. Kemudian coba cari informasi lebih lanjut, terutama dari klien sebelumnya, apakah janji manis itu sesuai dengan realisasi atau tidak. Setelah dapat informasinya, pilih perusahaan penyedia layanan website yang jelas terpercaya kualitas dan pelayanannya, jangan hanya terpaku pada janji manis semata dan berharap bahwa everything’s okay. Pelanggan memiliki hak untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai perusahaan yang akan bekerjasama dengan mereka.

3. Kemampuan Mendengar & Menganalisa Kebutuhan Anda.

Poin ini terdengar sederhana, memang, namun banyak perusahaan tidak menerapkan hal ini dengan baik. Mengapa? Karena mereka cenderung ‘memaksakan’ website buatan mereka padahal pelanggan tidak terlalu membutuhkannya. Dengan mendengar dan menganalisa kebutuhan Anda, suatu perusahaan pengembangan website idealnya mampu membuat website yang sesuai dengan permintaan pelanggan. Mereka tidak akan terburu-buru menyelesaikan proyek, melainkan memberikan perhatian lebih pada tiap aspek website Anda. Hal ini tentu saja berkaitan dengan tujuan Anda dalam membuat website, yang dalam jangka panjang juga dapat berpengaruh pada kesuksesan bisnis.

4. Anda Membutuhkan Layanan Purna-jual yang Baik.

Layanan purna-jual yang baik merupakan salah satu faktor utama dalam menjalin hubungan baik antara klien dan vendor pembuat website. Banyak perusahaan mengabaikan kualitas layanan purna-jual meskipun tahu bahwa hal ini dapat berdampak pada citra suatu brand. Layanan ini mencakup layanan support yang mereka miliki – mudah dihubungi ketika ada permasalahan atau tidak, bagaimana solusi yang mereka tawarkan ketika terjadi permasalahan, hingga tingkat keramahan petugas customer service.

“Layanan purna-jual yang baik merupakan ujung tombak kesuksesan hubungan perusahaan dengan pelanggan.

Faktor ini juga berperan dalam membangun rasa percaya pelanggan terhadap vendor pembuat website. Semakin tinggi tingkat kepercayaan pelanggan terhadap suatu perusahaan pembuat website, biasanya jumlah pelanggan akan semakin banyak, begitu pula dengan review positif yang didapatkan. Mempercayakan website Anda pada perusahaan dengan layanan purna-jual yang baik dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak di malam hari – terutama ketika mengalami kerusakan. Suatu website itu memiliki banyak fungsi dan aspek yang kompleks, lho, jadi adanya tim spesialis website yang dapat diandalkan jelas akan meringankan pekerjaan Anda.

5. Apakah Mungkin Saya Mengedit Website Saya Sendiri?

Setelah memiliki website, Anda juga perlu memastikan apakah website Anda ini bisa di-edit sendiri di kemudian hari atau tidak. Mengapa?

“Website yang baik membutuhkan update berkala agar tetap informatif.

Update merupakan aspek yang sangat penting dalam suatu website. Adalah suatu kerugian apabila Anda tidak dapat mengubah konten website Anda sendiri. Akan sangat merepotkan kalau untuk update saja harus menghubungi perusahaan penyedia website, apalagi kalau dikenai biaya tambahan. Rata-rata perusahaan penyedia layanan website di Indonesia memberikan fitur ini kepada pelanggan, namun banyak di antara mereka yang tidak memberikan tutorial yang memadai. Ada juga penyedia jasa pembuatan website yang memberikan akses ke editor lengkap dengan tutorial; namun interface yang dimilikinya terlalu rumit. Hasilnya sama saja, pelanggan kesulitan mengubah konten website sehingga informasi yang ditampilkan kurang up-to-date. Oleh karena itu, pilihlah perusahaan jasa pembuatan website yang dilengkapi dengan editor yang user-friendly, yang memudahkan Anda mengubah informasi pada website Anda dengan mudah dan cepat.

6. Tujuan Utama Membuat Website.

Sebelum memutuskan untuk menggunakan jasa si pembuat website, pastikan terlebih dahulu tujuan utama Anda dalam membuat website. Apabila Anda belum memiliki bayangan mengenai hal ini, buat gambaran secara kasar mengenai bagaimana website Anda nantinya. Tidak perlu terlalu teknis, serahkan hal tersebut pada pihak pengembang website. Setidaknya berilah gambaran pada si pengembang mengenai informasi dasar peruntukan website ini – apakah ingin berorientasi penjualan? Ataukah hanya sebatas untuk menampilkan company profile? Kemudian, beritahukan juga fitur apa yang ingin ditampilkan di website Anda dan (kalau memungkinkan) lengkap dengan bagaimana tampilan website yang Anda inginkan.

“Arah & tujuan diperlukan agar website Anda tidak ‘salah jalan’.

Informasi seperti ini penting untuk disampaikan kepada pihak pengembang agar Anda benar-benar bisa mendapatkan website yang Anda inginkan & butuhkan. Dua hal ini – tujuan untuk membuat website dan kemampuan memahami kebutuhan Anda – merupakan faktor utama kesuksesan pembuatan sebuah website. Menghubungi pihak pengembang website merupakan awal dari solusi untuk kebutuhan website Anda. Di sisi lain, untuk mendapatkan solusi terbaik, diperlukan upaya untuk mencari akar permasalahan terlebih dahulu. Hal ini diperlukan untuk mengerti tujuan utama pembuatan suatu website. Selanjutnya, inilah alasan mengapa kami ada, untuk memberikan solusi pembuatan web yang tepat bagi Anda. Membangun website yang baik diperlukan perencanaan matang. Oleh karena itu, pertimbangkan masak-masak proses pengerjaan website Anda dan segala aspek di dalamnya. Semoga artikel 6 Hal yang Perlu Anda Ketahui dalam Memilih Jasa Pembuatan Website untuk Bisnis Anda ini dapat membantu Anda meraih kesuksesan bisnis di internet. Sampai berjumpa di lain kesempatan.

Tahukah Anda?

Google Dapat Menghukum Anda Jika Anda Tidak Memiliki Website yang Mobile Friendly.

Ya benar, dan ada alasan untuk itu. Google melihat bahwa Anda tidak lagi memerlukan komputer untuk berselancar di Internet. Namun begitu, masih sangat banyak website yang masih menggunakan struktur konten, gambar, dan navigasi yang tidak bekerja dengan baik pada perangkat mobile. Tampilan website pada layar perangkat mobile kebanyakan masih dengan user experience yang sangat tidak memuaskan. Pendapat ini tentunya diperkuat dengan data yang ditemukan oleh Google melalui hasil riset mereka. 74% pengguna mobile cenderung untuk berkunjung kembali jika website mobile friendly. 67% pengguna kemungkinan besar akan membeli jika website mobile friendly, namun sebaliknya 61% pengguna akan meninggalkan website yang tidak mobile friendly (Survei Google, 2012). Mengapa ini penting bagi Google? Karena jika website tertentu tidak mobile friendly, Google akan menyadari hal itu dan kecil kemungkinannya untuk ditampilkan sebagai hasil pencarian. Itu masuk akal, karena Google tidak akan melakukan tugasnya jika setengah hasil pencarian yang ditampilkan tidak berguna untuk pengguna perangkat mobile. Tujuan Google adalah untuk meningkatkan lalu lintas pencarian, termasuk lalu lintas pencarian mobile, dan Anda dapat memanfaatkan hal ini membantu hasil pencarian organik website Anda di mesin pencari Google.

Disclaimer: Artikel ini disusun oleh saya dan tim ahli pengembangan website di Niagaweb berdasarkan sumber-sumber kompeten yang kami kumpulkan sebagai referensi. Artikel ini pertama kali diterbitkan di blog Niagaweb dan dapat diakses di: http://blog.niagaweb.co.id/6-hal-dalam-memilih-jasa-pembuatan-website/ Untuk versi PDF, bisa diunduh di: http://www.slideshare.net/niagaweb/6-hal-penting-dalam-memilih-jasa-pembuatan-website

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun