Mohon tunggu...
amellia putri andhini
amellia putri andhini Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswi

mahasiswi fisip ilmu komunikasi - universitas satya negara indonesia

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pengaruh Media Sosial Tiktok terhadap Cara Berpikir Mahasiswa

17 Januari 2023   00:25 Diperbarui: 17 Januari 2023   00:26 526
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

1.Media sosial

Media sosial dapat dipahami sebagai suatu platform digital yang menyediakan fasilitas untuk melakukan aktivitas sosial bagi setiap penggunanya. Beberapa aktivitas yang dapat dilakukan di media sosial, misalnya yaitu melakukan komunikasi atau interaksi hingga memberikan informasi atau konten berupa tulisan, foto dan video. Berbagai informasi dalam konten yang dibagikan tersebut dapat terbuka untuk semua pengguna selama 24 jam penuh.

Media sosial sendiri pada dasarnya adalah bagian dari pengembangan internet. Kehadiran beberapa dekade lalu telah membuat media sosial dapat berkembang dan bertumbuh secara luas dan cepat seperti sekarang. Hal inilah yang menjadikan semua pengguna yang tersambung dengan koneksi internet dapat melakukan proses penyebaran informasi atau konten kapan pun dan di mana pun

media sosial adalah platform digital yang memfasilitasi penggunanya untuk saling bersosial, baik itu berkomunikasi atau membagikan konten berupa tulisan, foto dan video. Segala konten yang dibagikan tersebut akan terbuka untuk publik secara realtime.

Hal tersebut karena media sosial adalah aplikasi yang dibantu internet, sehingga selama pengguna tersambung dengan koneksi internet yang baik maka proses penyebaran konten bisa dilakukan pada saat itu juga.

Aplikasi Tik Tok Berasal dari China

Apakah Anda tahu aplikasi Tik Tok dari negara mana? Seperti yang sudah banyak diketahui bahwa Tik Tok adalah aplikasi yang berasal dari China dengan induk perusahaan bernama ByteDance. Tik Tok sendiri merupakan aplikasi sosial media yang membagikan khusus video pendek yang kreatif.

Tetapi, video di dalam Tik Tok bukan hanya sekedar video. Tik Tok juga memiliki beberapa pilihan musik dan filter guna meningkatkan nilai kreatif sebuah video. Sehingga tidak heran, meskipun hanya berdurasi 15 detik, video Tik Tok bisa mengandung banyak hal menarik.

Lantas, siapa pencipta Tik Tok? Tidak lain dan tidak bukan adalah Zhang Yiming. Yiming sendiri merupakan lulusan Universitas Nankai dengan jurusan Software Engineer. Awalnya, Yiming hanya mendirikan perusahaan tekno yang bernama Byte Dance.

Nama Awal Adalah Douyin

Dulunya, aplikasi ini bukanlah bernama Tik Tok. Aplikasi ini juga tidak berada di negara lain kecuali China. Dulu nama aplikasi ini adalah Douyin dimana penggunanya dapat membagikan video pendek dengan durasi 15 detik ke pada seluruh pengguna.

Tetapi ternyata, di sinilah sejarah Tik Tok di dunia dimulai. Douyin meraup keuntungan yang cukup besar di China dengan jumlah pengguna mencapai 100 juta orang hanya dalam waktu setahun. Oleh karena itu, perusahaan ByteDance memiliki ide yang cukup besar, yakni memperkenalkan aplikasi ini kepada Dunia.

Oleh karena Douyin kurang familiar di telinga masyarakat di luar China, maka dari itu namanya diganti menjadi Tik Tok. Agar lebih mudah diingat dan menarik perhatian negara lain. Inilah asal mula sejarah aplikasi Tik Tok yang mendunia.

Pengertian Media Sosial Menurut para Ahli

Media sosial adalah fenomena populer yang menarik banyak perhatian. Beberapa ahli pernah menyampaikan definisi mereka terhadap teknologi yang satu ini. Simak sejumlah pengertian media sosial menurut para ahli berikut.

  • B.K. Lewis (2010), media sosial adalah suatu label yang merujuk pada teknologi digital yang bisa memungkinkan orang-orang untuk saling melakukan interaksi, produksi dan bagi pesan.
  • Chris Brogan (2010), media sosial adalah satu perangkat alat komunikasi yang di dalamnya memungkinkan untuk terjadi jenis interaksi baru.
  • Dave Kerpen (2011), media sosial adalah tempat kumpulan gambar, video, teks serta hubungan interaksi dalam jaringan antara baik individu atau kelompok seperti organisasi.

Fungsi Media Sosial

Saat ini, media sosial adalah penghubung pengguna satu sama lain. Namun, tak sebatas disitu, masih banyak fungsi lain yang bisa didapatkan melalui media sosial. Berikut ini poin fungsi dari media sosial.

Komunikasi

Fungsi komunikasi jelas menjadi salah satu fungsi utama media sosial. Seperti yang kita tahu, dengan bantuan internet media sosial menjadi tempat berkumpul penggunanya yang umum berasal dari seluruh bagian dunia. Interaksi antara mereka lebih mudah terbangun tanpa ada batasan waktu dan geografi.

Branding

Bentuk komunikasi lain yang bisa dilakukan melalui media sosial adalah branding. Fungsi ini terlihat dari bagaimana masing-masing pengguna mempunyai caranya sendiri untuk 'menata' akun media sosial yang mereka punya. Sehingga, pribadi individu akan terlihat perbedaannya satu sama lain.

Wadah Usaha

Tidak hanya kebutuhan sosialisasi yang bisa dipenuhi lewat media sosial. Sebagai pebisnis, Anda juga bisa menggunakan media sosial sebagai wadah usaha dengan berjualan online.

Marketing

Fungsi media sosial lainnya untuk pebisnis adalah sarana marketing. Jangkauan audiensnya yang luas menjadikan media sosial sebagai media pemasaran yang efektif.

APA ITU TIKTOK?
TikTok adalah sebuah jaringan sosial dan platform video musik asal Tiongkok yang dluncurkan pada September 2016 oleh Zhang Yiming, pendiri Toutiao. Aplikasi tersebut membolehkan para pemakai untuk membuat video musik pendek mereka sendiri.

 

Tanggal rilis awal: September 2016

Jenis: Berbagi video

Lisensi: Perangkat lunak gratis

Pengembang: Toutiao, ByteDance

Rilis perdana: September 2016; 6 tahun lalu

Sistem operasi: iOS, Android, PC

Bahasa pemrograman: Python, Java, Swift, C

Dampak Negatif penggunaan aplikasi Tiktok:

a. Adanya pemborosan waktu. Maraknya penggunaan Tiktok dapat mempengaruhi manajemen waktu oleh setiap orangnya bila tidak diatur secara baik. Banyak diantaranya terlalu berfokus kepada melihat dan membuat FYP atau konten yang selalu muncul di Tiktok, tanpa memperhitungkan dan akan membuang waktu. Sehingga pekerjaan yang seharusnya dikerjakan menjadi tertunda.

b. Tubuh menjadi banyak gerak. Aplikasi Tiktok yang kebanyakan kontennya adalah menari dan joget dengan iringan lagu, hal ini mengiring setiap orang yang hanya dirumah selama masa pandemi menjadi rajin bergerak dan dapat menjadi media hiburan dan penghilang stress.

c. Berkembangnya inovasi, pengetahuan, dan skill. Dalam pembuatan sebuah konten agar menarik dan banyak dilihat, dibutuhkan semangat kreatifitas dan inovasi yang dilatih dengan mempelajari dan mengembangkan skill. Hal ini dapat meningkatkan beragam skill dan inovasi. Saat ini setiap orangnya mulai berani untuk menunjukkan kemampuannya didalam konten Tiktok.

d. Timbulnya semangat berkompetisi dan tampil didepan umum. Konten challenge yang ditampilkan membuat setiap orang ingin menampilkan hal yang terbaik untuk dilihat oleh khalayak luas. Hal ini menjadikan setiap orang akan berlomba-lomba menampilkan yang terbaik dalam segala hal.

e. Menambah teman dan penghasilan. Viralnya konten Tiktok yang dikerjakan akan berdampak kepada kehidupan sosial dan ekonomi yang dihasilkan, seperti bertambahnya teman akan menambah hubungan relasi setiap orang dan komunitas serta adanya penghasilan yang diperoleh dapat digunakan untuk pemenuhan kehidupan sehari-hari.

Dampak positif tik tok

 para content creator tik tok yang bisa menghasilkan uang melalui video yang mereka buat bahkan para pengguna aplikasi tik tok ini bisa menghasikan uang dengan menjualkan produk mereka melalui tik tok shop, harga di tik tok shop pun sangat menarik perhatian para pembeli karena lebih murah. di aplikasi ini juga dapat mempromosikan barang yang akan dijual secara gratis, bisa juga menyebarkan hal positif seperti konten yang dapat mengedukasi para penontonnya, bisa juga menyalurkan bakat seperti bernyanyi, bermain musik, menari, dan lainnya. selain itu dapat mengasah kreatifitas anak dalam skil editing vidio semakin kreatif video semakin banyak pula like yang di dapat dan semakin banyak folowers, apalagi kalo sampai viral video yang diunggah bisa menjadi sumber uang bahkan ada yang samapi di undang ke acara tv

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun