Mohon tunggu...
Amazia W Yudha
Amazia W Yudha Mohon Tunggu... Freelancer - 24, Female, Yogyakarta

Junior Writer

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Multimedia, Teman Dekat Orang-orang Kekinian

29 Januari 2018   22:42 Diperbarui: 3 Februari 2018   00:26 554
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Media. Sumber ilustrasi: PIXABAY/Free-photos

Bagi orang-orang kekinian pada jaman sekarang, multimedia sudah seperti teman dekat. Segala aspek kehidupan masa kini, menggunakan multimedia. Sebut saja mulai dari fitur video games di handphone, televisi online, permainan virtual reality, pertunjukan hiburan pada televisihingga pembelajaran online, menggunakan multimedia untuk menarik penggunanya. Tidak heran, jika orang-orang jaman sekarang 'memilih' multimedia menjadi teman dekat. Namun, apa sih sebenarnya multimedia?

What is Multimedia?

Menurut Dr.Rabiah Abdul Kadir, Jabatan Multimedia, FSKTM, UPM, multimedia berasal dari dua kata, "multi" dan "media". Multi berarti banyak atau kelipatan, media berarti alat yang digunakan untuk menyampaikan bentuk komunikasi massa seperti koran, majalah atau televisi.

Media yang mendistribusikan teks, grafik, suara, gambar, musik dan sebagainya. Multimedia adalah kombinasi dari teks, grafik, suara, animasi dan video yang disampaikan secara interaktif kepada user (pengguna media) dengan melalui elektronik atau digital. Multimedia adalah media yang menggunakan banyak bentuk dari konten informasi dan pengolahan informasi -- seperti teks, audio, grafik, animasi, video interaktifitas, yang berguna untuk menyampaikan informasi atau sebagai fungsi hiburan bagi pengguna. Multimedia berisi konten informasi dari komputer yang dapat diwakili melalui audio, gambar, video dan animasi sebagai tambahan dari media tradisional (teks dan grafik).

Sebagai tambahan mengenai definisi multimedia dan apa itu multimedia, bisa mengakses video dibawah ini.


Categories of Multimedia

Multimedia, secara luas bisa dibagi menjadi 2 (dua) kategori, linear dan non-linear. Kategori linear, konten multimedia aktif secara tanpa navigasi atau batasan dan kontrol bagi para pengguna. Kategori non-linear, konten multimedia menawarkan interaktifitas bagi pengguna sebagai kontrol penerimaan konten.

Konten non-linear juga bisa disebut sebagai hipermedia konten. Multimedia dapat didistribusikan secara langsung (live) atau dalam bentuk rekaman. Konten bentuk rekaman memungkinkan adanya interaktifitas melalui sistem navigasi. Multimedia secara live, memungkinkan interaktifitas melalui interaksi dengan presenter atau performers. 

Applications of Multimedia

Mengacu pada Introduction to Multimedia, multimedia dapat ditemukan pada beberapa bidang, tidak hanya terbatas pada periklanan, seni, pendidikan, dunia hiburan, dunia teknik, kesehatan, matematika, bisnis, penelitian ilmiah dan aplikasi temporal. Beberapa bidang inilah yang semakin mendekatkan orang-orang kekinian dengan multimedia, diantaranya :

a. Industri Kreatif

Industri kreatif menggunakan multimedia untuk berbagai kebutuhan seperti seni rupa, hiburan, seni komersil, jurnalisme, media dan softwareyang disediakan bagi industri kreatif.  Seseorang yang mahir dalam multimedia, bisa memiliki jenjang karir yang baik dalam industri kreatif karena memiliki kemampuan teknis, analisis hingga kreatifitas..

b. Komersial

Banyak pekerja komersial pada media elektronik lama dan baru memanfaatkan multimedia. Multimedia digunakan untuk mengambil dan mempertahankan atensi dalam advertising. Bagi para pekerja komersial mempunyai kemungkinan dipekerjakan pada desain sistem pemerintahan dan aplikasi berbasis non profit.

