Mohon tunggu...
Ananda Dwiky
Ananda Dwiky Mohon Tunggu... Mahasiswa - Collectibles Enthusiast

Apapun hobimu, itu adalah caramu mengekspresikan diri dan menemukan sisi terbaik dari dirimu.

Selanjutnya

Tutup

Hobby

Perbedaan Kelas Tamiya yang Wajib Kamu Ketahui Sebagai Pemula!

20 Januari 2025   12:13 Diperbarui: 23 Januari 2025   18:18 77
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Kalo lo baru saja memulai hobi balap Mini 4WD atau Tamiya, penting banget memahami berbagai kelas balapan yang ada. Selain ngebantu lo memilih kelas yang sesuai, ini juga akan memastikan pengalaman bermain lebih seru dan kompetitif. Berikut adalah penjelasan tentang beberapa kelas race Tamiya yang populer di Indonesia, mulia dari untuk pemula maupun racer yang sudah ulung:

1. Kelas STB (Standar Tamiya Box) Murni

Kelas STB, atau singkatan dari Standar Tamiya Box, adalah pilihan paling pas buat lo yang baru nyemplung ke dunia Mini 4WD. Aturannya simpel banget: nggak boleh ada modifikasi apapun di mobil lo, titik. Semua peserta wajib ngerakit mobil sesuai manual bawaan yang ada di kit. Jadi, nggak ada tuh urusan potong sasis atau utak-atik motor, tinggal baca panduan, rakit, dan gas!

Tapi tunggu dulu, meskipun nggak boleh modif bebas, lo masih boleh tukar part kok. Syaratnya? Part yang dipake harus dari kit lain dengan sasis yang sama. Contohnya nih, kalau lo pake AR chassis dari Aero Avante, lo boleh ambil roller atau velg dari kit AR lain kayak Cyclone Magnum. Intinya, selama part-nya masih "saudaraan" sama sasis lo, aman buat dipasang!

Tamiya STB AR Chassis (Sumber : Shopee.co.id)
Tamiya STB AR Chassis (Sumber : Shopee.co.id)

Tamiya STB VZ Chassis (Sumber: Bukalapak.com)
Tamiya STB VZ Chassis (Sumber: Bukalapak.com)

Yang bikin STB unik adalah kesederhanaannya. Lo cuma perlu beli kit Tamiya murni, rakit sesuai aturan, dan mobil lo langsung siap buat melibas trek balapan. Nggak ribet urusan modifikasi, dan pastinya lebih hemat di kantong. Kelas ini memang didesain buat para pemula supaya bisa ngerasain serunya balapan tanpa harus mikir terlalu jauh soal teknis yang njelimet.

Keunggulan lainnya, kelas ini bikin semua peserta punya peluang yang seimbang. Nggak peduli lo baru belajar atau udah sering main, selama rakitan lo rapi dan performanya terjaga, mobil lo tetap bisa jadi juara di lintasan. Jadi, selain fun, STB juga punya sisi kompetitif yang nggak kalah seru dari kelas lainnya. Kalau lo mau nostalgia dengan vibe Tamiya zaman dulu, atau pengen balapan seru tanpa ribet, kelas STB ini wajib banget lo coba. Yuk, rakit mobil lo dan buktikan siapa yang paling tangguh di trek!

2. Kelas STB Pro ( Stadar Tamiya Box Pro)

Nah, kalau di kelas STB (Standar Tamiya Box) semuanya serba standar banget, di STB Pro ini lo udah boleh mulai melakukan sedikit modifikasi buat ningkatin performa mobil. Tapi inget, ada batasannya, ya! Jadi nggak bebas total kayak kelas-kelas modifikasi lainnya.

Di kelas STB Pro, lo boleh:

  • Ganti rasio gear: Tapi harus sesuai sama guide bawaan dari Tamiya. Misalnya, kalau kit lo nyediain gear 3.5:1, lo nggak bisa tiba-tiba pakai rasio di luar itu.
  • Velg dan ban: Bisa diganti, selama ukurannya tetap wajar buat trek.
  • Roller: Nah, ini juga boleh diganti, tapi cuma dari sasis yang sama. Misalnya, lo pakai roller 13mm Scorpion yang bawaan Super-2, itu cuma boleh dipakai di sasis Super-2. Jadi, nggak ada cerita roller MA dipindahin ke Super-2 atau sebaliknya. Semua harus sesuai "keluarga" sasisnya.
  • Motor: Wajib pakai motor tipe standar, kayak SMC atau Mabuchi Motor. Tapi, ada satu aturan unik nih---lo harus melubangi bagian pelkap motor biar panitia bisa cek kondisi dalamnya. Ini untuk memastikan motor lo benar-benar standar dan nggak ada "racikan" ilegal

Tamiya STB Pro AR Chassis (Sumber : tokopedia.com)
Tamiya STB Pro AR Chassis (Sumber : tokopedia.com)

Tamiya STB Pro VS Chassis (Sumber : tokopedia.com)
Tamiya STB Pro VS Chassis (Sumber : tokopedia.com)

Kelas ini tetap mempertahankan esensi "standar", tapi ngasih kesempatan buat lo eksplorasi lebih dalam soal tuning mobil. Lo bisa eksperimen ganti gear atau roller buat nyesuaiin trek dan strategi balapan. Tapi karena batasannya jelas, level kompetisi di sini tetap adil, jadi nggak ada yang menang cuma karena modal besar.

STB Pro juga cocok buat lo yang mulai serius di dunia Mini 4WD dan pengen belajar aspek-aspek modifikasi dasar sebelum terjun ke kelas yang lebih bebas. Plus, dengan peraturan kayak gini, balapan di STB Pro tetap fun tapi juga menantang, karena lo harus pintar-pintar mikir strategi tanpa melanggar aturan.

Kalau lo pengen balapan yang lebih seru dari STB biasa tapi masih terkontrol, STB Pro ini jalan tengah yang pas banget. Yuk, cobain dan tunjukin kalau mobil lo nggak cuma kenceng, tapi juga sesuai aturan!

3. Kelas STCB (Standar Tamiya Cross Box)

Kalau di STB Pro modifikasi masih agak dibatasi, di STCB ini lo bisa lebih bebas berkreasi dengan mobil Tamiya lo. Tapi tetep, ya, ada aturan mainnya biar persaingan tetap seru dan adil.

Di kelas STCB, lo udah bisa:

  • Gunakan motor tipe Tune series, seperti Atomic Tune, Rev Tune, atau Torque Tune. Jadi, kebutuhan mobil lo bisa lebih disesuaikan sama kebutuhan trek.
  • Ganti part dari kit Tamiya lain: Aturan ini lebih fleksibel dibanding STB Pro. Kalau di STB Pro lo cuma boleh ambil part dari sasis yang sama, di STCB semua sasis bebas campur-campur! Misalnya, lo pake roller 13/12mm yang terkenal sebagai Naga Roller dari Dragon Series, boleh aja dipasang di sasis lain, kayak Super-2 atau MA. Ataupun roller tabung dari chassis FMA boleh lo pake di sasis lainnya
  • Ban dan velg: Lo bisa ganti part ini juga, tapi ban tipe low friction atau ban marun yang biasa dipakai di STB Pro nggak diperbolehkan di sini. Jadi, harus pakai ban yang lebih standar aja.

Tamiya STCB Super 2 Chassis (Sumber : tokopedia.com)
Tamiya STCB Super 2 Chassis (Sumber : tokopedia.com)

Tamiya STCB SFM Chassis (Sumber : Shopee.co.id)
Tamiya STCB SFM Chassis (Sumber : Shopee.co.id)

Kelas ini jadi jembatan buat lo yang pengen ngerasain modifikasi lebih lanjut tanpa batasan ketat seperti di STB Pro. Dengan fleksibilitas sasis dan part, kreativitas lo bener-bener diuji di sini. Mau nge-tune buat nambah speed atau bikin mobil lebih stabil di tikungan, lo punya lebih banyak opsi buat eksperimen.

Tapi meskipun modifikasi lebih bebas, peraturannya tetap menjaga esensi "standar". Jadi, lo tetap harus cermat dalam memilih kombinasi part biar nggak melanggar aturan dan tetap kompetitif di lintasan.

Buat lo yang udah nyaman di STB Pro tapi pengen naik level tanpa terlalu ekstrem, STCB ini pilihan tepat. Di sini, lo bisa makin explore skill ngerakit sambil tetap nikmatin serunya balapan yang intens dan penuh strategi.

4. Kelas Side Damper

DI kelas Side Damper (SD) ini salah satu kelas Mini 4WD yang lagi hype banget di komunitas selama beberapa dekade terakhir. Kelas ini tuh kayak "zona nyaman yang asik" buat lo yang udah lulus dari kelas pemula tapi belum mau ribet kayak di kelas expert. Bisa dibilang, ini kelas tengah-tengah yang pas banget buat kalian yang pengen explore modifikasi tapi masih pengen yang simple dan nggak bikin pusing.

Aturannya gimana? Santai, kok! Tapi tetap ada rules mainnya:

  • Modifikasi FRP
    Semua part yang kalian pake harus bisa langsung dipasang tanpa otak-atik ribet, terutama di kelas ini hari pake FRP, atau dulu kita nyebutnya bemper, damper samping, atau underguard? Gas, yang penting bisa langsung pasang tanpa harus motong . Contohnya, FRP depan belakang tinggal pasang aja dengan roller aluminium di depan dan belakang sama pasang pemberat di samping.
  • Body Aman & Kunci Rapat
  • Body mobil nggak boleh diacak-acak, ya. Misalnya dibolongin atau diganti yang aneh-aneh itu big no. Body juga wajib bisa dikunci rapat pake kancing standar. Jadi kalau body kalian copot-copot di tengah jalan, siap-siap didiskualifikasi, hehe.
  • Ban & Velg Fleksibel
  • Ban: Mulai dari yang soft sampai yang super hard kayak ban marun (low friction) semua bebas dipakai. Jadi tinggal pilih sesuai selera kalian aja.
  • Velg: Velg juga fleksibel. Mau pake yang standar atau yang lebih enteng kayak medium/lightweight? Silakan, bro!
  • Roller Sesuka Hati
    Bebas pake roller, entah itu plastik atau aluminium. Yang penting tetap fungsional dan nggak terlalu lebay. Kombinasi 19mm plastik di depan dan 13/12mm aluminium di belakang itu salah satu set up favorit.
  • As roda: Harus standar, ya. Jangan sampai bikin as yang nembus velg.
  • Dinamo: Hanya boleh pakai seri Junior kayak Atomic Tune, Rev Tune, atau Torque Tune. Ini buat jaga persaingan tetap adil, bro.Tapi sekarang regulasinya ada yang diubah sih , dinamo nya boleh pake seri Dash kayak Sprint Dash, Light Dash ataupun Power Dash

Side Damper AR Chassis (Sumber: shopee.co.id)
Side Damper AR Chassis (Sumber: shopee.co.id)

Side Damper AR Chassis (Sumber: tokopedia.com)
Side Damper AR Chassis (Sumber: tokopedia.com)

Jadi, kelas Side Damper ini tuh cocok banget buat kalian yang pengen lebih kreatif, tapi tetap santai dan nggak ribet kayak kelas expert. Aturannya simple, modifnya fun, performa tetap oke di trek. Cocok buat seru-seruan tapi tetap kompetitif. Cuma ya untuk part terutama FRP nya, kalian bakal keluar budget banyak sih wkwk

5. Kelas STO (Standar Tamiya Original)

Kalau lo suka tantangan modifikasi tanpa batas, kelas STO ini cocok banget!. Ini adalah kelas FFA (Free For All) alias bebas banget! Mau motong sasis, buang bumper depan-belakang, atau bikin custom modifikasi yang out of the box? Silakan, asal masih sesuai regulasi. Ini dia bocoran seru soal kelas STO:

  • Sasis: Bebas Potong-Potong!
  • Di STO, beda sama kelas Side Damper, sasis wajib dipotong. Bumper depan dan belakang harus dibuang, lalu diganti dengan FRP. Nah, FRP-nya ini boleh dikasih macam-macam, kayak suspensi, karet, atau apa pun biar makin fleksibel. Pokoknya, kreatifitas lo diuji di sini. Sasis apa aja boleh, tapi yang paling ngehits dipakai itu sasis MS. Selain itu, ada juga yang pakai Super-2, MA, atau Super FM, tinggal sesuaikan gaya modif setiap orang aja.
  • Roller Wajib Sesuai Regulasi
  • Roller-nya harus tetap sesuai ukuran yang diatur. Kalau 13mm ya 13mm, kalau 19mm ya 19mm. Nggak boleh ngarang, bro! Roller ini jadi salah satu kunci buat jaga fair play di trek.
  • Harus Lolos Dimension Checker
  • Modifikasi segila apa pun, panjang-lebar-tinggi mobil tetap harus bisa masuk dimension checker. Jadi jangan terlalu lebar atau terlalu panjang, ya! Tetap harus sesuai ukuran yang diatur.
  • Ground Clearance Minimal 1mm
  • Nah, ini juga penting. Ground clearance alias jarak antara mobil dan trek minimal harus 1mm. Kalau terlalu ceper sampai ngesot di trek, siap-siap nggak lolos inspeksi.
  • Dinamo Wajib Ori Tamya
  • Biar persaingan tetap adil, dinamo yang dipakai harus asli Tamiya. Jadi, nggak ada cerita pakai dinamo yang aneh-aneh dari luar, apalagi pake dinamo setan wkwkw. Tapi tenang aja sob, mobil kalo udah dijadiin STO larinya kenceng banget!. Cocok buat lo yang suka kenceng-kencengan tanpa takut sasisnya patah.

STO MS Chassis Suspension (Sumber : Shopee.co.id)
STO MS Chassis Suspension (Sumber : Shopee.co.id)

STO Super 2 (Sumber : Shopee.co.id)
STO Super 2 (Sumber : Shopee.co.id)

Di kelas ini, setiap builder punya gaya modifikasi masing-masing, memang sasis yang banyak dipake di kelas ini yaitu sasis MS. Tapi ada yang pakai sasis MA, potong sana-sini, terus tambahin bumper depan dan belakang dari FRP custom. Ada juga yang mix-match Super-2 atau Super FM, MA ataupun chassis lainnya biar lebih unik. Intinya, kelas STO ini penuh inovasi gila yang bikin mobil lo beda dari yang lain, tapi tetap sesuai regulasi.

6. Kelas STP (Standar Tamiya Plastik)

Kalau lo suka modifikasi simpel tapi tetap seru, kelas STP ini cocok banget buat lo!. Aturannya jelas dan nggak neko-neko, tapi tetap menantang. Apa aja sih yang bikin kelas ini beda? Nih, kita bahas:

  • Full Plastik, No Metal Allowed!
    Di STP, semua part yang kalian pakai wajib ori Tamiya dan berbahan plastik atau ABS. Mau dijadikan bumper depan, belakang, roller, damper, pemberat, atau aksesori lainnya, yang penting bahannya plastik. Jadi, nggak ada cerita pakai FRP, karbon, atau bahan metal di sini, ya.
  • Dinamo Maksimal Seri Tune
    Power itu penting, tapi di STP ada batasannya. Dinamo yang dipakai cuma boleh seri Tune, kayak Torque Tune, Rev Tune, atau Power Tune. Kalau lo nekad pakai seri Dash? No, no, langsung kena diskualifikasi, bro!
  • Boleh Bebas Modif, Asal Plastik
    Modifikasi di kelas ini tetap bebas kok, asal semuanya plastik. Mau roller dijadiin damper? Atau bikin bumper dari potongan plastik kit? Gaskeun aja! Kreativitas kalian diuji di sini, tapi tetap harus sesuai aturan.
  • Kompetisi yang Lebih Seru dan Seimbang
    Karena semua pakai bahan plastik dan dinamo yang setara, balapan di STP lebih terasa fair play. Skill modifikasi dan teknik setup jadi kunci utama buat menangin race di kelas ini.
  • Low Budget, High Fun
    Kelas STP ini juga cocok banget buat kalian yang pengen modif tapi nggak mau keluar biaya besar. Nggak perlu beli part mahal, cukup mainin part plastik ori Tamiya yang udah ada.

Tamiya STP Class( Sumber : Youtube @Ranu Ismawan)
Tamiya STP Class( Sumber : Youtube @Ranu Ismawan)

Tamiya STP Class (Sumber : Youtube @Red Tamiya)
Tamiya STP Class (Sumber : Youtube @Red Tamiya)

Di STP, tantangannya bukan cuma soal kecepatan, tapi juga gimana kalian bikin setup terbaik dengan bahan plastik. Sebenernya tujuan dibuat kelas ini bar orang orang yang pada main kelas Side Damper maupun STO pada manfaatin sisa-sisa part pelastiknya biar ga terbuang sia-sia.

Nah, itu dia guys, ulasan lengkap tentang kelas-kelas Tamiya yang pasti bikin lo makin ngerti dan semangat buat ngegas di setiap race. Dari yang STB Pro buat yang suka modif sedikit-sedikit, sampai yang lebih bebas di STO yang bisa potong-potong sasis sesuka hati, semua ada tempatnya. Nggak ketinggalan juga STP yang masih setia sama plastik ori Tamiya, tapi tetap bisa diutak-atik biar kece. Intinya, setiap kelas punya serunya sendiri, dengan aturan yang menantang, tapi tetap bisa bikin lo jadi lebih jago modifikasi dan ngebut. Jadi, nggak ada alasan lagi buat nggak ikut lomba Tamiya, kan?

Sumber Refrensi

Youtube : FnToys, Hobby Club

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun