Lihat ke Halaman Asli

Sarjana Perhotelan, Lulus Jadi Manajer?

Diperbarui: 1 Mei 2017   12:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Pernahkah Anda mendengar program pendidikan tinggi dengan jurusan Manajemen Perhotelan? atau Hotel & Tourism Management?

Yang menarik ada kata Management dan memang bobot SKS yang dipelajari terkonsentrasi disana. Umumnya untuk menempuh kejenjang S1 maka Anda akan menghabiskan waktu sekitar 8 Semester atau 4 Tahun lamanya, dengan rincian 6 semester di kelas dan 2 semester melakukan program internship di hotel, baik di dalam negri maupun di luar negri. Namun, Kebanyakan program internshipnya masih bersifat tekhnis, belum mengarah ke manajemen.

Lalu, pertanyaannya adalah: Apakah setelah lulus Anda bisa langsung menjadi seorang Manager di Hotel?

Jawabannya sederhana: Bisa Tapi Bersyarat.

Rinciannya ada dalam ulasan dibawah.

Apa Yang Akan Anda Alami Dilapangan?

Industri perhotelan adalah industri yang sangat kompleks, dinamis dan memiliki variasi bidang keilmuan yang multi dimensi dan berkembang dengan sangat cepat. Baik di tataran tekhnis, Belajar leadership dan manajement hotel. Untuk menjadi seorang manajer diperlukan pengalaman yang mumpuni pada bidang-bidang kerja manajemen yang akan ditempuh.

Akademisi berfungsi untuk mendidik Anda, memberikan wawasan dan keterampilan secara umum, mengasah kemampuan berfikir secara analitik yang dimana bahan ajar diambil dari berbagai macam teori dan best practice dari industri, namun demikian bobotnya hanya sekitar 10% dari total kompetensi yang dibutuhkan untuk menempati posisi manajer.

Apalagi dengan kurikulum yang terbilang masih harus banyak mengejar untuk menyeimbangi kebutuhan Industri. Untuk memperbaikinya memang dibutuhkan sinergi yang kuat antar semua pemangku kepentingan.

Contoh kecil saja, jika Anda ingin menjadi manajer, apakah Anda mengetahui bagaimana menangani karyawan yang sulit diatur beserta beraneka ragam jenis kasus didalamnya? Memahami UU Ketenagakerjaan? Bagaimana cara bernegosiasi bisnis? Bagaimana mengantisipasi dan menangani dispute of operation?

Selain itu, Apakah Anda juga sudah mengetahui berbagai macam gaya kepemimpinan yang diterapkan untuk multi situasi yang kompleks? Memimpin dan mengelola perubahan dengan berbagai macam skenario? Value for asset creation? Mengetahui berbagai macam tekhnologi terkini dihotel dan bagaimana memaksimalkannya, serta bagaimana menganalisa berbagai macam format laporan yang berpotensi merugikan / menguntungkan hotel? Dan situasi-situasi lainnya dalam mengelola hotel?

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline