Dalam filsafat pendidikan itu ada hakikat manusia, masyarakat, alam dan Ilmu pengetahuan. Seperti apa pengertiannya?Â
A. Â Hakikat ManusiaÂ
Manusia adalah makhluk yang sangat pandai, karena sering bertanya. Manusia bertanya tentang hakikat manusia. Membahas hakikat manusia itu tidak mudah, sangat susah menentukan hakikat manusia yang seringkali keluar dari tabiatnya atau tabiatnya merupakan hasil bentukan. Â Poedjawijatna juga berpendapat sedemikian karena bervariasinya sistem dan aliran-aliran antropologi. Aliran antropologi ada empat, yaitu:
 1.Aliran serba zat
Mereka berpendapat bahwa manusia berasal dari unsur alam saja yang bersifat materi, yaitu campuran sel sperma laki-laki dan sel telur wanita sehingga menjadi manusia. Ruh, jiwa, perasaan, akal dan lainnya itu hanyalah sel-sel tubuh saja.Â
 2. Aliran serba ruh
Hakikat manusia memang hanya Ruh, sedangkan jasad itu merupakan kendaraan penyempurnaan Ruh yang sudah kotor karena bercampurnya dengan jasad yang tidak suci.Â
 3. Aliran dualisme
Hakikat manusia terdiri dari jasad dan rohani. Â Salah satu tidak bergantung dengan yang lain, karena sumbernya memang berbeda tapi memiliki hubungan yang saling mempengaruhi.Â
 4.Aliran eksistensialismeÂ
Menitikberatkan eksistensi manusia sebagai hakikatnya. Kaum eksistensialisme mengemukakan pandangannya tentang hakikat manusia. Menurut mereka, hakikat manusia ada delapan, yaitu: