Mohon tunggu...
Aminina Putri
Aminina Putri Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Islam Sultan Agung

Dunia Tak Lagi Sama, Tak Selamanya Memihak Kita, Di Saat Kita Mau Berusaha Di Situlah Kebahagiaan Akan Indah Pada Waktunya.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pembelajaran Matematika Melalui Media Game Kahoot untuk Menciptakan Suasana Pembelajaran Menyenangkan

31 Desember 2022   21:10 Diperbarui: 31 Desember 2022   21:39 171
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Dosen Pengampu : Nila Ubaidah Spd., Mpd. ( Dosen FKIP Unissula )

Aminina Putri (34202100010) Mahasiswi FKIP Unissula

Matematika merupakan salah satu ilmu yang sangat penting di dalam bidang pendidikan karena matematika sangat penting dan erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari, meskipun dalam bilangan dan operasi yang sangat sederhana. Misalnya dalam menghitung uang untuk membeli suatu barang dan menghitung simpan pinjam. Namun sangat disayangkan bahwa sampai saat ini  masih banyak masyarakat di berbagai kalangan terutama siswa yang menganggap bahwa matematika sebagai ilmu yang sulit, hal inilah yang menjadi PR besar bagi seorang guru/calon guru matematika untuk dapat menciptakan pembelajaran matematika yang asik dan menyenangkan.

Guru matematika sejauh ini terlalu monoton dan kurang variatif dalam mengajar matematika, bahkan ada beberapa siswa yang menganggap bahwa guru matematika adalah guru yang galak. Hal-hal tersebutlah yang menyebabkan siswa mengantuk, jenuh saat pembelajaran berlangsung dan tidak memperhatikan dengan baik penjelasan materi dari guru mereka . Karena hal itulah sering sekali sebagian besar dari siswa mendapatkan nilai yang kurang memuaskan dalam mata pelajaran matematika.

Bukan hal yang mudah bagi seorang guru/calon guru untuk menciptakan suasana pembelajaran matematika yang menyenangkan. Banyak tantangan yang harus dilewati, karena sebagian siswa yang sudah merasa muak dengan matematika, mereka malas belajar matematika karena sebagian dari mereka selalu berpikiran bahwa matematika adalah pelajaran yang sangat sulit. Mereka tidak mau belajar karena mereka merasa kesulitan untuk menentukan jawaban dari sebuah permasalahan matematika, akibatnya nilai matematikanya selalu kurang memuaskan, bahkan tidak jarang sebagian dari mereka harus mengulang ujian mereka.

Matematika adalah salah satu mata pelajaran yang wajib diberikan kepada siswa dimulai dari sekolah dasar (SD) sampai dengan sekolah menengah atas (SMA) matematika akan tetap ada. Mengingat betapa pentingnya matematika di dalam kehidupan sehari-hari, maka dari itu sebagai guru/calon guru matematika harus bisa menciptakan suasana pembelajaran matematika yang asik dan menyenangkan agar dapat mengubah pola pikir siswa bahwa matematika adalah salah satu pelajaran yang sulit untuk dipahami.

 Dengan mengubah  cara pandang dan menciptakan suasana yang menyenangkan saat pembelajaran matematika berlangsung diharapkan dapat meningkatkan semangat para siswa untuk belajar matematika dan mendapatkan nilai yang memuaskan.

Untuk menciptakan pembelajaran matematika yang menyenangkan dapat diawali dengan menciptakan suasana pembelajaran yang nyaman, kondusif, dan pembelajaran yang bermakna dengan mangaitkan pengetahuan baru dan pengetahuan lama yang dimiliki oleh siswanya dengan menggunakan strategi pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa.

Ilmu pengetahuan teknologi dan informasi saat ini berkembang dengan sangat cepat. Kemajuan ilmu pengetahuan telnologi dan informasi sangat bermanfaat bagi setiap kehidupan manusia. Di dalam dunia pendidikan ilmu pengetahuan teknologi informasi dan komunikasi memudahkan guru/calon guru unutk mencari ataupun menyebar luaskan informasi dan pengetahuan melalui sarana, misalnya adalah smartphone dan internet. Selain itu dengan kemajuan ilmu pengetahuan teknologi informasi dan komunikasi kita dapat mengetahui beberapa peristiwa penting di berbagai belahan dunia hanya dengan menggunakan smartphone dan internet.

Pada saat ini kemajuan ilmu pengetahuan teknologi informasi dan komunikasi merupakan salah satu produk perubahan zaman yang banyak sekali membawa perubahan di dunia pendidikan. Salah satunya adalah smartphone dan internet, dimana kita bisa dengan mudah mengakses/mendapatkan berbagai informasi dari smartphone dan internet. Hal inilah yang harus bisa dimanfaatkan dengan baik oleh guru/calon guru untuk dapat menciptakan pembelajaran yang menarik dan menyenangkan.

Kemajuan ilmu pengetahuan serta teknologi informasi dan komukasi yang saat ini berkembang dengan sangat cepat diharapkan dapat membawa dampak yang positif untuk kemajuan pendidikan. Hal ini dapat menjadikan salah satu media yang efektif dan efisien untuk digunakan sebagai sarana penunjang proses belajar dan mengajar. Penggunaan teknologi informasi pada asaat ini dan di era digilitasi seperti sekarang ini tidak dapat dikesampingkan dan menjadi suatu kebutuhan vital oleh masayarakat, sehingga perkembangan teknologi informasi dapat berkembang dengan sangat cepat dan mendapat minat yang baik oleh masyarakat.

Era digilitasi seperti saat ini juga dapat dimanfaatkan oleh seorang guru/calon guru untuk menciptakan pembelajaran yang menyenangkan. Ada beberapa fasilitas multimedia berbasis IT yang dapat digunakan oleh seorang guru/calon guru untuk menunjang proses pembelajaran. 

Penggunaan smartphone dan internet dapat dimanfaatkan dengan baik di bidang pendidikan. Dengan adanya smartphone dan internet harus dimanfaatkan dengan baik oleh guru/calon guru untuk mejadikannya sebagai sarana penunjang pembelajaran. Terdapat banyak sekali aplikasi pembelajaran yang dapat digunakan untuk mendukung proses pembelajaran agar proses belajar dan pembelajaran menjadi lebih menarik dan menyenangkan. Maka dari itu proses pembelajaran di sekolah tidak dapat terlepas dari perkembangan ilmu pengetahuan serta teknologi informasi dan komunikasi.

Terdapat banyak aplikasi yang dapat dimanfaatkan oleh seorang guru/calon guru untuk menunjang sarana pendidikan agar menghasilkan hasil yang memuaskan. Salah satu diantara banyaknya aplikasi tersebut adalah kahoot. Kahoot adalah salah satu aplikasi gratis untuk memainkan kuis pembelajaran yang menyenangkan. Game Kahoot merupakan sebuah platform pembelajaran berbasis permainan. Platform ini adalah proses pembelajaran "kahoot!" adalah kuis pilihan ganda yang dibuat oleh pengguna yang dapat diakses melalui penjelajahan web atau aplikasi kahoot. 

Implementasi penggunaan game kahoot dapat digukan dengan mudah di dalam kelas, ketika sedang melaksanakan pembelajaran. Dengan mamanfaatkan smartphone dan internet dapat dengan mudah mengunjungi web/aplikasi kahoot. Kahoot dapat digunakan untuk mata pelajaran apa saja, mulai dari bahasa indoseia, bahasa inggris, ilmu pengetahuan alam, ilmu pengetahuan sosial, matematika, dan lain sebagainya. Kahoot bisa digunakan untuk mereview, penguatan, pra-assesmen, assesmen formatif, dan latihan sebelum ujian. Kahoot dapat memudahkan seorang guru/calon guru dalam mengoreksi tugas, dan dapat menjadikan PR menjadi sebuah hal yang snagat menarik dan menyenangkan.

Guru dapat menampilkan kuis kahoot di layar/proyektor. Pemain/peserta/siswa dapat bergabung via aplikasi atau langsung menuju web ke www.kahoot.it. Pertanyaan dan jawaban yang telah disediakan sebelumnya akan muncul di layar, peserta/siswa dapat menjawab melalui smartphone masing-masing. Dengan menggunakan kahoot dapat menciptakan suasana yang riuh, namun tetap dalam keadaan yang kondusif, itu sama hal nya dengan belajar dengan hati yang gembira.

Kahoot sangat mudah diakses oleh siapapun, olen karena itu seorang guru/calon guru harus bisa memanfaatkan hal tersebut dengan baik. Dengan menciptakan kuis-kuis ringan mengenai persoalan matematika saat adanya waktu luang. Dengan tampilan yang menarik dan menyenangkan karena banyak animasi yang di sediakan di dalam kahoot. 

Guru/calon calon guru dapat menjadikan kahoot semenarik mungkin dnegan menambahkan gambar, video, dan pilihan opsi jawaban yang kreatif untuk meningkatkan daya tarik siswa. Guru/calon guru dapat memanfaatkan kahoot ketika akan dilaksanakannya ulangan harian. Dengan melakukan hal tersebut diharapkan siswa dapat lebih semangat dalam proses pembelajaran matematika berlangsung dan mendapatkan nilai yang memuaskan.

Aplikasi kahoot juga dapat digunakan oleh guru/calon guru matematika untuk melihat sejauh mana taingkat kepahaman siswa dalam memahami materi yang telah diberikan. Cara penggunaananya yang mudah dan mendapatkan hasil yang cepat dalam proses penilaiannya menjadikan aplikasi ini sangat layak digunakan untuk aplikasi pembelajaran matematika, sehingga para siswa memiliki minat dan motivasi yang lebih untuk belajar matematika.

Guru/calon guru pasti memiliki materi dan bank soal yang banyak sehingga aplikasi ini dapat digunakan untuk menyimpan materi dan soal-soal untuk kemudian dianalisis sehingga bisa menjadi materi dan sosal yang valid, reliabel dan memiliki daya beda serta tingkat kesukaran yang biak. Sehingga pembelajaran menjadi lebih menyenangkan.

Selain dapat digunakan sebagai kuis-kuis ringan, kahoot juga dapat digunakan sebagai salah satu media penyampaian materi yang menarik dan menyenangkan. Banyak sekali fasilitas-fasilitas yang disediakan oleh kahoot dan dapat dimanfaatkan dengan baik oleh guru/calon guru. Banyak animasi-animasi menarik yang dapat meningkatkan semangat belajar siswa terutama saat belajar matematika. Rasa penasaran dan keingintahuan siswa akan meningkat ketiika menemukan suatu hal yang baru dan menarik. 

Siswa juga akan memperhatikan dengan seksama, dan mencoba untuk memahami materi yang diberikan, karena mereka merasa enjoy, nyaman, dan senang berada di dalam kelas tersebut. Hal tersebut diharapkan dapat menghilangkan rasa mengantuk, jenuh, dan bosan ketika berada di dalam kelas, dan ketika pembelajaran matematika berlangsung.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun