Mohon tunggu...
Ananda Alia Putri
Ananda Alia Putri Mohon Tunggu... Mahasiswa - UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JAKARTA

Mahasiswa Muhammadiyah Jakarta, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik jurusan Ilmu Komunikasi. Hobi saya yaitu memasak, berenang, mendengarkan musik. Walaupun saya masuk sebagai mahasiswa FISIP namun saya kurang begitu menyukai politik, tetapi saya ingin mengembangkan diri saya supaya menyukai dan bisa aktif dalam ber organisasi

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Analisis Iklan Transportasi Online

7 Juli 2024   19:07 Diperbarui: 7 Juli 2024   23:22 80
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Nama Anggota Kelompok 4 :

Ananda Alia Putri               (23010400084)

Suhaimah                              (23010400105)

Sheren Regita Cahyani     (23010400124)

Mata Kuliah : Pengantar Advertising

Dosen Pengampu : Agus Hermanto, M.I.Kom

Analisis iklan transportasi online

Periklanan adalah istilah yang tidak asing, khususnya di dunia pemasaran. Istilah ini sangat penting di dunia pemasaran. Walaupun tidak asing di dengar, istilah ini seringkali disamakan dengan pemasaran. Padahal, periklanan dan pemasaran memiliki pengertian yang cukup berbeda. Secara umum iklan merupakan suatu proses komunikasi yang mempunyai kekuatan sangat penting sebagai alat pemasaran serta promosi yang membantu menjual barang dan yang bertujuan untuk mempengaruhi konsumen untuk melakukan hal yang sesuai dengan isi pesan dari iklan.  Sehingga masyarakat dapat mengenal suatu produk dengan lebih spesifik lagi dengan melalui adanya sebuah iklan  ataupun alat pemasaran. Iklan dibuat menarik, sebaik dan sekreatif mungkin karena iklan mempunyai tugas untuk meningkatkan penjualan. Iklan mempunyai dampak membentuk perilaku konsumtif pada konsumen. memberikan layanan, serta gagasan atau ide-ide saluran tertentu dalam bentuk informasi yang persuasif. Artinya, dalam menyampaikan pesan tesebut, komunikator memang secara khusus melakukannya dengan cara membayar kepada pemilik media atau membayari orang yang mengupayakannya. dan ditunjukan kepada sebagian besar masyarakat agar lebih tertarik kepada iklan tersebut Jadi, termasuk dalam pemasaran yang memiliki arti sebagai aktivitas dan proses yang dilakukan perusahaan untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan. Jadi keuntungan yang diperoleh dari sebuah iklan menjadi lebih meningkat dikarenakan berhasil memperoleh perhatian masyarakat. komunikasi yang dilakukan oleh sponsor bersifat massal karena media massa seperti Radio, televisi, surat kabar, majalah, surat pos, papan nama, dan sebagainya.

Kehadiran smartphone saat ini yang paling ramai dibicarakan dan menjadi bahan diskusi banyak kalangan adalah mengembangkan teknologi dalam bisnis transportasi yang modern yaitu penggunaan aplikasi di ruang virtual dalam hal ini teknologi berpengaruh dengan adanya iklan aplikasi transportasi online dari smartphone, dimana masyarakat dimudahkan untuk berinteraksi dengan pemilik transportasi melalui smartphone tersebut. dimanapun dan kapanpun juga secara cepat dan real time, masyarakat mudah melakukan mobilisasi kemana saja dengan memiliki aplikasi ini. Sejauh ini dengan adanya iklan Ojek online yang berusaha menjangkau masyarakat banyak melalui promosi yang gencar di iklan lewat berbagai media seperti media sosial, aplikasi, billboard, website, dan lainnya . Promosi dari iklan aplikasi  tersebut biasanya berisikan kode promosi untuk potongan harga maupun kode promosi untuk mendapatkan perjalanan gratis, baik bagi mereka pengguna lama maupun pengguna baru . Iklan aplikasi ini juga seringkali bekerjasama dengan event-event tertentu dengan menyediakan kode pemesanan khusus bagi mereka yang akan melakukan. perjalanan baik menuju ataupun dari tempat event tersebut dilaksanakan. Promosi khusus juga diberikan bagi para pengguna aplikasi Ojek online yang mendaftarkan kartu kredit sebagai cara pembayaran tarif perjalanan. dengan segala promosi yang dijalankan aplikasi ini tentu masyarakat pengguna transportasi online akan membandingkannya dengan promosi yang dijalankan oleh transportasi online lainnya . Biasanya masyarakat cenderung memilih salah satu yang promosinya menguntungkan bagi mereka para pengguna transportasi di samping perbandingan tarif manakah yang paling murah. melalui Iklan ini memaparkan bahwasanya Aplikasi ini hadir untuk membantu para konsumen dalam berbagai hal (Damayanti, 2021).  tujuan adanya iklan aplikasi ini adalah untuk meningkatkan kesadaran merek, menarik pengguna baru, dan mempertahankan pelanggan yang sudah ada. Iklan juga bertujuan untuk mempromosikan layanan atau fitur baru, memberikan informasi tentang promosi atau diskon khusus, serta membangun citra positif perusahaan di mata konsumen. dengan beriklan, aplikasi ini berharap dapat meningkatkan jumlah pengguna dan frekuensi penggunaan layanannya, sehingga pada akhirnya meningkatkan pendapatan perusahaan.

Iklan ini ditayangkan di youtube maupun Facebook resminya pada tanggal 18 September 2016, dengan pertimbangan strategi kreatif iklan yang mengeksplorasi konten disturbing picture justru menuai kecaman dari netizen dan berdampak pada viral yang sangat cepat. Metode observasi dan dokumentasi dilakukan dalam proses pengumpulan data. Data penelitian kemudian dianalisis dengan metode kualitatif. Berdasarkan fenomena yang telah disajikan di atas peneliti bermaksud untuk menganalisa iklan transportasi online. penelitian ini dilakukan untuk menganalisa bagaimana konsep kreatif atau gagasan besar dibangun sehingga mampu membuat pesan iklan menjadi berbeda, bisa merebut perhatian orang banyak dan mudah untuk diingat.

Iklan ini milik perusahaan ojek online yang ditampilkan di media mempunyai pesan konsep dan gagasan besar yang unik, dalam iklan trasnportasi milik Negara Malaysia ini dinarasikan oleh Ayah dari sosok wanita cantik bernama Dinda, yang mempunyai keputusan besar sebagai seorang penyanyi, untuk mewujudkan cita citanya. Untuk itu Dinda harus berhati-hati dalam menentukan pilihan dalam hal apapun terutama dalam memilih kendaraan yang aman untuk , jika salah dan ceroboh  maka cita-citanya tersebut tidak akan terwujud. Dinda digambarkan sedang berjalan dengan santai sambil menggunakan earphone namun tiba-tiba sekujur tubuhnya terbalut oleh luka yang cukup banyak  yang menampakan seperti luka bekas kecelakaan dalam berkendara, Banyak tukang ojek yang mencoba memanggilnya agar dinda memilih kendaraannya untuk di tumpangi, tapi Dinda memilih membuka aplikasi ini dan memesan ojek melalui handphonenya. Dan anehnya, tubuhnya kembali normal saat ia menaiki ojek yang dipesan dari aplikasi tersebut. Alur cerita dan voiceover dari iklan ini seolah memperingatkan bahwa jika Dinda memilih ojek lain maka ia tidak aman dan akan mengalami kecelakaan. Dengan memilih aplikasi ini, ia bisa aman dalam perjalanannya yang sudah terjamin dan bisa melanjutkan cita citanya.

  • Pesan yang Disampaikan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun