Artikel ini saya tulis atas dasar pengalaman pribadi penulis sebagai pengguna layanan ini.
Sebut saja dia Gojek. Aplikasi ojek online ini sangat membantu saya yang mana tidak bisa mengantar jemput anak anak ke sekolah. Awal nya saya pikir bakal tekor karena harus ngojek bolak balik ke sekolah. Ternyata setelah saya pelajari, semakin saya sering pesan, semakin bertambah voucher promo yang saya dapat. Pernah satu hari lagi banyak promo, tarif normal 15.000 untuk 1x trip, ada 2 pilihan promo. Saya ambil yang 50%, jadi cukup membayar 7500 saja. Bahkan pernah tarif nya 5000 untuk 1x trip. Dan ini jarang jarang loh dapet promo setengah harga. Jadi saya sangat terbantukan dengan aplikasi ini.Â
Namun ada cerita cerita seru di balik pemesanan ojek online yang berbasis aplikasi ini. Ketika kita sudah memesan memang gak  bisa sembarangan main cancel saja. Karena semua terekam dengan sistem. Jadi jika ada kesalahan, bukan bagaikan membalikkan telapak tangan. Berikut serba serbi cerita seru di balik memesan ojek online.
1. Titik Lokasi Tujuan Yang Jauh Dari Titik Awal
Waktu itu kami pulang dari lokasi mengunjungi kerabat kami. Ternyata saya tidak teliti memilih titik tujuan menuju alamat rumah saya. Harus nya lokasi tujuan ke rumah , bukan alamat sekolah. Driver go car menyarankan untuk tidak mengganti alamat tujuan karena ongkos nya akan lebih mahal 2x lipat.
"Gausah di ubah bu alamat nya, nanti ibu kena bayar nya lebih mahal", saran driver.Â
"Alamat tujuan lebih deket apa jauh dari titik bu?", tanya driver lagi.
"Ya lumayan jauh juga mas", jawab saya.
"Yaudah gapapa bu, nanti saya atur aja", ujar driver kembali.Â
Sebetul nya saya merasa gak enak karena titik lokasi tujuan terlampau jauh dari yang seharus nya. Namun, si bapak driver yang baik menyarankan agar tidak di rubah titik lokasi tujuannya. Kesalahan murni dari saya karena tidak teliti memilih titik.
2. 2x Pesan Gojek Di Waktu Yang Sama
Pagi ini saya sibuk mempersiapkan kelengkapan anak sekolah. 2 anak yang sekolah sudah cukup riweuh. Si kakak saya titip ponsel sebentar untuk memantau pesanan ojek. Kemudian terdengar suara notifikasi ciri khas Gojek yang menandakan bahwa orderan saya di cancel si driver. Kemudian saya pesan lagi. Dan terdengar bunyi yang sama. Ketika saya cek, ternyata sudah dapat driver. Driver datang dan mengantar anak -anak ke sekolah. Ketika saya hendak ke dapur, tiba - tiba ponsel saya berbunyi. Saya kaget. Loh tumben amat abang Gojek telpon.
"Kakak atas nama Amelia?" Tanya pak driver. Saya keluar menemui driver Gojek dengan kebingungan karena di ponsel saya orderan pertama belum selesai.
"Loh, pak anak saya udah jalan ke sekolah pake Gojek, lha ini gimana pak ?" Tanya saya.
"Loh mba sudah pesan Gojek? Tapi ini masuk orderan atas nama kakak", tanya driver dengan tidak kalah bingung nya dengan saya. Â Jadi kita..... Â sama - sama bingung sejenak.Â
"Oh gini aja kak, ini saya jalanin aja orderan nya sampai tujuan yah,tapi ini di saya ada uang tarif kakak yang mengendap yang harus saya balikkin ke kakak, nanti kalau orderan nya sudah selesai, saya tf ke rekening gopay kakak saja ya", saran si pak driver.Â
"Malah bapak yang balikkin uang saya ya? Kok ribet yah. Â Akhir nya deal kami sepakat dengan solusi : bapak driver tetap menjalankan rute tujuan dan uang saya yang masuk ke saldo si driver tidak perlu di kembalikan, buat bapak driver nya sajalah. Dari sini saya memahami satu kesalahan yang membuat keribetan dan kebingungan bersama, hehe...
3. Cerita Si Motor Listrik
Di pagi yang biasa, saya mempersiapkan anak anak berangkat ke sekolah dan order ojek online seperti biasa. Ketika driver sudah sampai rumah saya dan anak - anak bengong karena yang muncul adalah motor listrik yang imut. Motor listrik ini lewat tanpa suara. Jadi anak anak pagi itu naik motor listrik. Karena yang naik 2 anak jadi di rasa sempit. Yang membuat anak anak kaget, motor itu melaju tanpa suara. Jadi tiba tiba saja sudah majuuuuu jalan, gerak, hehe. Mungkin besok - besok ketika saya pesan lagi , harus bertanya dulu ya motor nya motor listrik atau biasa. Karena yang di angkut 2 anak. Setidak nya ini pengalaman pertama anak - anak naik motor listrik, si motor tanpa suara.Â
4. Dilema Ngojek Dengan 2 Anak
"Yang cewek belum ketemu bu".
"Yang cewek udah ketemu, yang cowok belum".Â
" 2 anak bu?"
"Belum keluar nih bu, anak nya enggak ada".
Saat itu saya langsung koordinasi ke wali kelas anak - anak dan petugas penjaga gerbang sekolah.Â
Ngojek dengan 2 anak itu riweuh. Si kakak dan adik pulang sekolah di jam yang berbeda. Kadang si kakak harus nunggu adik nya pulang les. Begitu juga sebaliknya.Yang bikin ngeri - ngeri sedap, ketika saya sudah pesan Gojek, si driver sudah sampai di titik penjemputan, anak - anak belum keluar kelas. Duh, ga enak kan karena yang jemput bukan saya sendiri. Melainkan orang lain yang belum tentu mau nunggu.Â
Ojek online ga mau nunggu lama - lama. Begitu sampai di titik penjemputan, anak - anak belum keluar. Nah di saat itu saya kocar kacir sendiri , mengirimkan pesan WhatsApp ke guru anak - anak , informasikan kalau gojek anak - anak sudah sampai lokasi. Malah baru - baru ini pernah driver menunggu anak - anak keluar kelas selama 30 menit. Nah kalau begini saya informasikan via chat keadaan yang sebenarnya. Syukurlah driver mengerti keadaan.Â
5. Salah Titik
Kesalahan yang benar - benar bikin kocak adalah, saya salah nitik lokasi penjemputan dan tujuan adalah sama - sama di sekolah.Â
" hehe maaf kak, ini gak salah nitik". Waduh, eror lagi saya nih.Â
"Jadi gimana ini mas"? Tanya saya..
"Gini kak, kalau saya jalanin sih gapapa, ini tujuan nya ke rumah kan pasti?", tanya si driver.
"Iya mas", jawab saya.
"Cuman kalau saya tetep bawa , ntar akun saya jadi bermasalah kak. Akun saya nanti jadi jelek", jadi makin bingung.Â
"Atau yang gampang aja, kakak cancel aja, saya mah bebas orang nya", balas si driver di chat.Â
" gapapa nih mas saya cancel?" Tanya saya meyakinkan kembali.
"Ya gapapa kak cancel aja". Selesai.Â
5. Jangan Sia Sia kan Voucher
Di atas sudah saya tulis kenapa voucher ini jangan sampai di sia sia kan. Harus di pakai karena sayang. Berhubung saya pengguna gojek dengan traffic yang tinggi, setiap hari pasti pesan karena kebutuhan. Promo voucher seperti ini sangat membantu agar gak tekor. Coba jika harga normal 1x trip 15.000, sehari sudah 2x bolak balik. Motor di rumah saya hanya satu dan itupun di bawa suami kerja keluar kota. Ngambil kredit motor ? Emoh. Jadi pilihan rakyat jelata macam saya ini yaaaa gojek. Promo lain nya juga berlaku untuk layanan lain nya seperti ; Go Food, Go Mart dan Go Car. Yang sering saya gunakan hanya Go Ride dan Go Car.Â
Ketika kita akan memesan jasa layanan ini, perlu ketelitian tingkat tinggi dan hindari multitasking. Salah titik, jadi nyaris 2x biaya keluar. Bersyukur nya, ada beberapa promo tarif berupa voucher yang bisa di pakai dan harus di pakai. Para driver di atas yang saya ceritakan, bukan hanya mementingkan 'keselamatan akun mereka', mereka menegosiasi menawarkan solusi dari human error yang saya lakukan. Yang jelas saya terbantu dengan aplikasi ini. Ada yang merasakan hal yang sama dengan saya ? Sharing yuk...Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H