Mohon tunggu...
amelia wutami
amelia wutami Mohon Tunggu... Lainnya - mahasiswi

suka healing

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Metode Pengajaran dan Model Gaya Kepemimpinan Imam Al-Ghazali Sebagai Tokoh Sejarawan

15 Desember 2023   07:40 Diperbarui: 15 Desember 2023   07:56 106
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Biografi Singkat Imam Al-Ghazali

Al-Ghazali (juga dikenal sebagai Abu Hamid al-Ghazali) adalah seorang cendekiawan Muslim terkemuka, filosof, teolog, dan ahli hukum yang lahir pada tahun 1058 M di Tus, Persia (sekarang Iran), dan meninggal pada tahun 1111 M di Tus, Persia. Dia memainkan peran penting dalam sejarah pemikiran Islam dan dianggap sebagai salah satu ulama terbesar dalam sejarah Islam.

Perjalanan Tokoh Inspiratif Imam Al-Ghazali

Al-Ghazali memulai pendidikannya di Tus sebelum pindah ke Nishapur untuk belajar di bawah bimbingan ulama terkemuka pada masanya. Ia dikenal sebagai ahli dalam berbagai disiplin ilmu, termasuk fiqh (hukum Islam), teologi, logika, dan filsafat. Meskipun Al-Ghazali telah mencapai puncak kejayaannya sebagai cendekiawan, ia mengalami periode keraguan intelektual dan krisis spiritual. Hal ini mendorongnya untuk meninggalkan posisinya sebagai profesor di universitas dan memulai perjalanan rohaniahnya.

Al-Ghazali melakukan perjalanan yang dikenal sebagai "Rihlah" (perjalanan spiritual) yang melibatkan pencarian jati diri dan makna hidup. Ia meninggalkan kehidupan akademis dan melakukan perjalanan selama beberapa tahun untuk mendalami spiritualitas dan tasawuf (misticisme Islam).

Setelah periode rihlah-nya, Al-Ghazali kembali menulis dan menghasilkan beberapa karya paling berpengaruh dalam sejarah pemikiran Islam. Beberapa karyanya yang terkenal antara lain "Ihya Ulum al-Din" (Revival of Religious Sciences), "Tahafut al-Falasifah" (Incoherence of the Philosophers), dan "Al-Munqidh min al-Dalal" (The Deliverance from Error). Dalam pendidikan, imam Al-Ghazali mengatakan bahwa konsep pendidikan yang benar yaitu dengan mengajar secara menyeluruh yang meliputi tujuan pendidikan, etika guru, metode, kurikulum dan siswa.

Selain itu, Al-Ghazali, pendidikan mempunyai tujuan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT sehingga imam Al-Ghazali membagi ilmu pengetahuan menjadi 3 bagian, yaitu; Ilmu yang terpuji, ilmu yang tercela, ilmu yang terpuji sedikit dan tercela bila mempelajarinya.

Metode pendekatan Pengajaran

Dalam metode pengajaran Pendidikan, Imam Al-Ghazali mengelaborasinya ke dalam pendekatan humanistik, dan pendekatan behavioristik untuk karyanya.

a. Humanistik

Meskipun konsep humanisme lebih sering dikaitkan dengan pemikiran Barat, terdapat cara pendekatan humanistik dalam karya-karya dan pandangan Al-Ghazali yang mencerminkan kepeduliannya terhadap aspek-aspek kemanusiaan seperti toleransi dan keterbukaan terhadap perbedaan.

b. Behavioristik

Metode pendekatan pengajaran behavioristik, yang menekankan pada pengamatan perilaku luar dan penguatan sebagai cara untuk membentuk perilaku yang diinginkan, mungkin tidak secara langsung dikaitkan dengan pemikiran atau metode pengajaran Imam Al-Ghazali. Al-Ghazali lebih dikenal sebagai seorang cendekiawan Islam dan pemikir spiritual, dan konsep-konsep pendidikannya lebih bersifat moral dan etis dibandingkan dengan pendekatan behavioristik yang lebih terfokus pada aspek perilaku luar. Meskipun demikian, beberapa konsep dan metode pengajaran yang ditemukan dalam karya-karya Al-Ghazali dapat dihubungkan dengan prinsip-prinsip behavioristik dalam beberapa hal seperti dalam pembentukan karakter melalui pembiasaan.

Al-Ghazali memberikan kontribusi signifikan terhadap pengembangan tasawuf atau mistisisme Islam. Karyanya sering kali menyoroti pentingnya pengalaman spiritual dan keterlibatan pribadi dalam mencapai pengetahuan dan kebijaksanaan.

Al-Ghazali dianggap sebagai "Hujjah al-Islam" (Bukti Islam) oleh sebagian besar ulama Islam. Pemikirannya mempengaruhi banyak cendekiawan dan masyarakat Muslim hingga saat ini.Meskipun karyanya dianggap kontroversial oleh beberapa kalangan, terutama dalam kaitannya dengan filsafat, ia tetap menjadi tokoh sentral dalam sejarah intelektual Islam.

Gaya Kepemimpinan Imam Al-Ghazali Kharismatik

Imam Al-Ghazali dikenal lebih sebagai seorang pemikir dan cendekiawan ketimbang seorang pemimpin politik atau militer. Meskipun demikian, gaya kepemimpinannya dalam konteks spiritualitas dan intelektual dapat memiliki unsur-unsur kharismatik. Gaya kepemimpinan karismatik adalah jenis kepemimpinan yang didasarkan pada daya tarik, ketertarikan, dan kekharisman seseorang. Al-Ghazali dikenal sebagai seorang pemikir ulung dalam tradisi Islam. Kharisma intelektualnya terletak pada kemampuannya untuk merumuskan argumen yang kuat, memecahkan masalah filosofis, dan memberikan wawasan mendalam dalam teologi dan tasawuf. Kharisma intelektualnya menarik perhatian dan pengikut.

Sebagai figur spiritual, Al-Ghazali memiliki kharisma yang menginspirasi dalam konteks tasawuf. Kontribusinya terhadap pemahaman spiritualitas Islam dan penekanannya pada tazkiyah al-nafs (pembersihan jiwa) menciptakan dampak besar dalam komunitas Muslim.

Meskipun kepemimpinan Imam Al-Ghazali tidak dapat dibandingkan dengan kepemimpinan politik atau militer, daya tarik dan kharisma yang dimilikinya dalam konteks intelektual dan spiritual telah membawa dampak yang signifikan dalam sejarah pemikiran Islam. KharismatiknyAl-Ghazali adalah tokoh yang menciptakan sintesis antara tradisi intelektual dan spiritual Islam. Perubahan hidupnya, dari seorang cendekiawan yang terkenal menjadi seorang peneliti spiritual, mencerminkan perjalanan pribadinya dalam pencarian kebenaran dan makna hidup. Karyanya memiliki dampak besar terhadap pemikiran Islam dan menjadikannya salah satu tokoh terkemuka dalam sejarah keilmuan Islam.a terutama terletak pada kontribusinya terhadap pemikiran dan spiritualitas Islam, serta daya tarik sebagai guru dan pemimpin rohaniah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun