Anda penggemar film Hollywood? Anda sering menemukan produk Apple pada film yang sedang Anda tonton? Lagi dan lagi Apple muncul pada film pahlawan super Amerika. Seperti apa wujud nyata Apple saat berada pada film yang tengah ramai menjadi perbincangan di segala sosial media? Mari kita mencoba untuk membahasnya.
Iklan TV Kurang Efektif
Seperti yang kita ketahui periklanan kini dianggap menjadi media terlazim yang digunakan perusahaan. Iklan digunakan untuk memperlihatkan citra konsumen, kepercayaan, dan juga mempengaruhi perasaan (Durianto, Sugiarto, Widjaja, & Supratikno, 2003, p.2). Sebelum era digital seperti ini iklan televisi dinilai efektif, namun untuk saat ini periklanan di televisi dianggap kurang efektif.
Karna tersaingi oleh platform media digital yang benar benar bisa lebih mendunia dalam mengiklankan suatu produk dan mempromosikannya secara bebas.
Kok Bisa Dinilai Kurang Efektif?
Dilansir dari Forrester Research bekerjasama dengan ANA (Association of National Advertisers) menyatakan bahwa: “78% pengiklan merasakan kalau iklan televisi sudah semakin tidak efektif” dan masyarakat beralih pada iklan non tradisional, product placement.
Peminat penonton tv dalam beberapa tahun ini pun menurun dikarenakan peranan dan fungsi dari tv sudah banyak di gantikan oleh benda digital yang lebih compact dan memiliki banyak fungsi lainnya contohnya seperti smarphone, walaupun untuk tv sendiri masih memiliki tingkat produksi yang tinggi dan semakin canggih tetapi itu terkadang masih memakai aplikasi platform lain bukan memakai antena seperti dulu.
Tony Strak dan Applenya
Product placement jaman sekarang tentu nya bukan lagi hal asing, karena banyak kita temukan pada film-film Hollywood. Film ‘Iron Man 2’ (2010) salah satunya. Film ‘Iron Man 2’ merupakan film kedua dari trilogi cerita manusia besi. Film yang termasuk film ketiga produksi Marvel Cinematic Universe ini sekali lagi kembali diarahkan oleh sutradara Iron Man (2008) series sebelumnya, Jon Favreau.
Film ini masih menceritakan tentang Tony Stark dengan segala teknologi juga kekayaannya, namun kali ini pada series ke-duanya Tony Stark telah mengumumkan pada dunia bahwa dirinya ialah seorang Iron Man. Pada film ini terlihat banyak sekali product placement entah itu dari sponsor maupun tidak.
Hal menarik yang muncul dan disorot pada film ini ialah saat Tony Stark yang sangat cerdas sedang merancang kostum Iron Man dengan mengenakan Apple komputer sebagai alatnya. Aktor tampan tersebut mengenakan kaos polos hijau gelap terlihat sedang memegang topeng Iron Man nya yang legend sambil menghadap layar Apple komputer hadapannya.
Logo Apple yang sangat ikonik terlihat jelas sekali kemunculannya. Hal seperti ini dianggap menarik perhatian, karena seperti yang diketahui sebagian besar perusahaan lain perlu membayar sejumlah uang agar produk mereka tampil di layarkaca. Lain halnya dengan Apple, Apple lebih menyukai untuk membagikan produk mereka demi keperluan film tersebut.
Kolaborasi Perfeksi
Industri film Hollywood dan Apple bisa dibilang suatu kombinasi yang cukup sempurna karena sama – sama dapat menghasilkan produk baru yang saling menjadi komplement. Dengan adanya kolaborasi tersebut juga dapat memberikan nilai tambah dalam aktivitas marketing Apple maupun film Iron Man 2 sendiri.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H