Mohon tunggu...
Amri Dwi Putra Siagian
Amri Dwi Putra Siagian Mohon Tunggu... Freelancer - Mahasiswa Magister Pariwisata STP Trisakti

Mahasiswa Program Studi S2 Pariwisata Trisakti - UMKMpreneur - Gastronomique Enthusiast

Selanjutnya

Tutup

Money

Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan untuk Bisnis UMKM

12 Juni 2022   09:54 Diperbarui: 12 Juni 2022   10:39 1089
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Hi Kompasiana,

mungkin anda seringkali mendengar nama-nama seperti...

Yasa Singgih, Gibran Rakabuming, Nicholas Kurniawan, dan Hamzah Izzulhaq ?...Ya, betul sekali... Nama-nama tersebut adalah sebagian dari banyak pelaku bisnis UMKM sukses sekaligus inspiratif yang memulai usahanya dari skala mikro kecil hingga bertransformasi menjadi usaha skala besar. Seperti contoh : Schmiley Mo, Gendhid Bag, Kejaya Handicraft, dan PT. Bamboo Media Cipta Persada adalah sederet perusahaan yang berasal dari UMKM hingga saat ini sudah mengekspor produknya serta memiliki pangsa pasar Go Internasional.

Di tanah air UMKM memiliki peranan yang sangat penting dalam perekonomian negara, ini karena sektor UMKM adalah penyumbang PDB terbesar paling banyak menyerap lapangan kerja serta relatif tahan terhadap krisis keuangan. Sebagai contoh, Indonesia pernah mengalami krisis ekonomi hebat pada tahun 1998 yang membuat banyak perusahaan besar mengalami stagnasi dan pada akhirnya harus tumbang. Namun saat krisis ekonomi tersebut sektor UMKM banyak yang tetap bertahan. Aktivitas roda ekonomi dari UMKM di Indonesia justru menjadi penyelamat negara yang sedang berada dalam kondisi terpuruk.

Keberhasilan dalam menjalankan bisnis UMKM tak terlepas dari kemampuan para pelaku usahanya untuk meningkatkan maupun mempertahankan kualitas mutu pelayanan yang sangat berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan selain daripada kualitas produk yang merupakan sebuah wujud bentuk yang pertama kali dilihat oleh pelanggan.

Kualitas pelayanan merupakan salah satu strategi marketing yang paling efektif untuk mengembangkan dan mempertahankan suatu bisnis. Hal ini tentu akan sangat mempengaruhi kepuasan agar tetap menggunakan layanan jasa atau produk yang ditawarkan di masa yang akan datang. Tidak hanya itu, dengan memberikan kualitas pelayanan terbaik akan tercipta pelanggan loyal yang biasanya akan memberikan rekomendasi kepada orang terdekatnya bahkan kepada orang yang baru dikenal untuk menggunakan jasa atau produk yang ditawarkan.

Strategi Meningkatkan Kualitas Pelayanan UMKM 

Dalam membuat suatu pelayanan yang bagus dalam bisnis dibutuhkan strategi khusus yang mampu membuat bisnis anda berkembang. Berikut cara tepat yang harus Anda lakukan yaitu :  

1.  BERSIKAP RAMAH DAN BEREMPATI DALAM MELAYANI 

Banyak dari bisnis yang kehilangan pelanggan hanya karena mereka tidak mengutamakan dan menghadirkan pelayanan yang ramah untuk pelanggan mereka. Padahal, bersikap ramah dapat memberikan dampak besar untuk pelanggan. Sikap sopan santun dalam bisnis juga sangat penting untuk diterapkan dan tentunya akan meningkatkan kualitas pelayanan di mata pelanggan. Menyapa pelanggan dengan tersenyum dapat memberikan kenyaman lebih untuk pelanggan.

Tidak hanya itu, pelanggan yang datang tidak hanya sekedar mencari solusi dalam memenuhi kebutuhan saja, mereka juga mencari tempat yang dapat mengerti akan berempati dengan keadaan pelanggan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun