Siapa tidak kenal perusahaan sekelas GOJEK yang sukses dengan aplikasi transportasinya. Dan tentunya anda juga tahu BANK MANDIRI, sekalipun berbeda core-business-nya, namun satu hal yang bisa kita ambil benang merahnya dari kedua perusahaan ini adalah bahwa mereka telah memanfaatkan Big Data  untuk kelangsungan bisnis yang mereka jalankan.Â
Bicara soal Big Data, saat ini bisa dikatakan kondisinya berbeda dengan masa sebelum Era Industri 4.0. Dimana saat ini pelaku bisnis semakin concern terkait keberadaan datanya. Itulah yang mendasari pada akhirnya semakin banyak pelaku bisnis yang mencoba mengoptimaliasi sistem operasionalnya dengan hasil analisis yang berasal dari Big data.
Sekadar memberikan contoh perspektif bisnis terkait Big Data.  Maka kita akan menemukan istilah yang disebut Analisis berbasis Big Data. Secara bisnis, penggunaan Analisis berbasis Big Data salah satunya  untuk mengungkap pola tersembunyi serta kaitannya yang menyangkut soal bisnis. Dimana hal itu menjadi sangat penting mengingat saat ini sedang terjadi kondisi tidak biasa akibat dampak Covid-19. Sehingga memerlukan strategi bisnis yang tidak biasa juga untuk dijalankan suatu perusahaan.
Ambil contoh apa yang disampaikan oleh Rogers Communications, perusahaan yang cukup terkenal di Kanada. Saat ini Rogers adalah perusahaan yang berfokus dalam bidang komunikasi dan media massa. Core-business-nya terdiri dari beberapa bidang, seperti: komunikasi  nirkabel, televisi kabel, telepon, dan konektivitas internet.Â
Ada hal menarik yang dikemukakan oleh Rogers bahwa Analisis berbasis Big Data telah membantu mereka dalam meningkatkan kepuasan pelanggan dan mempertahankan eksistensi serta dominasinya dalam sektor media dan telekomunikasi di Kanada. Â Inilah yang pada akhirnya menjadi salah satu contoh bagaimana sebuah Analisis berbasis Big Data menjadi suatu yang penting, terutama dalam Era New Normal.
PROSES MEMPEROLEH DAN ANALISIS DATA UNTUK PENGEMBANGAN BISNIS
Bicara soal Big Data, banyak dibahas bagaimana perusahaan besar mampu mempertahankan eksistensinya dengan penggunaan metode tersebut. Namun satu hal yang perlu kita ingat bahwa tidak semua perusahaan memiliki dana yang cukup untuk memperoleh Big Data dan menjadikannya efektif.
Di luar kondisi  tersebut, sejatinya untuk menghasilkan sebuah analisis data yang cukup komprehensif, setiap perusahaan tidak harus melakukannya sendiri. Dapat pula dengan meminta bantuan perusahaan yang khusus bergerak di bidang riset, salah satunya adalah NAS Consulting & Research. Â
Dengan kemampuan dan kehandalannya dalam melakukan metode riset, seperti: Desk  Study & Analysis, Quantitative Survey, dan Qualitative Survey, NAS dapat dijadikan mitra kerja yang cukup fleksibel dalam hal yang berhubungan dengan memperoleh data dan analisis data. Â
Lebih lanjut tentang layanan yang bisa dilakukan oleh NAS terkait memperoleh data dan analisis data bagi perusahaan, diantaranya: (1) Online & offline research, statistic study, hingga data analysis untuk yang terkait dengan desk study & analysis.Â
Sementara untuk quantitative dan qualitative survey, NAS dapat melayani permintaan random/intercept survey, predefined survey, focus group discussion, serta in-depth interview. (2) Dari hasil survey yang didapat, kemudian akan dibuatkan analisis yang bisa disesuaikan secara khusus dengan kebutuhan klien. Itulah yang membedakan konsep kerja yang diberikan oleh NAS Consulting & Research dengan perusahaan lainnya.
Orientasi pada keberhasilan dan selalu mengedepankan target yang  ingin dicapai oleh klien. Itulah poin plus yang selalu menjadi perhatian untuk NAS dalam perannya menjadi mitra kerja para pelaku bisnis. Hal itu telah dilakukan jauh sebelum terjadinya pandemi Covid-19. Sehingga pada saat Era New Normal ini, NAS memiliki keunggulan karena sudah berpengalaman dalam memberikan layanan yang berhubungan dengan riset dan analisis data.
Karena sebenarnya tujuan utama dari analisis data, baik yang diperoleh melalui Big Data ataupun Survey adalah sama, yaitu: untuk meningkatkan tingkat kepercayaan perusahaan dalam pengambilan suatu keputusan atau kebijakan. Dimana kesimpulan yang diputuskan oleh suatu  perusahaan sebaiknya didasarkan pada hasil analisis data yang berdasarkan  riset.
Dalam melakukan sebuah transformasi bisnis, penting untuk memperhatikan kondisi yang terjadi disekitarnya. Jika saat ini banyak perusahaan fokus dalam mengembangkan Analisis berbasis Big Data, sebenarnya ada 3 hal penting yang mendasarinya: (1) Aktivitas tersebut dapat secara signifikan mengurangi biaya, (2) Aktivitas tersebut  dapat menjadi dasar yang kuat dalam pengambilan kebijakan yang berhubungan dengan strategi bisnis, (3) Aktivitas tersebut juga dapat menjadi dasar bagi pengembangan bisnis yang ada di dalam perusahaan.
Yang pasti saat ini, ketika kondisi ekonomi makro sedang kurang baik, termasuk kinerja perusahaan yang sedang mengalami tren penurunan. Â Satu hal yang bisa dipertimbangkan oleh pelaku bisnis atau manajemen perusahaan adalah dengan melakukan riset yang komprehensif. Â Karena dari hasil analisis data itulah perusahaan akan mendapatkan banyak hal penting bagi kelangsungan bisnis:Â
(1) Perusahaan mampu melakukan identifikasi adanya peluang bisnis yang baru, (2) Perusahaan akan lebih cepat mengambil keputusan, sehingga pergerakan bisnis  menjadi lebih cepat dan efisien, (3) Pelayanan yang diberikan kepada pelanggan menjadi lebih tepat sasaran, dan pastinya (4) Laba atau pendapatan yang diharapkan menjadi meningkat.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H