Mohon tunggu...
Amelia
Amelia Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswi Universitas Singaperbangsa Karawang, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Program Studi S1 Pendidikan Matematika

Learn from the past, live for today and plan for tomorrow

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Cara Cepat Mengoperasikan Perkalian Aljabar sebagai Alternatif Kegiatan Belajar Selama Pandemi Covid-19

14 Mei 2020   13:52 Diperbarui: 14 Mei 2020   17:28 322
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Pandemi Covid-19 yang saat ini masih berlangsung hampir di seluruh negara yang ada di dunia, termasuk Indonesia, merupakan pandemic yang memiliki dampak global yang cukup besar. Untuk mencegah penyebaran Covid-19 agar tidak semakin parah, pemerintah mengeluarkan sejumlah aturan seperti PSBB, Work From Home, serta Belajar di rumah bagi siswa sekolah dan mahasiswa perguruan tinggi.

Dengan berlakunya anjuran pemerintah untuk belajar di rumah, proses pembelajaran tetap dilakukan dengan menggunakan system pembelajaran daring. Salah satu pembelaaran yang tetap berjalan adalah pembelajaran matematika.

Matematika adalah ilmu keteraturan, ilmu tentang struktur yang terorganisasikan mulai dari unsur yang tidak didefinisikan, ke unsur yang didefinisikan ke aksioma atau postulat dan akhirnya ke dalil (Ruseffendi, 1980).

Salah satu materi yang dipelajari dalam matematika adalah aljabar, dan salah satu submateri yang dipelajari dalam aljabar adalah perkalian aljabar, yang umumnya mulai dipelajari pada tingkat SMP.

Siswa sering kali mengalami kesulitan dalam mengoperasikan perkalian aljabar. Kebanyakan siswa mengalami kesulitan dalam mengalikan variabel-variabel yang ada dalam aljabar, terlebih lagi saat siswa harus mengoperasikan variabel-variabel aljabar yang bernilai berbeda, misalnya salah satu varibel bernilai positif dan variabel lainnya bernilai negative.

Kesulitan siswa dalam mengoperasikan perkalian aljabar terlihat saat penulis memberikan soal pretes kepada siswa. Ketika penulis memberikan soal ini ( x - 2y ) (3x + 4y), siswa memberikan jawaban yang salah, jawaban yang diberikan siswa yaitu 3x^2 - 8y, sedangkan jawaban yang benar adalah 3x^2 - 2xy - 8y^2.

Dari hasil pekerjaan siswa di atas terlihat bahwa siswa kesulitan dalam memahami konsep perkalian aljabar, hal itu terjadi karena mereka siswa mengalami kesulitan dalam mengalikan variabel-variabel yang ada dalam soal tersebut.

Beranjak dari kesulitan yang dialami siswa dalam mengoperasikan perkalian aljabar, penulis membuat suatu cara cepat mengoperasikan perkalian aljabar dengan bantuan tabel perkalian.

Tujuan dibuatnya cara cepat mengoperasikan perkalian aljabar dengan bantuan tabel perkalian adalah untuk mempermudah peserta didik dalam mengerjakan persoalan perkalian aljabar. Dengan tabel ini siswa tidak akan mengalami kesulitan-kesulitan saat mengalikan variabel-variabel yang ada dalam operasi perkalian aljabar.

Tabel ini bisa digunakan sebagai bantuan untuk mengoperasikan perkalian aljabar dengan bentuk satu variabel dikalikan dua variabel, dua variabel dikalikan dengan dua variabel, hingga perkalian n variabel dengan n+1 variabel.

Langkah-langkah Mengoperasikan Perkalian Aljabar Dengan Bantuan Tabel Perkalian

  • Buatlah tabel dengan jumlah baris dan kolom yang telah disesuaikan dengan variabel-variabel yang akan dioperasikan.
  • Isi tabel dengan tanda dot (.) dan variabel variabel yang akan dioperasikan.
  • Kalikan setiap variabel yang ada
  • Jumlahkan setiap variabel yang telah dioperasikan

Untuk contoh penggunaan tabel perkalian aljabar, berikut saya lampirkan file tersebut . 

Penulis telah mengimplementasikan inovasi pembelajaran tersebut kepada 5 orang siswa SMP. 

Dilakukan melalui dua tahapan, yaitu tahapan pertama dengan cara memberikan soal pretest dimana penulis belum mensosialisasikan cara cepat mengoperasikan perkalian aljabar dengan bantuan tabel perkalian, dan tahapan kedua yaitu penulis memberikan soal posttest kepada siswa SMP dimana penulis telah mensosialisasikan cara cepat mengoperasikan perkalian aljabar dengan bantuan tabel perkalian.

Rata-rata hasil yang diperoleh oleh penulis cukup signifikan, yaitu sebagai berikut:

  • Pada fase uji pretest rata-rata skor yang diperoleh oleh siswa yaitu sebesar 64 dari 100.
  • Pada fase uji posttest rata-rata skor yang diperoleh oleh siswa meningkat yaitu sebesar 84 dari 100.

Berdasarkan penjelasan diatas diperoleh kesimpulan bahwa cara cepat mengoperasikan perkalian aljabar dengan bantuan tabel perkalian dapat mempermudah siswa dalam mengoperasikan perkalian aljabar. Tabel ini bisa digunakan sebagai bantuan untuk mengoperasikan perkalian aljabar dengan bentuk satu variabel dikalikan dua variabel, dua variabel dikalikan dengan dua variabel, hingga perkalian n variabel dengan n+1 variabel.

Semoga informasi di atas, dapat menjadi inspirasi dan menambah wawasan bagi pembaca.

Sumber :

AMN. 2020. Ikuti Kursus Online OpenWHO Dalam Respon Pengendalian COVID-19. Online. Tersedia: https://covid19.kemkes.go.id. Diakses pada Selasa, 12 Mei 2020 pukul 09.36

Ruseffendi, E. T. 1980. Pengajaran Matematika Modern. Bandung: Tarsito.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun