Pada hari Jumat tanggal 3 Mei 2024 saya Aminatul Mardiyah dengan NIM 212180126 bersama anggota kelompok saya yaitu Harris Setiawan, Dwi Ma'sumah, dan Sekar Elvira Putri Sanjivani melaksanakan simulasi pembelajaran edutainment skill yang berada di SD Negeri Sawunggaling tepatnya di kelas 5 yang berjumlah delapan belas siswa.Â
Adapun materi yang diajarkan yaitu materi IPAS tentang Keragaman Hayati dan Nonhayati serta Sumber Daya Alam.Â
Adapun untuk tahap pelaksanaan pembelajarannya yaitu yang pertama-tama pembelajaran dibuka dengan pembukaan (salam) dan ice breaking, yang selanjutnya dilanjutkan dengan menyampaikan materi dengan menggunakan media pembelajaran scrapbook.Â
Pada saat menjelaskan materi menggunakan scrapbook beberapa siswa diminta maju untuk membacakan materi dan juga mencoba mengaplikasikan scrapbook yang berisikan materi yang selanjutnya dilanjutkan dengan menyanyikan lagu pembelajaran dan mengaplikasikan papan sumber daya alam.Â
Pada saat mengaplikasikan papan sumber daya alam siswa diminta untuk bermain sambil mengingat materi yang sudah disampaikan di awal.Â
A. Respon Siswa
1. Ice Breaking
Ice breaking ini dilakukan pada saat awal pembelajaran supaya siswa bersemangat dalam belajar. Adapun disini untuk ice breakingnya yaitu dengan tepuk konsentrasi:
Tepuk satu.... Yes!
Tepuk dua.... Oke!
Tepuk tiga.... Se Ma Ngat!
Tepuk empat.... Kon Sen Tra Si....
Tepuk lima.... Siap Belajar!
Tepuk Fokus.... (Melihat...., Mendengar...., Mengingat....,Fokus!
Tepuk Konsentrasi....
(Aku, konsentrasi.... karena aku.... ingin tahu guruku berbicara aku yang mendengarkan!....SIAP!....)
Pada saat ice breaking ini peserta didik mengikuti dengan sangat antusias dan penuh semangat.
2. Menyampaikan Materi Menggunakan Media Scrapbook
Pada saat penyampaian materi melalui media scrapbook peserta didik menyimak dan memperhatikan materi dengan baik. Pada saat ditanya tentang materi, siswa ada yang antusias menjawab materi dan ada juga yang sibuk mainan sendiri. Selain itu ada juga siswa yang malu-malu untuk menjawab pertanyaan.
3. Lagu Pembelajaran
Pada saat menyanyikan lagu pembelajaran siswa sangat antusias dan bersemangat yang mana siswa minta untuk bernyanyi lagu pembelajaran lebih dari satu kali bahkan mintanya untuk diulang-ulang terus.
4. Media Papan Sumber Daya Alam
Pada saat mengaplikasikan media papan sumber daya alam ini siswa sangat penasaran dengan media yang dibuat sehingga bertanya-tanya kepada guru cara menggunakannya. Dengan adanya papan sumber daya alam ini siswa sangat antusias dan mengikuti pembelajaran dengan senang.
B. Keterlaksanaan Pembelajaran
Pembelajaran yang dilakukan di kelas V SD Negeri Sawunggaling dengan mengajarkan materi IPAS tentang Keragaman Hayati dan Nonhayati serta Sumber Daya Alam ini terlaksana dengan baik dan sudah sesuai dengan rancangan yang dibuat.
C. Keefektifan
Pembelajaran dengan menerapkan pembelajaran edutainment ini sangat efektif digunakan dalam pembelajaran karena siswa akan sangat antusias dan tidak mudah bosan pada saat proses kegiatan belajar sedang berlangsung. Pembelajaran edutainment ini merupakan kegiatan mengajar dengan cara yang menyenangkan yaitu sepeerti mengajar dengan menggunakan media pembelajaran serta materi pembelajaran yang dinyanyikan (bernyanyi lagu pembelajaran) sehingga siswa akan nyaman dan tidak mudah bosan saat kegiatan belajar berlangsung, sehingga pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran edutainment ini sangat efektif dalam sebuah pembelajaran.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H