Mohon tunggu...
Ameliah Merdeka Putri
Ameliah Merdeka Putri Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Negeri Makassar

Menulis adalah caraku bersuara

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Digital Marketing, Bidang Karir yang Sedang Trend di Masa Kini

7 April 2022   16:58 Diperbarui: 7 April 2022   17:02 494
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Source: Unsplash.com

Seiring berkembangnya zaman semakin banyak hal-hal baru yang mewarnai dunia. Mulai dari perkembangan fashion, teknologi, dan juga karir. Tentu tidak bisa dipungkiri bahwa kita pasti akan terpengaruh dengan hal-hal baru tersebut. Namun, tahukah kamu bahwa perkembangan tersebut menjadi suatu bentuk perubahan-perubahan terhadap dunia. 

Kali ini aku mau membahas salah satu bidang karir yang sedang diminati banyak orang karena perkembangannya yang berkaitan dengan teknologi dan informasi digital saat ini. Jika kamu ingin tahu lebih lanjut, maka simak penjelasannya berikut ini.

1.Pengertian Digital Marketing

Digital marketing merupakan strategi pemasaran yang melibatkan media digital dan internet dalam memasarkan suatu produk ataupun jasa. Penerapan digital marketing bertujuan untuk mendongkrak penjualan produk dari suatu brand. Setiap perusahaan tentunya punya strategi pemasaran yang berbeda-beda agar produknya dapat bersaing dan mendapatkan keuntungan. 

Di era berkembangnya teknologi menandai bahwa tren di dunia bisnis semakin beragam dan membuka banyak peluang karir yang baru. Banyak orang di luar sana yang mulai belajar digital marketing melalui course online ataupun lewat cara lain.

2.Jenis-jenis Digital Marketing

* SEM (search engine marketing)

SEM merupakan upaya yang dilakukan untuk membuat website perusahaan mudah di temukan dalam pencarian di google. SEM sendiri terdiri dari dua bagian yaitu SEM dan SEO. SEO (search engine optimisation) adalah cara yang dilakukan untuk mengoptimalkan website perusahaan dengan menggunakan waktu yang lebih lama, murah, namun berguna dalam jangka panjang. Sedangkan SEM sendiri lebih cepat, berbayar, namun tidak dapat digunakan dal jangka panjang.

* Social Media Marketing (SMM)

Sosial media adalah tempat pemasaran yang dapat menjangkau berbagai audience serta target yang tepat sesuai dengan kegunaan dan keunggulan dari aplikasi itu sendiri. Salah satu keuntungan yang akan dapat kamu miliki saat menggunakan sosial media sebagia tempat pemasaran yaitu, ini tidak memakan biaya terlalu banyak bahkan gratis dan tentunya dapat meningkatkan kualitasnya brand perusahaan.

* Website

 Setiap perusahaan tentunya mempunyai website yang berfungsi sebagai tempat memasarkan produk/brand mereka. Penggunaan website dapat membantu konsumen dalam menemukan bisnis yang kamu serta mempermudah dalam melakukan promosi.

* Email Marketing

Dengan menggunakan email marketing, kamu dapat memasarkan produk dengan cara mengirimkan email pemberitahuan kepada customer agar dapat mengetahui informasi terbaru terkait produk atau brand terbaru.

* Social Media Advertising

Penggunaan iklan di media sosial juga dapat membantu target promosi brand kamu semakin efektif. Beberapa platform yang biasa digunakan dalam promosi di sosial media yaitu, Facebook Ads, Google Ads, Instagram, dan Juga Twitter.

3.Peluang Karir Digital Marketing

* Sosial Media Spesialist

Seorang sosial media spesialist memiliki peran penting dalam membangun brand awarenees pada suatu produk/jasa dengan tujuan untuk melakukan interaksi langsung dengan customer melalui sosial media perusahaan.

* Content Writer

Content writer adalah orang yang bertugas membuat tulisan atau konten di website maupun pada platform online dengan tujuan untuk promosi produk/brand yang dapat bersaing dengan kompetitor. Konten yang biasa diciptakan berbentuk artikel blog, postingan di sosial media, ataupun segala tulisan dalam platform online.

* Graphic Designer

Seorang graphic designer ditugaskan untuk menciptakan sebuah karya berupa ilustrasi, topografi, fotografi, dan grafis motion yang bertujuan untuk mengiklankan sebuah produk. Konten yang dibuat oleh graphic designer biasanya digunakan dalam promosi baik di website ataupun pada platform online.

Selain profesi yang di paparkan di atas, sebenarnya masih banyak peluang karir yang akan kamu temui dalam digital marketing.

Itulah tadi pembahasan mengenai digital marketing secara singkat. Jika kamu berminat untuk berkarir di bidang ini, maka kamu bisa mempelajarinya dari sekarang. Dan jangan lupa untuk mencari pengalaman-pengalaman berharga di bidang digital marketing agar kedepannya karir yang kamu bangun bisa cemerlang.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun