Lihat ke Halaman Asli

Yayan Saofyan Saury

Guru Bahasa Inggris SMPN 5 Tasikmalaya

"Kahoot" Tetap Yahud (Pendidik Tahu Apa yang Peserta Didik Mau)

Diperbarui: 13 Mei 2020   15:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Pembelajaran merupakan hal terpenting dalam dunia pendidikan. Berbagai cara pastinya telah dan akan terus diupgrade oleh pelaksana pendidikan, dalam hal ini oleh guru. 

Pendidik dan peserta didik merupakan dua pemeran penting yang tidak bisa terpisahkan. Kedua pemeran ini akan berada di posisinya masing-masing pada waktu dan tempat yang tepat. Keduanya merupakan insan pembelajar. 

Guru pada saat ini bukan lagi satu-satunya sumber belajar, pada gilirannya siapapun atau bahkan apapun bisa jadi sumber belajar, termasuk peserta didik dan berbagai media.

Zona nyaman, itulah yang tentunya didambakan oleh kebanyakan orang. Tatap muka dengan siswa menjadi sesuatu yang mahal saat ini. Pandemi telah memposisikan kita untuk saling berjauhan secara fisik. Tetapi tentunya Alloh SWT. selalu memberi solusi atas berbagai hal, termasuk kondisi saat ini asal kita mau bangkit dan terus berusaha. TIK, ya TIK, di masa pandemi ini mengharuskan kita belajar dari rumah (BDR). 

Semua insan pembelajar, baik guru maupun peserta didik, dan bahkan orang tua dituntut untuk beraktivitas dengan menggunakan IT. Berbagai aplikasi disiapkan untuk mengalihkan proses pembelajaran tatap muka kepada pembelajaran online. Itulah hikmah yang bisa kita ambil dari kondisi saat ini, belajar dari covid-19. 

Ada yang memanfaatkan Rumah Belajar dengan web addressnya www.belajar.kemdikbud.go.id, classtools.net yang di dalamnya terdapat aplikasi random name picker, QR Treasure Hunt Generator, dan Puzzle Tokoh, Ada juga yang memanfaatkan media untuk menulis di blog skala nasional seperti halnya kompasiana.com. Beberapa Aplikasi yang tentunya sangat menarik dan bermanfaat bisa kita temukan pada materi E-Workshop "Pemanfatan TIK untuk Pembelajaran" yang dishare oleh Nara sumber, bapak Hari Wibowo, SS.,MPd. Dan bisa kita lihat tutorialnya di https://youtu.be/Hmye7kF1Emg.

“KAHOOT QUIZ” itulah yang ingin penulis sampaikan pada kesempatan ini. Terima kasihku pada seorang teman yang luar biasa dari Mojokerto, pak Widya Budi Prasetyawan, dialah yang pertamakali memperkenalkan media kahoot pada penulis di tahun 2016, dimana sebelumnya di kelas sebelah, beliau memperoleh ilmu tersebut dari ibu Indriyati Rodjan, dan ibu Lia Herawaty, keduanya adalah WI P4TK Bahasa yang juga luar biasa. 

Dan alhamdulillah, penulis juga mendapat penguatan pada saat mengikuti E-Workshop "Pemanfatan TIK untuk Pembelajaran" dengan naras sumber yang sangat mengispirasi kami, yaitu bapak Hari Wibowo, SS.,MPd.  Media ini sungguh luar biasa pengaruhnya bagi peningkatan motivasi peserta didik dalam pembelajaran. Sepertinya berkat kahoot ini peserta didik selalu menanti penulis untuk segera belajar bersama mereka (Ehm ge er sikit he2). Mereka terus termotivasi untuk belajar lebih seksama karena diakhir pembelajaran mereka akan terlibat dengan media kahoot. 

Dan tentunya apabila mereka mengikuti proses pembelajaran dengan baik, mereka akan bisa mengikuti kuis kahoot dengan mudah. Tapi sebenarnya media kahoot ini bisa juga digunakan di berbagai tahapan kegiatan, terutama pada awal kegiatan inti sebagai kegiatan pretest, atau di akhir kegiatan inti untuk mengetahui sejauh mana peserta didik memahami materi yang telah mereka pelajari pada indikator pengetahuan (posttest). 

#IWIKEMDIKBUD

#WORKSHOPTIKBATCH1

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline