Sumber: Universitas Jurnalistik
Jurnalisme Masa depan yang ditulis oleh Paul Bradshaw (2007) mengatakan bahwa masa depan jurnalisme terbagi menjadi tiga:
1. Realtime
2. Big Data
3. Intelligent devices
1. Speed
2. Depth
Penjelasan mengenai jurnalisme masa depan serta model newsroom dapat kalian dapatkan dengan membuka podcast yang tersedia.
The News Diamond
Piramida terbalik dan tidak terbalik sekarang sudah menjadi satu
Distributed Journalism
Jurnalis tidak hanya bekerja untuk menulis, tetapi jurnalis juga memikirkan bagaimana tulisan tersebut bisa tersebar luas dan bisa dilihat oleh semua audiens.
Journalism 1.0
Proses jurnalistik hanya berjalan satu arah, di mana jurnalis memberikan informasi tetapi tidak mendapatkan respon.
Journalism 2.0
Poses jurnalistik yang berjalan dua arah, di mana jurnalis memberikan informasi kemudian direspon oleh audiens sehingga menimbulkan adanya interaksi.
Kredibilitas 2.0 Dulu dan Sekarang
Dulu ketika audiensnya banyak maka baru disebut sebagai keberhasilan, dibandingkan dengan sekarang reputasi komunitas dilihat dari kejujuran dan transparansi.
Info Supply and Demand 2.0
Dulu tantangan terletak pada aspek tempat seperti portal berita yang masih kurang dan terbatas, dibandingkan dengan sekarang aspek tempat sudah terpenuhi tetapi yang menjadi ketakutan adalah kurangnya perhatian dari audiens.
Business Model 2.0
Sekarang ini yang disebut sebagai komunitas adalah yang dulunya terbagi menjadi audiens, viewers, readers, customers.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H