Pemasaran produk untuk ekspor memang tidak bisa di lakukan dengan sembarangan, karena produk yang di pasarkan akan menjadi di kenal dan terkenal sesuai dengan kemasan dan standarisasi manajemen yang sesuai dengan apa yang di harapkan oleh para importir dari negara yang bersangkutan. Itulah sebabnya, perlu ada standar produk dalam negeri yang menjadi satu acuan dalam memasarkan produk untuk ekspor ke seluruh dunia.
Berkaca dari kondisi itulah, maka bersama ini coba kami sampaikan beberapa hal yang menjadi satu perhatian bagi para pelaku bisnis UMKM yang akan melakukan ekspor. Bahwa untuk soal standar produk dalam negeri yang akan di ekspor setidaknya harus memperhatikan beberapa hal yang telah di jelaskan diatas, sehingga pada saat produk di kirimkan pelaku bisnis tidak lagi di repotkan dengan hal hal teknis seperti yang di jelaskan diatas. Kondisi ini akan sangat membantu bagi para pelaku bisnis UMKM yang memang saat ini masih belum familiar dengan standar produk untuk ekspor, sehingga dengan adanya acuan standar ini akan bisa menjadi satu referensi yang baik agar semua produk UMKM yang akan di ekspor sudah memenuhi apa yang menjadi standar perlakukan produk ekspor yang biasanya menjadi ketentuan dari para importir di seluruh dunia.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H