Mohon tunggu...
Ananda Hemas Rajawali Wujaya
Ananda Hemas Rajawali Wujaya Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa S1 Jurusan Akuntansi Universitas Muhammadiyah Malang

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Implementasi Laporan Keuangan Sederhana di Bale Tani Kabupaten Jombang oleh PMM Kelompok 39 UMM

6 Februari 2024   08:16 Diperbarui: 6 Februari 2024   08:29 175
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
sosialisasi dan koordinasi dengan mitra (dokpri)

 BERITA PERTAMA

Implementasi Laporan Keuangan Sederhana di Bale Tani Kabupaten Jombang Oleh PMM Kelompok 39 UMM

Kegiatan pengabdian masyarakat oleh mahasiswa (PMM) yang dilakukan secara berkemlompok ini memiliki tujuan mulia untuk memberi edukasi dan penerapan terhadap laporan keuangan sederhana guna mempermudah mitra kami dalam mengelola keuangannya. Agenda ini merupakan bagian program dari Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (DPPM) Universitas Muhammadiyah Malang yang ditujukan bagi mahasiswa/i UMM. Pengabdian kali ini kami juga membantu mitra agar mitra dapat mengexpansi produknya keluar area internal penjualan sehingga dapat mendapat keuntungan yang lebih.

Pengabdian Masyarakat ini dilaksanakan di Desa Banjaragung Kabupaten Jombang Provinsi Jawa Timuroleh Kelompok 39 yang beranggotakan Ananda Hemas Rajawali Wijaya sebagai (Koordinator), Zabrina Maheswari Putri sebagai (Bendahara), Syeira Nasywa sebagai (Sekretaris), Ahmad Apriyansayah sebagai (PDD), Adisa Febriyanti sebagai (Humas) dan Bapak Agung Prasetyo Nugroho Wicaksono S.E, M.A sebagai (DPL) Dosen Pembimbing Lapangan kami.  

Pelatihan Penerapan Laporan Keuangan dengan Excel (dokpri)
Pelatihan Penerapan Laporan Keuangan dengan Excel (dokpri)

Kegiatan ini kami laksanakan pada Hari Sabtu, 25 November 2023 di Desa Banjaragung Kabupaten Jombang Provinsi Jawa Timur. Kegiatan yang kami lakukan terhadap mitra pengabdian kami adalah pelatihan pembuatan laporan keuangan sederhana berbasis aplikasi  Microsoft Excel dan pembuatan video promosi produk guna memperluas jangkauan pembelian kepada masayarakat. Tujuan utama yang menjadi goals kegiatan ini adalah mitra mampu menyediakan laporan keuangan yang baik dan bertambahnya pemasukan dari produk yang di kenalkan lewat media masa online.

Pada kegiatan kali ini kami mengedukasi mitra pengabdian kami yaitu Sdri. Ayu Choiriyah tentang manfaat laoran keuangan dan pengimplementasiannya dalam kegiatan sehari hari melalui Microsoft Excel serta membimbing mitra dalam pembuatan video promosi produknya supaya dikenal masyarakat secara luas. Dengan adanya kehgiatan ini kami harap dapat meningkatkan literasi pemilik usaha mikro agar tidak merugi kedepannya dikarenakan laporan keuangan yang tidak pernah dibuat, memudahkan mitra dalam mengelola keuangan dan menyebarluaskan penjualan melalui promosi produk di media social.   

 

BERITA KEDUA

 

Implementasi Media Sosial sebagai Media Promosi Peoduk pada Usaha Mikro di Bale Tani Kabupaten Jombang Oleh PMM Kelompok 39 UMM

 

https://vt.tiktok.com/ZSFLq8Y8b/ (dokpri)
https://vt.tiktok.com/ZSFLq8Y8b/ (dokpri)

 

 

Dalam usaha perluasan jangkauan produk yang dijual oleh mitra pengabdian kami, kami melakukan pembuatan video promosi yang ditujukan untuk menambah minat pembeli didalam dan diluar area bele tani, hali ini dilakukan untuk memajukan ekonomi mitra dengan mengenalka produknya lewat media sosial. Agenda ini merupakan bagian program dari Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (DPPM) Universitas Muhammadiyah Malang yang dilakukan oleh mahasiswa untuk membantu masyarakat umum.

 

Kegiatan ini kami laksanakan pada hari Minggu, 26 November 2023 di Bale Tani Kabupaten Jombang. Manfaat dari expansi produk melalui pengenalan promosi produk adalah mitra dapat meningkatkan pemnjualan sehingga mendapatkan omset yang lebih daripada sebelumnya. Media promosi yang kami pakai untuk mengenalkan produk ini adalah Instagram, Tik Tok dan Youtube. Mitra kami turut bersyukur atas kegiatan yang kami lakukan karena menurut sumber, mitra belum pernah melakukan kegitan semacam ini untuk menjajakan produknya ke masyarakat konsumen.

Poster PMM Kelompok 39 UMM (dokpri)
Poster PMM Kelompok 39 UMM (dokpri)

Hal ini tentunya memberikan hal positif bagi mitra karena mereka mengetahui cara penyebaran dan peningkatan penjualan yang efektif dan tidak mengeluarkan tenaga berlebih dengan turun kelapangan menjajakan produknya.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun