Mohon tunggu...
Doni Mirza Rahmansyah
Doni Mirza Rahmansyah Mohon Tunggu... -

Seseorang yg sangat ingin berkunjung keseluruh desa dan kampung di Indonesia dengan Motor.

Selanjutnya

Tutup

Bahasa

Puisi 101

3 Juni 2011   11:07 Diperbarui: 26 Juni 2015   04:54 481
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

23. Puisi adalah pilihan kata yang dibentuk dengan penjiwaan seseorang.

24. Puisi merupakan pernyataan perasaan yang di tuangkan dalam kata-kata.

25. Puisi merupakan rangkaian antara proses penciptaan dan pengalaman kehidupan sehari hari.

26. Puisi dapat di pahami apabila dibacakan dengan pemahaman dari makna puisi itu sebenarnya.

27. Puisi adalah karya sastra yang memerlukan penjiwaan/penghayatan dari pada karya tersebut.

28. Puisi adalah karya sastra yang dibentuk dari pemahaman pengarangnya akan kehidupan yang sedang dan akan dialaminya.

29. Puisi merupakan kenyataan yang digambarkan melalui kata-kata dan pemahaman yang di buat oleh pembacanya.

30. Puisi terbentuk oleh kata-kata, irama, imajinasi, ekspresi dari pengarangnya.

Kesimpulan : Puisi sebagai karya seni itu puitis. Kepuitisan itu tercapai dengan bermacam-macam cara, misalnya dengan bentuk visual : tipografi, susunan bait; dengan bunyi : persajakan, asonansi, aliterasi, kiasan bunyi, lambang rasa, dan orkestrasi; dengan pemilihan kata, bahasa kiasan, sarana retrorika, unsur unsur ketata bahasaan , gaya bahasa, dan sebagainya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bahasa Selengkapnya
Lihat Bahasa Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun