Catatan Perjalanan Kopong Bunga Lamawuran
Pengalaman saya bersentuhan secara langsung dengan nasib guru honorer dimulai pada awal tahun 2017. Waktu itu saya memutuskan berhenti bekerja pada sebuah sekolah swasta di Kota Kupang dan pulang ke tanah kelahiran, Desa Watoone, Kecamatan Witihama, Kabupaten Flores Timur.
Saya berjumpa kembali dengan seorang sahabat lama, Lamen (27, bukan nama sebenarnya). Lamen adalah lulusan Universitas PGRI NTT, dan betapa setengah matinya dia sewaktu mencari pekerjaan sebagai pengajar di Kabupaten Flores Timur. Alasannya sederhana: universitas itu tidak diakui DIKTI.
Kepala sekolah manapun yang menerima lamaran seorang mahasiswa lulusan universitas ini akan berpikir seribu kali lipat untuk menerimanya bekerja, tentu dengan alasan administrasi. Sama seperti sebagian besar mahasiswa lulusan dari universitas ini, Lamen terus menerus memasukkan lamarannya di banyak tempat.
Syukur, pada akhirnya Lamen diterima mengajar pada SD Negeri Oring Bele Gunung. "Gaji saya Rp 300 ribu sebulan," katanya ketika kami berjumpa.
Sekolah itu, tempat di mana Lamen mengabdi selama 1,5 tahun, terletak di lereng Gunung Boleng. Oleh masyarakat setempat, kepadanya disiapkan sebuah rumah tinggal.
"Satu ciri khas dusun itu -- sebuah paradoks dalam dunia sekarang -- adalah ketiadaan listrik PLN. Tanpa bantuan penerangan itu, anak-anak dan para guru merasa kesulitan jika ingin belajar. Alat yang bisa membantu mereka adalah ganset yang dinyalakan pada waktu-waktu tertentu."
Saya membuat perjanjian dengannya, bersepakat mengunjungi sekolah tempatnya mengabdi selama dua hari. Kami berangkat pagi-pagi sekali, dan saya tidak menyangka jika dia melakukan perjalanan mendaki selama hampir dua jam tiap Minggu. Dia belum memiliki kendaraan, dan hati saya kadang perih membayangkan langkahnya kala sendirian mendaki.
Oring Bele Gunung merupakan sebuah dusun terpencil di wilayah Kecamatan Witihama, tampak lebih terisolir lagi karena belum tersentuh PLN.
Di tempat itu, kami menempati rumahnya, sebuah bangunan sederhana berdinding bambu yang telah lapuk. Sengnya pun telah karat. Anak-anak datang berkunjung, bermain, dan menemani kami sepanjang hari.
Satu ciri khas dusun itu -- sebuah paradoks dalam dunia sekarang -- adalah ketiadaan listrik PLN. Tanpa bantuan penerangan itu, anak-anak dan para guru merasa kesulitan jika ingin belajar. Alat yang bisa membantu mereka adalah ganset yang dinyalakan pada waktu-waktu tertentu.