c. Hiburan dan Seni Rupa

Multimedia sesungguhnya banyak digunakan di industri hiburan khususnya pada spesial efek dan animasi film. Pada dunia hiburan, multimedia games akhir-akhir ini menjadi populer melalui softwareyang tersedia dalam bentuk CD-ROM atau online gamesmultimedia.Beberapa perancang video games akhir-akhir ini juga memakai fitur multimedia.

d. Pendidikan

Pada dunia pendidikan, multimedia digunakan dalam kursus pelatihan berbasis komputer (biasanya disebut dengan CBT). CBT memungkinkan pengguna membaca serangkaian presentasi, teks tentang topik tertentu, dan ilustrasi terkait dalam berbagai format informasi. Edutainment adalah istilah informal yang digunakan untuk menggambarkan penggabungan pendidikan dengan hiburan, terutama hiburan multimedia. Saat ini sudah sering ditemui di yayasan pendidikan yang menerapkan pembelajaran berbasis komputer. Bisa juga ditemui dalam bimbingan belajar online.

e. Teknik

Multimedia digunakan dalam dunia teknik softwaremelalui simulasi komputer mulai dari hiburan sampai pelatihan, seperti pada kemiliteran atau pelatihan industri. Kolaborasi antara multimedia dan softwarebisa dilakukan oleh pekerja kreatif profesional dengan teknisi software.

f. Industri

Pada sektor industri, multimedia digunakan untuk membantu mempresentasikan atau menyampaikan informasi kepada para pemegang saham, atasan dan rekan kerja. Dunia industri biasanya juga menggunakan multimedia untuk pelatihan, periklanan dan penjualan produk ke berbagai belahan dunia melalui teknologi berbasis web atau online.

g. Penelitian Bidang Matematika dan Sains

Dalam penelitian matematika dan sains, multimedia terutama digunakan untuk pemodelan dan simulasi. Misalnya, seorang ilmuwan dapat melihat model molekuler suatu zat tertentu dan memanipulasinya untuk sampai pada substansi baru. Penelitian representatif dapat ditemukan di jurnal seperti Journal of Multimedia.

h. Kesehatan

Pada bidang kesehatan, seorang dokter bisa dilatih dengan melihat operasi maya atau mereka bisa mensimulasikan bagaimana tubuh manusia terkena penyakit yang menyebar oleh virus dan bakteri lalu mengembangkan teknik untuk mencegahnya. Misalnya melalui CT-Scan atau X-Ray.

i. Multimedia pada Public Places

Multimedia digunakan dalam aplikasi yang berguna untuk memberikan informasi-informasi dan bantuan mengenai tempat-tempat umum yang bersangkutan, seperti hotel, stasiun kereta api, pusat perbelanjaan, museum, dan toko kelontong. Aplikasi multimedia akan menyediakan informasi misalnya seperti letak museum tempat perbelanjaan. Aplikasi pemesanan kamar hotel yang sedang boomingakhir-akhir ini juga menggunakan multimedia.

j. Virtual Reality

Virtual reality atau VR adalah bentuk konvergensi teknologi multimedia dan penemuan kreatif multimedia yang sedang digemari oleh banyak orang kekinian. Penggunaan goggles,helm dan sarung tangan khusus untuk merasakan suatu realitas yang ingin dirasakan. VR memungkinkan pengguna merasakan sensasi dunia nyata dalam dunia maya. Pengguna merasakan sensasi nyata dari dunia maya dari VR melalui indra pendengaran, penglihatan sekaligus peraba.

VR yang sedang digemari oleh orang kekinian biasanya dalam bentuk video games. Tapi sesungguhnya teknologi VR banyak diterapkan di beberapa sektor seperti kedokteran, penerbangan, pendidikan, arsitek dan militer. VR membantu dalam mensimulasikan sesuatu yang sulit untuk dihadirkan secara langsung dalam dunia nyata. Contohnya dalam bidang militer, para tentara bisa berlatih menghadapi situasi peperangan di medan perang secara nyata menggunakan VR.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun