Kesalahan harga di mini market kerap kita jumpai saat belanja, dan jika kita menemukan hal yang seperti ini tentunya sasaran utama adalah kesalahan karyawan, sehingga berbagai tuduhan kadang di lontarkan kepada karyawannya, dan yang lebih sadisnya kadang karyawannya dikatain penipu. (Astagfirullah), Padahal jika kita menjadi mereka, maka mungkin kita akan sadar betapa susahnya pekerjaannya, betapa sulitnya profesinya.
Selisih harga antara pricetag dan dikomputer kasir memang selalu ada, tetapi harus kita sadari bahwa perubahan harga, terutama di mini market yang punya gambar semut ,perubahan harganya setiap hari, jadi apabila yang masuk shift hanya 2 orang dan mendapati perubahan harga item yang banyak maka mungkin tidak bisa terlaksana keseluruhan.
Lagipula perubahan harga bisa terjadi sewaktu-waktu sehingga ada perubahan harga yang kadang terlewatkan tanpa disadari karyawannya, tidak hanya itu juga dengan kesibukan lain yang dituntut harus dikerjakan.
Sebagai konsumen harusnya kita juga pandai berpikir dan mengerti situasi bahwa hal yang seperti itu bukan karna kecerobohan atau kelalaian bahkan disengaja demi mendapatkan keuntungan. pemikiran yang seperti itu jauh dari niat mereka karna mereka mengikuti sistem perusahaan.Konsumen juga harus bijak dan lebih memperhatikan apa yang tertulis di deskripsi pricetag.
karna kebanyakan konsumen hanya melihat nominal angkanya tanpa membaca deskripsi barangnya. Terutama minimarket yang dipedesaan yang konsumennya kebanyakan ibu-ibu rumah tangga.Sehingga ,fenomena seperti ini kadang menjadi perselisihan.
Contoh kecil kesalahan konsumen juga yang tidak disadari adalah mengambil barang dirak kemudian diperhatikan kemasannya dan dikembalikan lagi diraknya apabila tidak jadi dibeli tapi bukan pada tempatnya semula ia mengambilnya, kemudian datang konsumen lain mengambil barang tersebut karna yang dilihat harganya jauh lebih murah, tentunya ini pasti jelas akan mengakibatkan perbedaan harga.
Padahal kita sebagai konsumen harus bisa memperhatikan ,dimana barang tersebut diambil maka disitu juga dikembalikan atau disimpan,karna apabila terjadi seperti ini,pasti karyawannya yang disalahkan padahal itu bukan kesalahan mereka.
Disamping itu juga disetiap mini market pasti selalu ada tulisan, terutama di area kasiran " JIKA TERJADI PERBEDAAN HARGA DI KOMPUTER KASIR DAN DI PRICETAG MAKA KAMI AKAN MEMBERIKAN HARGA YANG PALING RENDAH", tulisan ini adalah sebagai antisipasi perbedaan harga karna sebagai karyawan toko yang kodratnya manusia biasa pasti tidak luput dari sifat lupa.
artinya harga yang anda temukan selisih mereka akan berikan sesuai harga yang tertera dipricetag yang anda temukan, Â jadi konsumen yang baik tentunya hal perbedaan harga tidak usah dipermasalahkan, bahkan sampai-sampai kasirnya dimarahi karna persoalan ini,kecuali bagi konsumen yang sengaja cari sensasi mungkin akan mempermasalahkan.
Jadi, gunakan logika kita sebaik-baiknya, sebagai konsumen marilah kita lebih teliti lagi dalam berbelanja di mini market. Marilah menjadi konsumen yang baik.
#By AK
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H