Mohon tunggu...
Ananda Perwira
Ananda Perwira Mohon Tunggu... profesional -

do great things at niagaweb.co.id

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Panduan SEO Meningkatkan Peringkat Website Anda di 2015

6 Januari 2015   01:37 Diperbarui: 17 Juni 2015   13:45 60
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Gambar cover ebook oleh Niagaweb Selamat tahun baru semuanya! Kali ini kita akan membahas tentang SEO untuk meningkatkan bisnis melalui website Anda. Adapun panduan SEO yang disajikan pada artikel ini dapat Anda baca selengkapnya pada ebook terbaru Niagaweb yang dapat Anda download melalui link yang tercantum pada akhir tulisan ini. Semoga bermanfaat.

Apa yang Perlu Anda Lakukan Untuk Website Anda di Tahun 2015?

Google saat ini lebih pintar daripada sebelumnya. Dulu, kita bisa menggunakan akal-akalan SEO untuk meraih peringkat atas. Tetapi sekarang hal tersebut tidak bisa lagi dilakukan karena Google lebih mementingkan user experience dan user engagement. Jadi, lupakanlah jurus akal-akalan yang dulu sering Anda gunakan untuk mengakali peringkat website Anda. Karena selain sia-sia, bukan tidak mungkin justru website Anda akan mendapatkan “hukuman” dari Google. Berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda lakukan untuk meningkatkan peringkat SEO website Anda di tahun 2015 ini.

1. Berikan Solusi yang Relevan pada Konten Anda

“Apa yang banyak dicari orang? SOLUSI yang relevan!”

Kebanyakan orang mencari informasi di internet karena mereka butuh mendapatkan solusi dari permasalahan yang mereka hadapi. Manfaatkan hal ini! Tulis artikel-artikel maupun konten-konten relevan yang memberikan jawaban atas permasalahan yang dihadapi oleh target pasar Anda.

2. Gunakan Alur dan Bahasa yang Natural

Bangun website untuk pengguna internet bukan untuk spider — Dave Naylor

Saat ini hal itu tidak lagi bisa digunakan karena Google semakin canggih. Google akan tahu mana situs-situs yang memang mengandung informasi yang bagus buat pengunjungnya atau hanya situs-situs yang penuh dengan konten “sampah”.

3. Perhatikan Struktur Konten Anda

Jangan abaikan struktur konten Anda. Atur header, paragraf, daftar, dan tabel dengan stuktur yang baik sehingga mesin pencari bisa mengerti apa sebenarnya target topik Anda. Sebuah website profesional  (www.niagaweb.co.id) memiliki struktur yang baik meliputi judul topik, bagian pendahuluan, dan kesimpulan yang dibuat dengan susunan paragraf dan tata letak yang baik.

Gambar bagan oleh Niagaweb. Lihat bagan selengkapnya pada ebook.

4. Riset Kata Kunci yang Terkait dengan Topik / Tema Konten Website Anda

Hal yang tidak boleh diabaikan begitu saja dalam optimasi SEO adalah riset kata kunci. Meskipun kata kunci saja tidak cukup kuat untuk membangun pondasi konten Anda. Semua hal yang berkaitan dengan SEO dimulai dari riset kata kunci yang baik.

5. Jarak Semantik dan Hubungan Antar Istilah

Berbicara tentang optimasi halaman, jarak semantik berkaitan dengan hubungan antara kata-kata dan frasa yang berbeda pada konten. Perbedaan ini termasuk jarak antar frasa, dan fokus pada bagaimana hubungan antar istilah di antara kalimat dalam paragraf maupun dalam elemen HTML lainnya. (Lihat selengkapnya bagaimana cara mengetahui dan mengukur jarak semantik konten website Anda pada ebook)

6. Manfaatkan Backlink

Ada tiga elemen yang efektif untuk SEO, yaitu: komunikatif, informasi yang berguna, dan backlink yang berkualitas — SEO Refugee

Gambar bagan oleh Niagaweb. Lihat bagan selengkapnya pada ebook.

7. Dapatkan Trafik dan Konversi dari Media Sosial

Gunakan media sosial untuk membantu SEO Anda. Bagi mesin pencari: likes, shares, tweets, google +1, dan lain-lain adalah tanda konten yang baik. Ketahui bagaimana cara memaksimalkan kampanye SEO Anda dengan memahami korelasi dan faktor peringkat SEO yang efektif di tahun 2015 ini. (Lihat pembahasan selengkapnya pada ebook)

Tahukah Anda? Teknik SEO Sangat Baik jika Dikombinasikan dengan Google Adwords

Mengapa Adwords?

  • Adwords memungkinkan website Anda ditampilkan di posisi teratas dengan segera tanpa perlu menunggu peringkat SEO website Anda.
  • Adwords membantu meneliti kata-kata kunci yang paling efektif untuk website Anda.
  • Adwords memastikan kata-kata kunci yang Anda pilih menghasilkan konversi penjualan yang baik.
  • Adwords membantu meneliti lokasi geografis pengguna (negara ataupun kota) yang paling banyak menghasilkan konversi penjualan untuk usaha Anda.
  • Dengan menentukan kampanye Adwords yang memiliki nilai konversi tertinggi, Anda dapat menentukan judul, meta description, dan konten website untuk mendapatkan CTR (Click Thru Rate) yang lebih baik dengan peringkat SEO Anda saat ini.

Google Adwords adalah layanan dari Google Inc. Teratasonline merupakan Google Partner dan bagian dari layanan Niagaweb. Disclaimer: Artikel ini adalah teaser dan ringkasan ebook yang saya dan tim Niagaweb susun dengan judul "Panduan SEO: Meningkatkan Peringkat Website Anda di 2015" yang dapat diunduh selengkapnya di: http://www.niagaweb.co.id/download/panduan-seo-meningkatkan-peringkat-website-di-2015

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun