Kepemimpinan pembelajaran yang inovatif menuntut para pemimpin pendidikan, seperti kepala sekolah dan guru, untuk terus beradaptasi dengan perkembangan zaman dan meningkatkan kualitas pembelajaran. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah melalui kegiatan observasi partisipatif dalam praktik pembelajaran. Kegiatan ini melibatkan kepala sekolah dan guru sejawat secara aktif dalam mengamati proses pembelajaran di kelas, dengan tujuan untuk saling belajar, berbagi ide, dan meningkatkan kualitas pembelajaran.
Observasi partisipatif dalam praktik pembelajaran memiliki potensi besar untuk menjadi katalis perubahan dalam sebuah lembaga pendidikan. Proses ini umumnya melibatkan beberapa tahapan, mulai dari persiapan, pelaksanaan, hingga diskusi tindak lanjut. Pada tahap persiapan, perlu dilakukan perencanaan yang matang, seperti menentukan guru yang akan diobservasi, aspek-aspek yang akan diamati, dan instrumen yang akan digunakan. Pelaksanaan observasi dilakukan dengan cara mengamati langsung proses pembelajaran di kelas, baik secara individu maupun kelompok. Setelah proses observasi selesai, dilakukan diskusi tindak lanjut untuk membahas temuan-temuan yang diperoleh, memberikan umpan balik, dan merumuskan langkah-langkah perbaikan.
Melalui kegiatan observasi partisipatif, kepala sekolah dan guru sejawat dapat memperoleh manfaat yang berlipat ganda. Pertama, kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran guru akan praktik pembelajaran yang efektif dan inovatif. Kedua, observasi partisipatif dapat menjadi sarana untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman di antara sesama guru. Ketiga, kegiatan ini dapat mendorong terciptanya budaya belajar yang positif di sekolah. Selain itu, observasi partisipatif juga dapat membantu kepala sekolah dalam memberikan bimbingan dan mentoring kepada guru.
Kegiatan observasi partisipatif dalam praktik pembelajaran merupakan salah satu bentuk inovasi kepemimpinan pembelajaran yang sangat efektif. Dengan melibatkan kepala sekolah dan guru sejawat secara aktif dalam proses pembelajaran, sekolah dapat menciptakan lingkungan belajar yang lebih baik dan menghasilkan lulusan yang berkualitas. Oleh karena itu, penting bagi setiap lembaga pendidikan untuk menjadikan observasi partisipatif sebagai bagian integral dari upaya peningkatan mutu pendidikan.(Slamet Firdaus)
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H