Sepatu merupakan produk yang sangat digemari dikalangan masyarakat Indonesia. Banyak perusahaan yang bersaing menciptakan produk yang menarik minat beli konsumen. Selain itu banyak juga produk sepatu impor yang terus memasuki pasar Indonesia yang menyebabkan persaingan semakin kompetitif. Namun masih banyak juga yang orang gemar memakai sandal.Â
Banyak model sandal yang unik dan lucu-lucu, Saat ini desaigner sendal begitu jeli melihat peluang pasar sehingga apa yang mereka hasilkan menarik perhatian konsumen, walaupun sebenarnya konsumen tidak terlalu membutuhkan sendal namun karena cantik dan menarik akhirnya mereka membelinya. Namun karena sandal sangat cocok digunakan untuk kegiatan informal dan untuk bersantai sehingga banyak masyarakat yang harus terpaksa membawa dua jenis alas kaki yaitu sepatu yang digunakan untuk kegiatan Semiformal dan sandal yang digunakan ketika sedang bersantai.
Hal ini menjadi tidak efektif dan efisien, karena menyimpan sepatu atau sandal lain yang dibawa di dalam tas akan menambah beban tas menjadi lebih berat dan menghabiskan ruang penyimpanan yang besar. Berdasarkan permasalahan tersebut saya melihat peluang usaha dalam mengurangi beban bawaan konsumen yaitu dengan menciptakan sandal di dalam sepatu.Â
Saya mencoba menawarkan inovasi produk berupa sepatu Sneakers yang menjadi trend minat pasar saat ini serta di dalamnya terdapat sandal jenis flip flop yang sudah menyatu dengan alas sepatu sehingga ketika dibuka covernya konsumen bisa langsung menggunakan sandalnya. Produk ini diberi nama SS Shoes. Cover dari SS shoes dapat di lepas sehingga ketika di buka akan terdapat sandal flip flop. Yang menjadi perekat antara cover dan alas sendal yaitu kancing yang di letakan di samping alas sandal serta di bagian pinggir bawah cover.
Value Proposition
Pelanggan merupakan aset penting bagi sebuah perusahaan. Peran pelanggan dalam model bisnis yang dijalankan oleh sebuah perusahaan mampu mengembangkan profit untuk keberlangsungan perusahaan. Akan tetapi perusahaan harus mampu membangun model bisnis yang dapat menciptakan value proposition untuk memenuhi kepuasan pelanggan. Disini SS Shoes menciptakan sepatu sneakers yang berbeda dengan produk sneakers lainnya karena di dalam sepatu sneakersnya terdapat sandal flip flop yang sudah menyatu dengan alas sepatu. Berikut Value proposition SS Shoes:
- SS Shoes merupakan inovasi dari sepatu sneakers dengan sandal flip flop didalamnya sehingga konsumen tidak perlu repot-repot lagi untuk mengganti sepatu ketika ingin berpergian santai sehingga dapat meringankan beban barang bawaan konsumen.
- Harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau.
- Walaupun harga ditawarkan cukup terjangkau tapi saya tetap memilih bahan-bahan yang berkualitas sehingga konsumen tetap merasa nyaman ketika menggunakan sepatu sandal tersebut.
- Karena covernya bisa di buka sehingga ketika hujan konsumen tidak perlu lagi bingung mengganti sepatu dengan sandal, cukup buka covernya dan konsumen bisa berjalan dengan tenang tanpa khawatir sepatu akan basah. Alas dari sandal tersebut juga terbuat dari bahan karet sehingga tidak meresap air hujan.
Segmenting, Targeting, dan Positioning
Berikut Segmentasi, Targeting dan Positioning produk saya :
- Segmenting
Segmenting dari produk saya adalah pria dan wanita muda
- Targeting
Targeting dari produk saya adalah pria dan wanita muda yang memiliki banyak kegiatan di luar rumah yang menyukai sepatu sneakers.
- Positioning
Sepatu sneakers yang di dalamnya terdapat sandal sehingga dapat digunakan secara fleksibel dalam kegiatan apa pun.
Customer Relationship
Dalam membangun serta meningkatkan nilai produk saya di mata konsumen maka pelanggan dapat menghubungi customer service SS shoes ke nomor 081260001616 serta mengirim email ke SSshoes@gmail.com . Â Â
Channels
SS Shoes akan melakukan komunikasi pengenalan produk melalui beberapa toko online yaitu seperti Kaskus, OLX, Buka Lapak, Lazada, Tokopedia serta mempromosikan melalui akun media sosial yaitu Instagram, Twitter, Facebook, dan Line. Untuk membantu pelanggan dalam bertanya mengenai produk saya serta memberikan saran terhadap produk saya maka konsumen dapat menghubungi melalui Aplikasi Line. Dalam mempermudah konsumen dalam membeli produk saya, konsumen dapat membayar dengan metode cash atau transfer antar bank. Selain itu produk akan kami kirimkan menggunakan jasa gojek untuk daerah jabodetabek dan JNE jika berada di luar jabodetabek.
Key Activities
Berikut kegiatan yang dilakukan SS Shoes dalam mencapai tujuan :
- Mencari pengerajin sepatu serta SDM lainnya
- Membeli serta memilih bahan-bahan sepatu berkualitas
- Memproduksi sepatu secara massal
- Mempromosikan serta melayani pembelian online
- Pengiriman paket melalui JNE dan jasa Gojek
Key Resources
Sumber daya yang di butuhkan  dalam menjalankan bisnis adalah :
- SDM Pabrik : Raw material, pengerajin sepatu, packaging sepatu, quality control
- SDM Toko : pelayan toko, cashier, customer service dan website maintenance.
Cost Structure
Biaya produksi SS Shoes meliputi biaya penyediaan bahan baku, biaya pengerajin sepatu, pekerja pabrik lainnya, serta biaya packaging. Untuk biaya pemasaran meliputi biaya endorsement dan biaya pengembangan official website SS Shoes. Serta biaya pengiriman produk di tanggung oleh konsumen kecuali konsumen membeli secara langsung ke toko saya.
Revenue Stream
Cara SS Shoes menetapkan harga menggunakan mekanisme Fixed Price sehingga tidak dapat ditawar lagi. Untuk mendapat menjalankan setiap operasional perusahaan SS Shoes membutuhkan pendapatan dari penjualan produk SS Shoes dengan menggunakan Point Asset Sale.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H