Mohon tunggu...
Ananda Dwiky
Ananda Dwiky Mohon Tunggu... Mahasiswa - Collectibles Enthusiast

Hobby tidak mengenal waktu, apapun hobby kamu, kamu berhak bersenang-senang dengan hobby itu!

Selanjutnya

Tutup

Hobby

Bongkar Rahasia Chassis Keluaran baru Tamiya Mini 4WD, Lebih Stabil, Lebih Tangguh di Trek!

16 Januari 2025   19:38 Diperbarui: 17 Januari 2025   13:33 65
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Chassis Keluaran Baru Tamiya (Sumber:mini4wd.uk)

Siapa bilang balapan Mini 4WD cuma soal kecepatan? Di balik mobil Tamiya yang ngebut di trek, ada peran besar dari chassis modern yang dirancang dengan teknologi terkini. Nggak cuma lebih ringan, chassis modern juga dibuat lebih stabil dan tahan banting di berbagai medan balap. Penasaran gimana rahasia desain dan keunggulan chassis modern Tamiya yang bikin mobil makin gahar di lintasan? Yuk, kita bongkar satu per satu inovasinya di artikel ini!

1. Chassis Super 1

Super 1 Chassis (Sumber:tamiya.com)
Super 1 Chassis (Sumber:tamiya.com)

Super-1 Chassis tuh bisa dibilang upgrade keren dari Zero Chassis, bro! Walaupun masih pakai banyak part yang sama, desain rangkanya dirombak habis-habisan jadi makin gahar di lintasan.

Perubahan paling keliatan tuh di bumper depan yang sekarang lebih ceper, otomatis posisi roller juga turun. Efeknya? Mobil jadi lebih stabil pas ngebut di track! Nggak cuma itu, side-guard di rangkanya juga di-update. Udah dapet bawaan di kit-nya, dan lo bebas mau dipasang atau nggak, tinggal sesuaikan aja sama gaya balap lo.

Tapi nih ya, meskipun lebih kuat dari Zero Chassis, bagian bumper depan Super-1 masih agak ringkih. Jadi biar makin tahan banting, mending tambahin pelat FRP biar lebih kokoh. Oh iya, saklar terminalnya masih sama kayak di Zero Chassis, ringkih , dan rawan bikin mobil nyala sendiri. Jadi kudu hati-hati, bro!

Spesifikasi Chassis Super 1

  • Panjang: 131 mm
  • Lebar: 90 mm
  • Wheelbase: 80 mm
  • Ground Clearance: 6 mm (roda besar), 3 mm (High Profile Small Wheels)
  • Panjang Driveshaft: 60 mm
  • Gear Set: 5:1, 4.2:1, 4:1, 3.5:1
  • Roller Down Thrust Angle: 8
  • Terminal Type: Zero-type, Super 1 Type
  • Berat: 111 g (dengan baterai), 61 g (tanpa baterai)

Kit yang diproduksi dari chassis ini pastinya dari seri Lets and Go. Seperti Magnum Saber, Sonic Saber, dll

2. Super FM Chassis 

Super FM Chassis (Sumber:tamiya.com)
Super FM Chassis (Sumber:tamiya.com)

Super-FM Chassis tuh lanjutan dari Super-1 Chassis, tapi udah bawa konsep Front Motor (FM) yang lebih kekinian. Mirip kayak Super-1, Bumper depannya juga tetep ramping dan aerodinamis, bawa aura ngebut banget. Yang bikin Super-FM beda dari yang lain, dia jadi chassis pertama yang udah langsung dapet penyangga belakang dari pabriknya. Biasanya sih, part itu kudu beli terpisah, tapi di sini udah all-in, bro!. Tapi ya, sayangnya upgrade di Super-FM ini nggak terlalu wah. Sistem propeller shaft sama crown gear masih pake desain lama kayak di FM Chassis, jadi tenaga suka bocor pas balapan. Alhasil, performanya nggak jauh beda dari generasi sebelumnya. Karena itu, Super-FM akhirnya digeser sama FM-A Chassis yang lebih canggih.Meski begitu, Super-FM masih jadi andalan di kelas STB sama Side Damper.

Apalagi udah keluar versi carbon-nya yang super kuat, jadi makin cocok buat adu tahan banting di lintasan!

Spesifikasi Super FM Chassis

  • Panjang: 144 mm (dengan akar belakang)
  • Lebar: 90 mm
  • Wheelbase: 83 mm
  • Ground Clearance: 7 mm (roda besar), 3,5 mm (roda kecil)
  • Panjang Driveshaft: 60 mm
  • Gear Set: 5:1, 4.2:1, 4:1, 3.5:1
  • Roller Down Thrust Angle: 8
  • Terminal Type: Tipe B
  • Berat: 117 g (dengan baterai), 63 g (tanpa baterai)

Chassis ini bisa kamu temui di kit Brocken Gigant yang merah maupun yang hitam atau Strato Vector dan masih ada lainnya

3. Super TZ Chassis

Super TZ Chassis (Sumber:tamiya.com)
Super TZ Chassis (Sumber:tamiya.com)

Super TZ Chassis tuh upgrade keren dari sasis sebelumnya, dengan wheelbase 82 mm kayak di Tipe-2, Tipe-4, dan Tipe-5. Yang bikin beda, Super TZ punya pusat gravitasi lebih rendah karena posisi baterainya diturunin dibanding Super-1 dan Super-FM. Efeknya? Mobil jadi lebih stabil dan akselerasinya ngebut banget di lintasan! Bumper depannya juga udah di-revamp biar makin kokoh, jadi nggak gampang jebol kalau kena benturan. Terus, Super TZ pake poros baling-baling 1,4 mm dan gear mahkota warna pink, mirip sama Super-1. Cover gearnya udah kompatibel buat gear ratio 3,5:1 dan 3,7:1, siap kasih performa maksimal pas balapan.

Pelindung sampingnya sekarang udah permanen, nggak bisa dicopot-copot lagi. Kayak Super-FM, Super TZ juga dapet bonus penyangga roller belakang opsional. Semua versi Super TZ udah pake ban tapak lebar yang bikin mobil makin stabil pas ngebut di trek lurus. Yang paling keren, Super TZ jadi sasis pertama yang pake bahan plastik ABS. Jadi lebih kuat dan fleksibel dibanding plastik biasa di sasis lama. Dari sisi performa, Super TZ lebih unggul di akselerasi dibanding Super-FM, apalagi dengan motor belakangnya. Tapi untuk statistik lain, ya masih mirip-mirip.

Akhirnya, Super TZ disempurnain jadi Super TZ-X Chassis, sebelum diterusin lagi sama AR Chassis yang lebih canggih!.

Spesifikasi Super TZ Chassis

  • Panjang: 146 mm (dengan akar belakang)
  • Lebar: 90 mm
  • Wheelbase: 82 mm
  • Ground Clearance: 6 mm (roda besar), 3 mm (roda kecil)
  • Panjang Driveshaft: 60 mm
  • Gear Set: 5:1, 4.2:1, 4:1, 3.7:1, 3.5:1 (kompatibel dengan G17 counter/G18 spur dan Lightweight Special Ratio Gearing)
  • Roller Down Thrust Angle: 8
  • Terminal Type: Tipe B
  • Berat: 117 g (dengan baterai), 64 g (tanpa baterai)

Chassis ini bisa kamu temui di kit Beat Magnum, Buster Sonic dan lainnya

4. VS Chassis

VS Chassis (Sumber:tamiya.com)
VS Chassis (Sumber:tamiya.com)

VS Chassis ini punya wheelbase 80 mm, ukuran standar buat hampir semua chassis Mini 4WD. Chassis ini ngelanjutin konsep compact and lightweight dari Super-1 Chassis, tapi dengan beberapa upgrade yang bikin performanya makin sip. Baterainya ditempatin lebih rendah dari Super-1, jadi keseimbangannya lebih oke. Penutup gear juga sekarang nempel langsung di rangka chassis, bukan di motor case, jadi makin stabil deh. Bumper depannya sih unik, bentuknya W gitu, dan ada banyak lubang sekrup buat pasang parts tambahan. Transmisi daya juga makin efisien, bahkan lebih baik dari Super-1, jadi VS Chassis ini termasuk salah satu chassis yang performanya keren.

Tapi, ada juga kekurangannya. Bumper depannya gampang pecah, dan rangka chassis yang agak lembek bisa bikin power hilang kalau chassisnya agak tekuk-tekuk pas lewat lintasan. Mesin juga bisa jadi agak out of track kalau ngebut banget pas masuk tikungan, apalagi kalau pake roller depan O-ring. VS Chassis performanya mirip sih sama Super-II Chassis, cuma adaptasinya agak terbatas. Akhirnya, VS Chassis ini digantikan sama VZ Chassis yang punya lebih banyak pembaruan buat nge-boost daya tahan dan performanya.

Spesifikasi VS Chassis

  • Length: 145 mm
  • Width: 90 mm
  • Wheelbase: 80 mm
  • Ground Clearance: 5 mm (pakai roda besar) / 1.8 mm (pakai roda kecil VS-type)
  • Panjang Shaft: 60 mm
  • Compatible Gear Set(s): 5:1, 4.2:1, 4:1, 3.7:1, 3.5:1
  • Terminal Type: X-type                         
  • Weight: Dengan baterai: 114g, Tanpa baterai: 57g

Chassis ini bisa kamu temui di kit Lightning Magnum, Dessert Golem dan lainnya

5. Super TZ-X Chassis

Super TZ-X Chassis (Sumber:tamiya.com)
Super TZ-X Chassis (Sumber:tamiya.com)

Super TZ-X Chassis tuh versi upgrade dari Super TZ yang udah dirombak biar makin kece di lintasan! Meski masih ngusung wheelbase 82 mm, tapi desainnya dapet banyak sentuhan baru yang bikin lebih fleksibel dan ngebut.

Apa Aja Bedanya Super TZ-X?

  • Lubang Pemasangan Tambahan -- Bumper depan-belakangnya sekarang punya lebih banyak slot buat pasang part modifikasi. Jadi, mau upgrade gimana pun, tinggal gas!
  • Penyangga Roller Belakang Dua Titik -- Ngadopsi model dua titik keras ala VS Chassis,  jadi lebih stabil dibanding model satu titik di Super TZ.
  • Material Lebih Ringan -- Desainnya lebih ramping dan enteng, bikin akselerasi makin ngebut!
  • Soal performa, Super TZ-X sebenernya punya feel yang mirip Type-4 Chassis. Sayangnya, masih ada beberapa minusnya, jadi nggak terlalu banyak Mini 4WD yang pakai sasis ini dibanding seri lainnya. Tapi kalau udah ngerti cara maksimalkan potensi sasis ini, siap-siap mobil lo jadi raja di trek!.

Spesifikasi Super TZ-X Chassis

  • Panjang: 150 mm (dengan penyangga rol belakang)
  • Lebar: 90 mm
  • Wheelbase: 82 mm
  • Ground Clearance: 6 mm (roda besar), 3 mm (roda kecil profil tinggi)
  • Panjang Driveshaft: 60 mm
  • Gear Set: 5:1, 4.2:1, 4:1, 3.7:1, 3.5:1 (G17 counter/G18 spur dan Lightweight Special Ratio Gearing)
  • Terminal Type: Tipe B
  • Berat: 115 g (dengan baterai), 64 g (tanpa baterai)

Chassis ini bisa kamu temui di kit Vanishing Gazer, Beat Magnum Black Special, dan lainnya

6. Super X Chassis

Super x Chassis (Sumber:tamiya.com)
Super x Chassis (Sumber:tamiya.com)

Super X Chassis tuh sasis Mini 4WD yang didesain super kokoh dan lebar banget! Dengan wheelbase 84 mm dan tread 70 mm (kalau pakai roda gede yang ramping), sasis ini jagonya soal stabilitas, apalagi pas nikung dan loncat di trek. Di lintasan lurus? Ngebut parah! Tapi ya, harus rela sedikit ngorbanin kelincahan pas belok.

Beda dari sasis sebelumnya, Super X ngusung layout poros baling-baling dan gear crown oranye yang dibalik, plus pakai poros baling-baling 1,4 mm yang lebih panjang dibanding ukuran 2,0 mm yang lama. Keren banget, karena ini juga jadi sasis pertama yang pakai driveshaft sepanjang 72 mm!

Keunggulan Gokil Super X:

Ganti Motor Jadi Lebih Gampang! -- Motor bisa dicopot langsung dari bawah sasis Cuma tinggal buka panel bawahnya. Jadi, nggak ribet kalau mau ganti motor di tengah balapan!

Dudukan Roller Tambahan -- Ada dua lubang sekrup ekstra di belakang buat pasang roller tambahan. Bikin makin stabil di tikungan.

Roda Khusus -- Semua mobil yang pakai Super X udah dibekali roda khusus yang desainnya emang dibuat buat sasis ini.

Walaupun keren, Super X nggak berhenti di sini. Sasis ini akhirnya di-upgrade jadi Super XX Chassis yang makin mantap performanya!

Spesifikasi Super X Chassis

  • Panjang: 156 mm
  • Lebar: 92 mm
  • Wheelbase: 84 mm
  • Ground Clearance:
  • 5,2 mm (dengan roda besar berdiameter besar)
  • 2 mm (dengan roda kecil tipe X)
  • Shaft Length: 72 mm
  • Set Gear yang Kompatibel: 5:1, 4.2:1, 4:1, 3.7:1, 3.5:1
  • Jenis Terminal: Tipe X
  • Berat: Dengan baterai 112 g. Tanpa baterai 69 g

Chassis Super X bisa kamu temui di kit Phantom Blade, Max Breaker, Shadow Breaker, dll

 

7. Super 2 Chassis

Super 2 Chassis (Sumber:tamiya.com)
Super 2 Chassis (Sumber:tamiya.com)

Super-II Chassis datang dengan upgrade yang nggak main-main, bro! Bagian utama sasisnya dapet banyak peningkatan, terutama di bumper depan yang sekarang lebih kuat dan lebih panjang. Plus, ada tambahan beberapa lubang buat pasang komponen grade-up biar makin fleksibel modifnya!

Saklar baterainya juga dirombak, dari yang dulu model geser sekarang jadi tipe putar. Lebih keren dan pastinya lebih aman! Klip baterainya juga dibuat lebih kokoh, jadi nggak gampang copot pas lagi ngebut di lintasan. Terus, ada hard-point baru di belakang buat pasang rear stay, mirip kayak yang dipakai di Super X Chassis. Beberapa kit-nya bahkan udah dilengkapi Side-Guard EX yang bisa dipasang di bagian bawah tengah sasis.

Keunggulan Super-II yang Bikin Ngebut:

  • Bumper Depan Lebih Kuat & Panjang -- Bikin mobil makin tahan banting dan gampang pasang part tambahan.
  • Saklar Putar yang Lebih Aman -- Nggak ada lagi drama mobil nyala sendiri gara-gara saklar geser longgar.
  • Rear Stay Lebih Fleksibel -- Ada hard-point baru buat pasang rear stay, siap tempur di lintasan!
  • Side-Guard EX Opsional -- Tambahan pelindung di bawah sasis, bikin makin stabil.

Dari segi performa, Super-II Chassis mirip banget sama VS Chassis yang lincah itu, tapi soal adaptasi? Jelas lebih juara!

Spesifikasi Chassis

  • Panjang: 151 mm (dengan rear roller stay)
  • Lebar: 97 mm
  • Jarak roda: 80 mm
  • Ground clearance: 5,8 mm (dengan roda berdiameter besar), 2,8 mm (dengan roda berdiameter kecil)
  • Panjang poros penggerak: 60 mm
  • Set Gear yang Kompatibel: 5:1, 4.2:1, 4:1, 3.7:1, 3.5:1
  • Tipe terminal: Super-II
  • Berat: 115 g (dengan baterai), 57 g (tanpa baterai)

Chassis ini sudah banyak beredar di pasaran, bisa kamu temui di seri Lets and Go Premium seperti Sonic Saber Premium dan Neo Triddager ZMC Carbon

8. Super XX Chassis

Super XX Chassis (Sumber:tamiya.com)
Super XX Chassis (Sumber:tamiya.com)

Super XX Chassis hadir sebagai upgrade keren dari Super X Chassis, bro! Desainnya makin gahar dengan daya tahan yang lebih solid. Bumper depan emang masih sama, tapi sekarang ada tambahan pelindung hidung depan yang bisa dipasang. Fungsinya? Biar bumper depan makin lebar dan bagian depan mobil makin terlindungi dari benturan!

Bagian tengah dan pelindung sampingnya juga di-buff, jadi lebih kuat. Plus, di pelindung samping ada lubang tambahan buat pasang komponen upgrade biar makin fleksibel ngoprek! Kalau di Super X pakai penyangga belakang dua titik, di Super XX diganti jadi satu titik tapi desainnya dirombak total dan dikasih tambahan lubang pemasangan. Jadi, makin gampang disesuaikan sama gaya balap lo!

Fitur Keren Super XX yang Bikin Ngebut Tanpa Takut:

  • Pelindung Hidung Depan Tambahan -- Bumper depan makin lebar dan kuat, siap hadapi benturan.
  • Struktur Tengah & Samping Lebih Kuat -- Biar mobil lo nggak gampang ringkih pas melibas trek.
  • Lubang Tambahan di Pelindung Samping -- Bebas pasang part upgrade sesuai strategi balap lo.
  • Desain Penyangga Belakang Satu Titik -- Lebih simple tapi tetap kokoh, plus gampang diatur!
  • Akses Motor Super Gampang -- Cukup buka penutup bawah, motor langsung bisa diganti.

Tapi, ada satu catatan nih... di balapan resmi, lo nggak boleh pakai gear crown heliks warna pink atau karbon di sasis ini. Tapi tenang aja, Super XX Chassis tetap lebih adaptif dan lebih tahan banting dibanding Super X. Cocok banget buat lo yang suka balapan dengan setup yang powerfull tapi tetap stabil!

Spesifikasi Super XX Chassis

  • Panjang: 153 mm
  • Lebar: 98 mm
  • Jarak Roda: 84 mm
  • Ground Clearance: 5,2 mm (dengan roda berdiameter besar), 1,9 mm (dengan roda kecil tipe X)
  • Panjang Shaft: 72 mm
  • Set Gear yang Kompatibel: 5:1, 4.2:1, 4:1, 3.7:1, 3.5:1
  • Tipe Terminal: X-type
  • Berat: 119 g (dengan baterai), 70 g (tanpa baterai)

Chassis super XX bisa kamu temui di kit Max Breaker Black Special

9. AR Chassis

AR Chassis (Sumber:tamiya.com)
AR Chassis (Sumber:tamiya.com)

AR Chassis emang didesain untuk nge-boost performa aerodinamis!. Dengan wheelbase yang mirip sama Super TZ, tapi fokus utama AR Chassis ada di desain ramping yang bikin aliran udara lebih lancar, jadi angin nggak ganggu kecepatan lo. Ada penutup motor belakang dan dudukan roller yang berfungsi sebagai diffuser---bikin mobil lo makin aerodinamis, gitu! Selain itu, ada saluran udara khusus buat ngeluarin panas dari baterai dan motor, meski cuma bodi khusus AR Chassis aja yang bisa memanfaatkan fitur keren ini. 

Fitur AR Chassis yang Bikin Ngebut dan Stabil:

  • Desain Aerodinamis -- Bodi ramping bikin aliran udara lancar, hambatan angin jadi minimal, dan lo bisa balap lebih cepet!
  • Pembuangan Panas Optimal -- Saluran udara yang bikin baterai dan motor tetap dingin, biar performa makin top!
  • Akses Baterai & Motor Gampang -- Cukup buka penutup bawah, lo bisa langsung cek dan servis baterai atau motor.
  • Bumper Depan & Dudukan Roller Belakang Diperpanjang -- Manuver lebih mulus, dan banyak lubang sekrup buat pasang part tambahan.
  • Dudukan Roller Belakang Kekinian -- Gak bisa lepas dan ada brake skid bar di bagian bawah buat tambahan stabilitas.
  • Komponen Plastik POM -- Semua komponen sekunder kayak roller dan bearing pakai plastik POM rendah gesekan, jadi nggak pakai bearing kuningan lagi.
  • Saklar Baterai Curve-Slide -- Desain baru ini buat mengurangi risiko mati mendadak pas balapan dan sekaligus ngunci panel baterai biar nggak lepas.

Untuk performa, AR Chassis lebih unggul dibanding sasis Mini 4WD bermotor belakang lainnya. Tapi, karena bobotnya lebih berat dan wheelbase lebih panjang, akselerasi dan kemampuan menikungnya sedikit lebih rendah dibanding sasis dengan wheelbase pendek kayak Super-II atau VZ. Tapi overall, buat lo yang cari kestabilan dan power, AR Chassis bakal jadi pilihan yang solid banget!

Spesifikasi Chassis AR

  • Panjang: 155 mm
  • Lebar: 97 mm
  • Wheelbase: 82 mm
  • Ground Clearance: 5 mm (dengan roda besar Arched), 2.5 mm (dengan roda kecil low-profile)
  • Panjang Driveshaft: 60 mm
  • Set Gear yang Kompatibel: 5:1, 4.2:1, 4:1, 3.7:1, 3.5:1
  • Roller Down Thrust Angle: 5
  • Tipe Terminal: X-type
  • Berat: 123.3 g (dengan baterai), 71 g (tanpa baterai)

Chassis ini langganan banget di kit Aero Avante sama Shadow Shark

10. MS Chassis

MS Chassis (Sumber:tamiya.com)
MS Chassis (Sumber:tamiya.com)

MS Chassis bener-bener inovasi banget di dunia Mini 4WD!. Ini adalah sasis pertama yang pakai tata letak motor tengah (mid-motor), jadi motor diposisikan di tengah-tengah antara poros depan dan belakang. Gak kayak sasis tradisional yang motor biasanya di depan atau belakang. Inovasi keren ini terjadi berkat kolaborasi antara Tamiya dan SMC Motor, yang ngebuat motor poros ganda khusus buat sasis ini. Hasilnya, daya transfernya jadi seimbang 50/50, bikin performa dan stabilitas mobil lebih stabil. BTW Chassis ini langganan banget di tune up dan dipake race di kelas STO

Fitur-fitur Keren MS Chassis:

  • Motor Tengah (Mid-Motor) -- Penempatan motor di tengah bikin distribusi daya lebih seimbang, jadi performa makin top!
  • Struktur Modular -- Sasis ini terdiri dari tiga bagian utama: nose, center, dan tail, yang bisa diganti-ganti sesuai selera, bikin lo bisa kustomisasi desain sesuka hati!
  • Jarak Roda Pendek (80 mm) -- Karena wheelbase-nya kompak, MS Chassis unggul dalam performa tikungan, dan lebih gampang dikendalikan di jalur berliku.
  • Direct Drive -- Semua roda digerakkan langsung oleh motor, gak pakai poros propeller, jadi torsi dan pengiriman daya makin efisien!
  • Konfigurasi Fleksibel -- Lo bisa pilih berbagai opsi bagian nose, center, dan tail, termasuk tanpa bumper (N-03/T-03), sesuai kebutuhan balapan lo!

Kekurangan MS Chassis:

  • Bobot Lebih Berat -- Memang agak lebih berat, tapi lo bisa atasi dengan pakai bagian center yang lebih ringan.
  • Keterbatasan Kompatibilitas -- Karena tata letaknya unik, MS Chassis cuma cocok sama komponen yang dirancang khusus buat sasis ini, jadi gak bisa pakai komponen Mini 4WD tradisional.

MS Chassis ngasih pengalaman balap yang seru dan stabil, terutama di tikungan. Meski punya beberapa kekurangan, desainnya yang inovatif jadi landasan buat pengembangan sasis MA yang semakin menyempurnakan desain motor tengah.

Spesifikasi Chassis MS

  • Panjang: 154 mm (Dengan N-01), 152 mm (Dengan N-02 dan N-04)
  • Lebar: 92 mm
  • Jarak Roda: 80 mm
  • Ground Clearance: 4 mm (Dengan roda besar), 1 mm (Dengan roda kecil profil rendah)
  • Panjang Shaft: 60 mm, 72 mm (Hanya untuk N-04 dan T-04)
  • Set Gear yang Kompatibel: 4:1, 3.7:1, 3.5:1
  • Tipe Terminal: MS-type
  • Berat: Dengan baterai 124 g (N-01), 123 g (N-02). Tanpa baterai: 70 g

Chassis ini bisa kamu temui di kit yang memiliki body real car, antara lain Exflowly dan Rayfolf Polycarbonate dan da juga Sin Axe Mk II

11. MA Chassis

MA Chassis (Sumber:tamiya.com)
MA Chassis (Sumber:tamiya.com)

MA Chassis ini versi upgradenya dari MS Chassis dengan desain motor tengah yang lebih halus dan beberapa fitur yang meningkatkan performa dan kenyamanan.  Ini ngambil ide dari MS Chassis dengan penempatan motor tengah, tapi sekarang lebih aerodinamis, menggabungkan desain dari AR Chassis. Tamiya menghilangkan desain modular tiga bagian yang ada di MS Chassis dan menggantinya dengan konstruksi satu bagian utuh.

Fitur-fitur Keren MA Chassis:

  • Desain Motor Tengah (Mid-Motor) -- Sama seperti MS, motor tetap di tengah untuk distribusi daya yang seimbang dan performa stabil.
  • Plastik POM -- Bagian sekunder menggunakan plastik POM (Polyoxymethylene) dengan gesekan rendah, gak perlu bushing kuningan, bikin kecepatan dan akselerasi lebih bagus!
  • Rear Skid Bar -- Sama seperti AR Chassis, ada rear skid bar buat pengereman ekstra saat balapan di lintasan menurun.
  • Desain Halus di Bagian Bawah -- Bagian bawah yang lebih clean tanpa komponen yang mengganggu (kecuali saklar baterai tipe putar), ditambah saluran udara buat pembuangan panas.
  • Side Guard Kembali Hadir -- Bumper depan dan dudukan roller belakang yang lebih panjang, serta adanya side guard yang memungkinkan pemasangan stability pole atau mass damper buat stabilitas tambahan.
  • Slide-Lock Mekanisme -- Berbeda dengan MS yang pake clip lock, MA Chassis menggunakan mekanisme slide-lock yang bikin perawatan lebih mudah dan praktis.
  • Kompatibilitas dengan AR Chassis -- Beberapa komponen dari AR Chassis, seperti roller dan rear skid bar, bisa dipakai di MA Chassis, walaupun motor dan gear tetap berbeda.

Kelebihan MA Chassis:

  • Manuver Lebih Halus -- Berkat bumper depan dan dudukan roller yang lebih panjang, manuver di tikungan lebih stabil dan mulus.
  • Perawatan Mudah -- Mekanisme slide-lock membuat proses buka chassis untuk perawatan lebih simpel dan cepat.
  • Stabilitas Lebih Baik -- Dengan side guard dan stabilitas yang lebih diperhatiin, MA Chassis cocok banget buat lo yang suka balapan stabil dan cepat!

MA Chassis ini udah jadi pilihan yang lebih terintegrasi, aerodinamis, dan stabil dibandingkan MS Chassis, dengan kemudahan dalam perawatan dan beberapa fitur canggih yang meningkatkan performa di lintasan.

Spesifikasi MA Chassis

  • Panjang: 156 mm
  • Lebar: 97 mm
  • Jarak Roda: 80 mm
  • Jfround Clearance: 4,8 mm (Dengan roda besar), 2,2 mm (Dengan roda kecil profil rendah)
  • Panjang Shaft: 60 mm
  • Set Gear yang Kompatibel: 4:1, 3.7:1, 3.5:1
  • Tipe Terminal: MS-type
  • Berat: Dengan baterai: 125,9 g, Tanpa baterai: 78 g

Chassis ini juga diproduksi di kit dengan body berbentuk real car, antara lain Toyota GR Supra, Ignicion, Cevalier dan lainnya

12. FMA Chassis 

FM-A Chassis (Sumber:tamiya.com)
FM-A Chassis (Sumber:tamiya.com)

FM-A Chassis adalah pengembangan dari AR Chassis dengan motor depan yang ngasih akselerasi lebih baik dan performa stabil bro!. Desain aerodinamis dan sistem pembuangan panas dari AR Chassis tetap dipertahankan, jadi kecepatan dan stabilitas tetap optimal.

Fitur Utama FM-A Chassis:

  • Posisi Motor Depan -- Berbeda dengan AR Chassis yang memiliki motor tengah atau belakang, FM-A Chassis menempatkan motor di bagian depan untuk akselerasi yang lebih baik.
  • Desain Aerodinamis & Pembuangan Panas -- Sama seperti AR Chassis, sistem pembuangan panas yang efisien untuk motor dan baterai tetap ada, mendukung performa optimal.
  • Rangka Multi-Subframe -- Dengan desain rangka multi-subframe yang kokoh, chassis ini memiliki ketahanan dan kekakuan yang lebih baik meskipun sedikit lebih rendah dibandingkan AR Chassis.
  • Bumper Depan & Dudukan Roller Lebih Panjang -- Bumper depan diperpanjang dan dudukan roller belakang juga lebih lebar, meningkatkan stabilitas saat menikung dan memungkinkan pemasangan komponen tambahan dengan lebih mudah.
  • Skid Bar Depan Opsional -- FM-A Chassis juga dilengkapi dengan skid bar depan berbahan POM yang dipasang menggunakan sekrup truss, memberikan perlindungan ekstra di bagian depan untuk menghindari gesekan dan mengurangi kecepatan di jalur menurun.
  • Fleksibilitas Pemasangan -- Subframe dan side guard yang terintegrasi menyediakan banyak titik pemasangan, memungkinkan kustomisasi lebih mudah.

Kelebihan FM-A Chassis:

Akselerasi Lebih Baik -- Dengan motor di depan, FM-A Chassis memberikan akselerasi yang lebih responsif dan cepat dibandingkan chassis motor depan lainnya.

Kestabilan yang Lebih Baik di Tikungan -- Bumper depan dan roller belakang yang diperpanjang membuat manuver di tikungan menjadi lebih mulus dan stabil.

Fleksibel dan Adaptif -- Dengan banyak titik pemasangan, FM-A Chassis memungkinkan pengguna untuk menambahkan berbagai aksesoris dan upgrade.

Proteksi dari Skid Bar Depan -- Fitur skid bar depan memberikan perlindungan ekstra di lintasan, terutama di jalur menurun yang tajam.

Spesifikasi FM-A Chassis

  • Panjang: 150 mm
  • Lebar: 97 mm
  • Jarak Roda: 83 mm
  • Ground Clearance: 2,5 mm
  • Panjang Shaft: 60 mm
  • Set Gear yang Kompatibel: 5:1, 4.2:1, 4:1, 3.7:1, 3.5:1
  • Tipe Terminal: X-type
  • Berat: Tanpa baterai: 71 g, Dengan baterai: 117 g

Chassis ini bisa kamu temui di seri Lets and Go Premium juga, yaitu Brocken Gigant Premium dan Gunbluster XTO Premium

13. VZ Chassis

VZ Chassis (Sumber:tamiya.com)
VZ Chassis (Sumber:tamiya.com)

VZ Chassis, penerus dari VS Chassis, tetap mempertahankan beberapa fitur keren dari pendahulunya, kayak wheelbase pendek 80 mm dan set gear, terminal, saklar baterai, serta poros propeller yang masih sama. Tapi, yang bikin beda, VZ Chassis sekarang udah dilengkapi gear pinion berbahan karbon yang ngebantu banget dalam efisiensi transmisi daya.

Fitur Utama VZ Chassis:

  • Gear Pinion Karbon -- VZ Chassis udah pake gear pinion karbon sebagai default, yang bikin transmisi daya lebih efisien dan performa lebih maksimal.
  • Desain Semi-Multi-Subframe -- Rangka utamanya didesain semi-multi-subframe, jadi kekuatan sasisnya mirip dengan FM-A Chassis, kuat tapi tetap ringan.
  • Bumper Depan dan Rear Stay Diperpanjang -- Bumper depan dan rear stay yang diperpanjang bikin manuver lebih stabil dan smooth, plus ada banyak lubang pemasangan buat berbagai Grade-up Parts.
  • Klip Baterai Kuat -- Klip baterai kecil yang diambil dari VS Chassis kini udah lebih kuat dan kokoh, jadi gak gampang longgar.
  • Plastik ABS Standar -- Gak seperti sasis modern lainnya yang pake plastik POM, VZ Chassis pake plastik ABS standar, tapi tetap dilengkapi dengan bearing plastik rendah gesekan buat mengurangi kehilangan daya.
  • Bumper Depan dan Rear Stay Dapat Dilepas -- Bumper depan dan rear stay bisa dilepas, jadi kamu bisa atur tampilan sesuai keinginan tanpa perlu modifikasi permanen. Misalnya, tampilannya bisa kayak Toyota GR Yaris atau Honda e yang lebih minimalis dan keren buat tampilan show-quality.
  • Tidak Ada Skid Bar -- VZ Chassis gak dilengkapi skid bar secara default, jadi kalau mau, kamu harus pasang sendiri.

Kelebihan VZ Chassis:

  • Stabilitas Lebih Baik -- Meskipun performa secara umum mirip dengan VS Chassis, VZ Chassis punya stabilitas yang sebanding dengan sasis modern lain kayak AR, MA, dan FM-A.
  • Adaptabilitas Lebih Tinggi -- Dibandingkan FM-A Chassis, VZ Chassis lebih gampang di-custom dan lebih adaptif dengan berbagai upgrade.
  • Tangguh dan Kokoh -- Dengan desain multi-subframe, sasis ini jadi lebih kuat dan tahan lama meskipun ringan.

VZ Chassis cocok banget buat yang cari sasis stabil, adaptif, dan fungsional, dengan tampilan yang bisa kamu sesuaikan tanpa repot. Plus, gear pinion karbon yang bikin performanya gak main-main!

Spesifikasi VZ Chassis

  • Panjang: 158 mm
  • Lebar: 98 mm
  • Jarak Roda: 80 mm
  • Ground Clearance: 2,5 mm
  • Panjang Shaft: 60 mm
  • Set Gear yang Kompatibel: 5:1, 4.2:1, 4:1, 3.7:1, 3.5:1
  • Tipe Terminal: X-type
  • Berat: 108,3 g (dengan baterai)

Chassis ini ada di kit Neo VQS, Ray Spear bahkan ada serinya tersendiri yaitu Seri Laser dimana ada 3 kit yaitu Jadow-A, Lord Spirit dan Lord Knight yang jadi primadona di kelas STB

Sebagai penutup, perkembangan chassis Mini 4WD jaman sekarang makin kece dan penuh inovasi! Mulai dari AR Chassis yang punya desain aerodinamis keren, MS Chassis dengan motor tengah yang beda dari yang lain, sampai VZ Chassis yang fleksibel dan stabil banget. Masing-masing punya kelebihan yang siap menunjang gaya balap lo, jadi tinggal pilih yang paling cocok buat lo! Dengan teknologi dan material baru yang terus berkembang, siap-siap jadi juara dengan chassis terbaru ini, bro!

Sumber data : https://mini-4wd.fandom.com/ 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
  10. 10
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun