Lihat ke Halaman Asli

achmad soheh

Professional

6 Strategi Memenangkan Persaingan dalam Industri Logistik Tahun 2023

Diperbarui: 31 Oktober 2022   11:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber ; BPS

Tidak bisa di pungkiri,  terjadinya  pertumbuhan ekonomi mencapai 5,44% hingga memasuki triwulan 2 tahun 2022 memang di peroleh salah satunya dari pergerakan  yang terjadi pada bisnis logistic. Sehingga bisa di pastikan bahwa tahun 2023, salah satu penopang utama pertumbuhan ekonomi tetap masih di sumbangkan oleh industry logistic. 

 

 

Memang jika melihat kondisi yang ada di tahun 2022, dimana selain sector industri logistic yang bisa menopang pertumbuhan ekonomi secara nasional. Ada juga beberapa sector  lain seperti Industri Pengolahan, Transportasi & Pergudangan, hingga sector industri perdagangan. Namun bukan karena kita mengatakan bahwa sector industri logistic tetap menjadi salah satu contributor terbaik untuk pertumbuhan ekonomi secara nasional. Juga bisa didasarkan pada satu kenyataan, bahwa sejak pandemic covid 19 jelas industri logistic termasuk salah satu sector industri yang tetap bisa survive di saat banyak sector terjadi penurunan.

Berdasarkan kondisi itulah, kita bisa memastikan bahwa ke depan pada tahun 2023 dimana beberapa prediksi mengatakan dunia akan  mengalami resesi. Tetapi kita tetap berharap bahwa sector industri logistic masih mampu menjadi trigger  untuk meningkatkan atau mempertahankan pertumbuhan secara nasional seperti yang terjadi saat ini.

Kenapa Sektor Industri Logistik menjadi Trigger Pertumbuhan Ekonomi secara Nasional 

 

Untuk menjawab  pertanyaan ini, mungkin kita bisa memberikan beberapa alasan  yang bisa menjadi penguat kenapa sector industri logistic mampu melakukan kondisi tersebut : (1) Saat ini industri logistic Indonesia berkembang cukup  baik.  Dimana ketika kita bicara pertumbuhan pelakunya saja, saat  ini tidak hanya di jalankan oleh perusahaan besar semata. Tetapi perusahaan yang notabenenya perusahaan kecil atau kelas UMKM sudah banyak masuk ke industri logistic.

(2) Selama covid hingga saat ini, bisa di katakan pengguna industri logistic banyak berasal dari  indutri UMKM. Baik mereka  yang mengirimkan produk /barangnya ke dalam negeri tetapi juga ke luar negeri ( ekspor). Sehingga tidak salah jika pada akhirnya kita tetap berharap tahun 2023 industri logistic masih cukup potensial. Mengingat perkembangan pelaku bisnis UMKM saja yang ada saat ini cenderung terus meningkat dari tahun ke tahun.

(3) Masyarakat sekarang sudah semakin paham akan arti penting industri logistic. Sehingga saat ini mereka lebih sering menggunakan jasa pengiriman dalam  negeri ( perusahaan logistic dalam negeri ) untuk berbagai kepentingan baik personal ataupun bisnis.

Namun sekalipun kondisi bisnisnya semakin besar, tetapi sudah barang tentu persaingan yang ada di industri ini juga semakin pesat Sehingga memang perlu adanya satu inovasi atau kreativitas yang harus di jalankan oleh pengelola bisnis logistic agar mereka bisa tetap survive di tahun 2023 mendatang.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline